Hari Jadi ke-72 Provinsi Jatim, Empat Kepala Daerah Ini Terima Penghargaan

0
81
Parasamya Purnakarya Nugraha
Empat kepala daerah terima penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, pada HUT ke-72 Pemprov Jatim, Kamis, 12/10/2017. (Foto: Amal/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Dalam upacara HUT ke-72 Provinsi Jawa Timur yang digelar di Tugu Pahlawan pada Kamis (12/10), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha ke Provinsi Jawa Timur dan tiga Kabupaten/Kota di Jatim, yakni Kota Surabaya, Pemkab Sidoarjo, dan Pemkab Lamongan. Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Negara kepada Provinsi, Kabupaten / kota yang telah melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan kinerja terbaik.

Penghargaan ini sesuai dengan Keppres 36-38/TK/2017 yang ditanda tangani oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada 20 April 2017. Surat Keputusan Presiden itu diserahkan langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo kepada empat kepala daerah, termasuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

“Atas nama Pemerintah dan atas nama Presiden, Selamat Hari Jadi Provinsi Jawa Timur dan dedikasi untuk menggerakkan masyarakat dan memberikan kontribusi positif dalam penyelenggaraan pemerintahan,” kata Tjahjo usai menyerahkan penghargaan tersebut.

Menurut Mendagri, penghargaan Parasamya ini bukan hanya soal fisik pembangunan di kota saja, melainkan banyak aspek penilaian lainnya yang diukur. Aspek lainnya, yakni SDM, infrastruktur, masalah sosial dan lainnya.

Tjahjo menyebut provinsi dan tiga daerah layak mendapat penghargaan tersebut. Ia mengatakan, mereka dinilai telah membuat terobosan inovasi dalam pelayanan publik kepada masyarakat GRMS (Government Resources Management System) pelayanan berbasis online. Oleh karena itu, Mendagri meminta kepada Pemprov Jatim dan Kab/Kota di Jatim untuk ikut membantu agenda strategis nasional, mulai dari tingkat Gubernur hingga di desa.

“Saya berharap untuk mau evaluasi kota di Provinsi Jatim, khususnya pelayanan publik, peningkatan daya saing daerah, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Besar harapan kami, Pemprov Jatim menyelesaikan agenda strategis nasional di Jatim, mulai dari Gubernur sampai di desa,” kata Mendagri.

Usai pemberian penghargaan ini, acara kemudian diisi dengan tarian dan nyanyian tradisional lainnya. Bahkan drum band dari Akademi Angkatan Laut (AAL) juga ikut tampil memeriahkan acara ini. (Amal/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...
becak-becak

Yogyakarta Kaji Tiga Desain Becak Alternatif

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan kajian desain becak alternatif dengan menyiapkan tiga tipe becak yang terdiri dari dua becak ramah lingkungan dan satu...