Hari Ini 39 Tahun Masjid Istiqlal

0
68

JAKARTA – Masjid kebanggan umat Islam Indonesia, hari ini, Rabu (22/2) berusia 39 tahun. Puncak acara milad ini akan dilangsungkan di teras raksasa Masjid Istiqlal.

Menurut Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Najmuddin Ramli, puncak perayaan Milad Istiqlal akan dihadiri Wapres Jusuf Kalla. Acara juga akan dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Muhadjir Effendy, serta keluarga perancang bangun Masjid Istiqlal Fredrerich Silaban.

Dikatakan Najmuddin, Milad Istiqlal ke-39 ini diperingati dengan berbagai kegiatan, antara lain bersih-bersih masjid yang dimotori kelompok pencinta alam dari berbagai latar belakang agama. Bersih-bersih masjid dilaksanakan sejak 10 – 21 Februari 2017.

Najmuddin menyampaikan terima kasih kepada Menag Lukman Hakim dan Ibu Trisna Willy Lukman yang ikut membersihkan Masjid Istiqlal, bahkan hingga sampai atap menara. Rasa terima kasih juga disampaikan kepada para pencinta alam yang dengan sukarela membantu tanpa membedakan identitas agama.

Milad Istiqlal juga diisi dengan pameran kebudayaan dan dokumentasi sejarah Istiqlal. Dibuka hari ini, pameran tersebut melibatkan seluruh unit pada Ditjen Kebudayaan, Kemendikbud, mulai dari Direktorat Sejarah, Direktorat Kesenian, Direktorat Pelestarian Budaya dan Kemuseuman, Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Kepercayaan dan Tradisi, Museum Nasional, serta Galeri Nasional.

“Menjelang akhir Milad Istiqlal pada tanggal 27 Februari 2017, akan dilakukan forum diskusi dalam menggali kembali nilai-nilai kebhinekaan dan kebangsaan, serta presentasi sejarah Masjid Istiqlal dan pertunjukan musik dan qasidah,” terang Najmuddin.

Milad Istiqlal mengangkat tema ‘Istiqlal, Keislaman, dan Keindonesiaan’. Menurut Najmuddin, tema ini sangat relevan dengan kondisi saat ini dan diharapkan dapat menyegarkan kembali ingatan bangsa tentang pentingnya merawat cita-cita kemerdekaan dalam semangat kebhinekaan.

Simak: Wiranto: Negara Bisa “Jejeg” Kalau Kita Melakukan Ajaran Islam

“Karena letak Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta yang berdampingan, maka kedekatan ini menjadi simbol keharmonisan antar umat beragama di Indonesia,” ujarnya.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, sesuai namanya, Masjid Istilqlal merupakan simbol kemerdekaan. Di samping itu, Masjid Istiqlal juga menjadi simbol Islam moderat dan sekaligas ruang pencerahan umat.

Nasaruddin berharap Milad Istiqlal dapat merajut kembali silahturahmi dan mempererat persaudaraan yang sempat terpecah selama masa Pilkada. “Kita sudah sangat letih mempersoalkan hal-hal yang kecil, mari kita menatap masa depan yang lebih besar dan bermakna,” pesannya.

Pemancangan tiang pertama pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan Presiden Soekarno pada 24 Agustus 1961, bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. Masjid yang terkenal sebagai simbol kemerdekaan dan persatuan bangsa Indonesia ini penggunaannya diresmikan pada 22 Februari 1978 oleh Presiden Soeharto. Sejak saat itu, Masjid Istiqlal digunakan untuk berbagai aktivitas peribadahan, termasuk yang berskala nasional.

EDITOR: Yus Arza/Harun S

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Diduga Ada ASN Dukung Gus Ipul, Ini Komentar Mantan Sekdaprov Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Munculnya postingan foto Asisten II Sekdaprov Jatim Fattah Yasin bersama beberapa orang termasuk mantan Gubernur Jatim Imam Utomo dan salah satu...

Tabung Elpiji Meledak di Bandung, 14 Orang Luka

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Tabung gas berukuran tiga kilogram meledak di sebuah rumah kontrakan di Gang Marsadi, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, dan melukai...

Korban Dukun Cabul di Sukabumi Terus Bertambah

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID - Hasil pemeriksaan anggota Polsek Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat korban dukun cabul AR (43) warga Ciaul, Kota Sukabumi terus bertambah hingga...
Penggelapan dana

Kejaksaan Jatim Dalami 15 Anggota Dewan Terlibat P2SEM

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) mendalami keterlibatan 15 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim periode 2004 - 2009 dalam...
tewas

Seorang Wanita Tewas Diduga Keracunan Minuman

RANTAU, SERUJI.CO.ID - Seorang wanita muda berinisial HS berusia 18 tahun warga Desa Bakau, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, meninggal dunia diduga karena...