FPD Jember Kutuk ‘Bullying’ Terhadap Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

0
59
mahasiswa berkebutuhan khusus, bullying,
mahasiswa berkebutuhan khusus yang dibully (Kanan) (Foto: Istimewa)

JEMBER –  Tindakan “bullying” terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus di Kampus Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat, yang sempat menjadi virus virtual (viral) di media sosial mendapatkan tanggapan serius dari Forum Peduli Disabilitas (FPD) Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Koordinator FPD Jember Kusbandono Ibrahim di Jember, Senin (18/7) mengungkapkan bahwa pihaknya mengutuk dan mengecam keras tindakan “bullying” tersebut.

“Kami penyandang disabilitas Jember dan masyarakat yang tergabung FPD Jember mengutuk keras tindakan tersebut karena sangat bertentangan dengan nilai-nilai dasar kemanusiaan. Kami menuntut kepada pihak Universitas Gunadarma memberikan sanksi tegas kepada para pelaku bullying itu,” tuturnya.

Menurut Kusbandono perilaku terhadap mahasiswa penyandang disabilitas telah dipertontonkan secara sengaja oleh kaum intelektual dalam lingkungan civitas akademika di Universitas Gunadarma Depok, bahkan diunggah di media sosial dan menjadi viral.

“Kami meminta Rektor Universitas Gunadarma meminta maaf kepada publik secara terbuka atas kelalaiannya dalam membina civitas akademika setempat, sehingga peristiwa tersebut bisa terjadi” ujar Kusbandono.
Menurutnya, pihak Universitas Gunadarma juga harus melakukan upaya-upaya preventif, agar hal-hal tersebut tidak terulang kembali di kampus setempat.

Kusbandono juga berharap Kementerian Sosial melakukan rehabilitasi secara menyeluruh terhadap korban pem’bully’an.

“FPD Jember juga meminta Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi untuk segera mengimplementasikan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Disabilitas, salah satunya dengan cara mendesak kepada seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk segera mendirikan Pusat Layanan Disabilitas,” lanjutnya.

Sebelumnya media sosial kembali diramaikan oleh video yang menjadi viral yang diunggah di akun Instagram @thenewbikingregetan.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pemuda yang berkebutuhan khusus atau autis tengah menjadi korban bullying atau perundungan dari sejumlah mahasiswa di Kampus Universitas Gunadarma Depok. (HA)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polresta Madiun Amankan Ribuan Liter Miras

MADIUN, SERUJI.CO.ID - Petugas Polres Madiun Kota, Jawa Timur mengamankan sebanyak 1.725 liter minuman keras selama Operasi Tumpas Semeru 2018 yang digelar pada tanggal...

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...
Korban Miras Oplosan

Korban Miras Oplosan di RSUD Dr Soetomo Kian Bertambah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Korban akibat menenggak minuman keras kian bertambah di Surabaya. Hingga kini terhitung sudah puluhan korban miras merasakan pesakitan di Rumah Sakit,...

Menangkan Pemilu 2019, Gerindra Bentuk Laskar Merah Putih

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra Jatim tampaknya tak setengah-setengah dalam mengejar target Pemilu 2019 mendatang. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut menargetkan sebanyak-banyaknya perolehan pemilu...