Mikul Dhuwur Mendhem Jero

FPD Jember Kutuk ‘Bullying’ Terhadap Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

0
35
mahasiswa berkebutuhan khusus, bullying,
mahasiswa berkebutuhan khusus yang dibully (Kanan) (Foto: Istimewa)

JEMBER –  Tindakan “bullying” terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus di Kampus Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat, yang sempat menjadi virus virtual (viral) di media sosial mendapatkan tanggapan serius dari Forum Peduli Disabilitas (FPD) Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Koordinator FPD Jember Kusbandono Ibrahim di Jember, Senin (18/7) mengungkapkan bahwa pihaknya mengutuk dan mengecam keras tindakan “bullying” tersebut.

“Kami penyandang disabilitas Jember dan masyarakat yang tergabung FPD Jember mengutuk keras tindakan tersebut karena sangat bertentangan dengan nilai-nilai dasar kemanusiaan. Kami menuntut kepada pihak Universitas Gunadarma memberikan sanksi tegas kepada para pelaku bullying itu,” tuturnya.

Menurut Kusbandono perilaku terhadap mahasiswa penyandang disabilitas telah dipertontonkan secara sengaja oleh kaum intelektual dalam lingkungan civitas akademika di Universitas Gunadarma Depok, bahkan diunggah di media sosial dan menjadi viral.

“Kami meminta Rektor Universitas Gunadarma meminta maaf kepada publik secara terbuka atas kelalaiannya dalam membina civitas akademika setempat, sehingga peristiwa tersebut bisa terjadi” ujar Kusbandono.
Menurutnya, pihak Universitas Gunadarma juga harus melakukan upaya-upaya preventif, agar hal-hal tersebut tidak terulang kembali di kampus setempat.

Kusbandono juga berharap Kementerian Sosial melakukan rehabilitasi secara menyeluruh terhadap korban pem’bully’an.

“FPD Jember juga meminta Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi untuk segera mengimplementasikan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Disabilitas, salah satunya dengan cara mendesak kepada seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk segera mendirikan Pusat Layanan Disabilitas,” lanjutnya.

Sebelumnya media sosial kembali diramaikan oleh video yang menjadi viral yang diunggah di akun Instagram @thenewbikingregetan.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pemuda yang berkebutuhan khusus atau autis tengah menjadi korban bullying atau perundungan dari sejumlah mahasiswa di Kampus Universitas Gunadarma Depok. (HA)

SUMBERAntara
BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

PBB Serukan Dukungan Lebih Banyak Buat Pengungsi Rohingya dari Myanmar

JENEWA, SERUJI.CO.ID - Badan pengungsi PBB pada Senin (25/9) menyerukan peningkatan dukungan buat sebanyak 436.000 pengungsi Rohingya yang menyelamatkan diri dari Myanmar ke Bangladesh...
#savepartaigolkar

DPP Terindikasi Lakukan Politik Transaksional, Kader Golkar Jabar Kumpulkan Koin

PURWAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ribuan kader Golongan Karya se-Jawa Barat melakukan aksi pengumpulan koin sebagai bentuk sindiran terhadap DPP Partai Golkar yang terindikasi melakukan politik...

Politisi PKS: Soliditas PKS-Gerindra Harus Dijaga

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Haris Yuliana menyatakan soliditas antara PKS dengan Gerindra harus dijaga dengan baik untuk bersama-sama membangun politik...

Pemerintah Sebut Investasi Dana Haji Tingkatkan Nilai Manfaat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Nizar Ali menyampaikan dana haji berpotensi meningkat nilai manfaatnya bila diinvestasikan. "Peningkatan nilai manfaat...
miras

Bupati Kaget Ada 1.379 Lokasi Pedagang Miras di Wilayahnya

GORONTALO, SERUJI.CO.ID - Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin kaget dengan menyebarnya pedagang minuman keras/beralkohol hingga tercatat sebanyak 1.379 lokasi di wilayahnya. Oleh karenanya, ia...
bps

Peringati Hari Statistik Nasional, BPS Serukan Pembangunan Berlandaskan Data

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Secara nasional, tanggal 26 September diperingati sebagai Hari Statistik Nasional (HSN). Dalam peringatan HSN 2017 tersebut, Badan Pusat Statistik (BPS)...