Forum Indonesia-Afrika Digelar April di Bali

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Indonesia berencana menggelar Forum Indonesia-Afrika pada April 2018 di Bali, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jumat (19/1).

“Rencananya Forum Indonesia-Afrika akan diadakan pada 10-11 April di Bali. Forum ini menjadi salah satu fokus dari diplomasi Indonesia tahun ini dan fokus kerja diplomasi Kemlu tahun ini,” ujar Arrmanatha.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) telah menyampaikan beberapa strategi diplomasi Indonesia ke Afrika, salah satunya adalah Forum Indonesia-Afrika.

Selain itu, Presiden Joko Widodo pun telah menyampaikan mengenai rencana pengadaan forum tersebut di sela-sela Pertemuan Kelompok Negara G20.

Direktur Kawasan Afrika Kemlu, Daniel Tumpal Simanjuntak, mengatakan bahwa Forum Indonesia-Afrika merupakan forum bersejarah dalam konteks diplomasi Indonesia.

“Untuk pertama kalinya, pemerintah RI menjajaki kerja sama secara konkret dengan Afrika. Forum ini juga bertujuan untuk membahas peningkatan kerja sama dan akan membahas beberapa ‘business deal’,” ujar Tumpal.

Dalam menggelar Forum Indonesia-Afrika yang berfokus utama pada kerja sama ekonomi itu, Pemerintah Indonesia akan bekerja sama dengan kamar dagang dan industri (Kadin) serta badan usaha milik negara (BUMN).

“Forum ini akan berupaya mencari cara bagaimana mengonversi modal politik yang Indonesia sudah punya dengan Afrika menjadi kerja sama ekonomi,” tutur Tumpal.

Menurut dia, kerja sama dengan negara-negara Afrika sangat penting bagi Indonesia karena Afrika merupakan benua termuda yang akan menjadi penting untuk pertumbuhan ekonomi global di masa depan.

“Afrika merupakan kawasan pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua setelah Asia. IMF memperkirakan pada 2020 Afrika tetap mempertahankan momentum pertumbuhan ekonomi pada 4,3 persen,” jelasnya.

“Jadi ini momentum bagaimana ke depan pengembangan diplomasi Indonesia ke Afrika,” lanjut Tumpal. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER