Forum Dosen: Pemberian Dr (Hc) untuk Cak Imin Cermin Pengelolaan Unair yang Politis

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, menolak pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar di Unair, Selasa (3/10). Sikap penolakan tersebut sebagai bagian dari keprihatinan luas civitas akademika terhadap pengelolaan Unair yang cenderung politis.

“Penolakan ini bukanlah dinamika biasa tetapi bagian dari keprihatinan luas civitas akademika terhadap pengelolaan universitas yang cenderung politis, tidak akademis dan tidak profesional dalam beberapa kasus terakhir,” kata dosen Fisip Unair, Airlangga Pribadi, dalam konferensi pers di Ruang Adi Sukada, Gedung A lt.2, Fisip Unair, pada Selasa (3/10), pukul 12.30.

Pihaknya menyayangkan proses pemberian gelar tersebut yang tidak sehat dan tidak didahului prosedur internal yang berwibawa.

“Civitas akademika Fisip Unair membuka peluang kepada siapapun untuk dianugerahi gelar Doktor Kehormatan selama yang bersangkutan memenuhi kualifikasi dan prosesnya sesuai dengan tata cara yang sudah diatur,” kata pria yang akrab disapa Angga ini.

Angga menjelasakan pemberian gelar Doktor Honoris Causa telah diatur pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 21 tahun 2013 tentang Pemberian Doktor Kehormatan, (Pasal 1 ayat 2 serta Pasal 3) dan Peraturan Rektor UNAIR No.22 tahun 2015 tentang Tata Cara Pemberian Gelar Penghargaan Doktor Kehormatan/Doktor Honoris Causa (Dr.H.C) (Pasal 2 serta Pasal 4 ayat e dan f).

“Kami menilai bahwa Sdr. Drs. Muhaimin Iskandar, M.Si, belum memenuhi kualifikasi seperti yang disebutkan dalam peraturan-peraturan tersebut,” tegasnya.

Oleh karenanya, Forum Dosen Fisip Unair tegas menolak pernyataan Rektor dalam berbagai media massa bahwa aspirasi ini membawa kepentingan politik praktis menjelang tahun Pemilu 2018 dan 2019.

“Kami mempertaruhkan kredibilitas dan independensi saat bersikap atas isu ini,” tegasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa keprihatinan terhadap penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa Muhaimin Iskandar adalah bagian dari keprihatinan luas civitas akademika yang meningkat oleh beberapa kasus terakhir, di mana persoalan carut marut penerimaan mahasiswa baru dan ELPT palsu ada diantaranya.

“Melebihi kasus-kasus sebelumnya, penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa Muhaimin Iskandar adalah perpaduan paling memprihatinkan dari kecenderungan pengelolaan universitas yang politis, tidak akademis, dan tidak profesional akhir-akhir ini,” ujarnya.

Dalam kaitan itu, kata dia, penting kiranya agar segenap civitas akademika Unair menjadikan polemik anugerah Doktor Honoris Causa kepada Muhaimin Iskandar ini sebagai peluang baik bagi evaluasi kinerja universitas terkait tiga kecenderungan tidak sehat akhir-akhir ini.

Bahwa dalam kaitan itu, lanjutnya, Wali Amanat dan Senat Universitas perlu segera membentuk panitia khusus investigasi yang melibatkan dosen dan mahasiswa kritis di luar struktur yang ada guna menyelidiki lebih jauh absennya prosedur civitas akademika yang sehat dan berwibawa di balik penganugerahan Doktor Honoris Causa Muhaimin Iskandar dan keterkaitannya dengen kecenderungan politis, tidak akademis dan tidak profesionalnya pengelolaan universitas dalam kasus-kasus terakhir akhir-akhir ini.

“Dalam kaitan itu, perlu kiranya seluruh civitas akademika Unair lebih mengawasi kecenderungan dan jalannya pengelolaan Unair,” pungkasnya. (SU02)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER