Fadly Nurzal Gagas KAHMI Perkuat Kaderisasi-Kepemimpinan

0
58
Fadly Nurzal
Fadly Nurzal (Foto: Istimewa)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Calon Ketua Umum Presiden Korps Alumni HMI Fadly Nurzal menawarkan gagasan penguatan kaderisasi dan kepemimpinan di lingkungan Himpunan Mahasiswa Islam.

Di sela-sela Munas Korps Alumni HMI (KAHMI) di Medan, Sabtu (18/11), Fadly Nurzal mengatakan, pihaknya telah mendiskusikan gagasan itu dengan pengurus KAHMI di berbagai daerah, terutama di regional Sumatera.

Dua konsep tersebut sangat dibutuhkan untuk memperkuat eksistensi HMI sebagai salah satu organidasi yang menjadi “kawah candradimuka” calon pemimpinan bangsa.

Sebagai wadah perhimpunan alumni, KAHMI harus dapat memberikan stimulan bagi HMI yang selalu mengedepankan konsep keislaman dan nasionalisme.

“Stimulasi itu sangat perlu, tapi bukan mengintervensi,” katanya.

Kemudian, kata Fadly, KAHMI harus dapat mendukung penguatan latihan kepemimpinan bagi kader HMI di berbagai daerah.

Meski alumninya tersebar di berbagai profesi dan partai politik, kader HMI harus dilatih dengan kepemimpinan yang independen dan mengacu pada nilai idealisme.

“HMI tidak boleh diinfiltrasi dari mana pun, alumninya boleh di bidang apapun, tapi independensi HMI perlu ditegakkan,” kata anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Mengenai persaingan sebagai Presidium KAHMI, pihaknya tidak mempermasalahkannya karena amanah yang akan didapatkan dalam munas tersebut merupakan lanjutan pengabdian setelah menyelesaikan kaderisasi di HMI.

“KAHMI adalah ladang pengabdian setelah merasakan proses pembinaan di HMI. Jadi, tidak boleh dalam konteks berhadap-hadapan,” ujar Fadly Nurzal. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

PKPU Human Initiative Respon Gempa Banjarnegara

BANJARNEGARA, SERUJI.CO.ID - Gempa berkekuatan hampir mencapai 4,4 SR yang mengguncang wilayah Pekalongan dan Banjarnegara pada Rabu (18/4) lalu, telah berdampak cukup serius terhadap warga...

Vonis 15 Tahun Penjara Setnov, Ini Tanggapak JK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi vonis terhadap mantan ketua DPR yang juga politikus Partai Golkar Setya Novanto terkait kasus korupsi proyek...
Jembatan Ujung Galuh

Sebelum Diserahkan ke Pemkot Surabaya, Jembatan Ujung Galuh Diuji Kekuatan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Jembatan Ujung Galuh, yang menghubugkan Jalan Ngangel dengan Jalan Darmokali, Surabaya menjalani uji coba kelayakan kekuatan beban dengan menggunakan sejumlah truk...

Terkait Pilpres 2019, Ini Keputusan JK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan dirinya ingin istirahat dari pencalonan presiden maupun wakil presiden pada Pilpres 2019. "Seperti yang sering saya katakan,...

Satgas Temukan Ladang Ganja di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID - Satuan Tugas Yonif 121/Macan Kumbang menemukan ladang ganja seluas setengah hektare di Kampung Kalilapar, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, perbatasan RI-Papua Nugini. "Penemuan...