DPR RI Tuntut Peran Parlemen Asia Pasifik Dalam Perdamaian Dunia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dalam sidang tahunan Forum Parlemen Asia Pasifik (Plenary Meeting, Asia Pacific Parliamentary Forum/APPF) yang digelar di Hotel JW Marriott, Hanoi, Vietnam, Jumat (19/1), DPR RI menuntut parlemen se-Asia Pasifik terlibat aktif mendorong perdamaian dunia.

Ketua Delegasi Parlemen Indonesia Fahri Hamzah menjadikan krisis Rohingya di Myanmar, sengketa Palestina, dan krisis nuklir di Korea Utara sebagai contoh nyata dari argumentasinya. Di dalam tiga kasus yang berkaitan erat dengan kemanusiaan itu, APPF terkesan tidak memiliki tindakan nyata untuk menawarkan solusi demi kemanusiaan dan perdamaian dunia.

Oleh karenanya, Fahri secara tegas mendorong agar parlemen tiap negara turut aktif bersuara dalam proses perdamaian dunia dan kawasan Asia-Fasifik.

“Kami mendorong parlemen tiap negara di kawasan berperan aktif dalam menyelesaikan masalah bangsa-bangsa yang tertindas. Misalnya masalah Palestina dan pengungsi Rohingya. Kami tak mengerti mengapa masalah ini tidak selesai di tangan diplomasi antar eksekutif atau pemerintah bangsa-bangsa terkait,” kata Fahri Hamzah dalam forum Parlemen Asia Pasifik, seperti dalam pesan tertulis diterima SERUJI, Jumat (19/1).

“Karena itu, kami mendorong parliamentary diplomacy agar lebih aktif dalam perdamaian dunia,” sambungnya.

Diplomasi Parlemen Asia Pasifik ini berperan sebagai second track diplomacy, dimana parlemen mewakili suara rakyatnya yang utuh untuk disampaikan dalam berbagai forum dunia atau kawasan.

Senada dengan sikap parlemen Indonesia yang disuarakan Fahri Hamzah, parlemen Kanada juga menyatakan perlunya menyelesaikan masalah Rohingya dengan investigasi dan akses untuk bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingya. Parlemen Brunei Darussalam dan Malaysia juga mendukung dan menyatakan hal yang sama.

Selain masalah tersebut, masalah terorisme dan keamanan kawasan juga dibahas dalam plenary meeting APPF ini.

Sidang ke-26 APPF dihadiri 27 parlemen, antara lain dari Indonesia, Meksiko, Rusia, Malaysia, Singapura, Spanyol, Mongolia, Selandia Baru, Thailand, Kanada, Fiji, Kamboja, dan tuan rumah Vietnam.

Indonesia berharap diplomasi Parlemen Asia Pasifik mampu berperan bukan hanya meningkatkan kesejahteraan di kawasan, tetapi juga turut menciptakan perdamaian dan stabilitas dunia sebagaimana amanat dari konstitusi RI. (Herdi S/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Al Ghazali dan Dendam Anak-Anak Revolusi

Di masa Orde Baru adalah anak-anak yang bapak/ibunya dibunuh atau dipenjarakan Suharto. Di masa ini mereka adalah anak-anak yang bapaknya dipenjarakan Jokowi karena berbeda pandangan politik.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.