DPR-Pemerintah Akan Sidak Pembangunan Smelter

0
74

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Komisi VII DPR RI bersama Kementerian ESDM akan melakukan kunjungan kerja atau sidak ke sejumlah perusahaan pertambangan untuk melihat langsung proses pembangunan fasilitas pemurnian mineral (smelter).

“DPR RI dan Pemerintah sudah memutuskan, pada masa persidangan berikutnya, akan melakukan kunjungan ke perusahaan pertambangan yang memiliki tanggung jawab membangun smelter,” kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Herman Khaeron melalui siaran persnya yang diterima di Jakarta, Kamis (21/12).

Menurut Herman, DPR RI dan Pemerintah juga sudah memutuskan akan memberi sanksi berupa “financial penalty” bagi perusahaan yang progres pembangunan smelternya tidak sesuai ketentuan.

“Pemerintah masih membuat aturan teknisnya untuk pemberian sanksi berupa “financial penalty” termasuk besaran nilai sanksinya,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Pembinaan Perusahaan Mineral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Susigit mengatakan, Kementerian ESDM fokus memantau dan mengevaluasi realisasi ekspor dan kemajuan pembangunan smelter dalam negeri.

Menurutnya, progres pembangunan smelter menjadi barometer perpanjangan izin ekspor bagi setiap perusahaan pertambangan.

Perkembangan pembangunan smelter dan realisasi ekspor, menurutnya, berdasarkan data dari Kementerian ESDN, saat ini sudah pada jalurnya.

“Data terbaru kami, realisasi ekspor dan perkembangan pembangunan smelter serta realisasi ekspor dalam tiga bulan pertama menunjukkan progres positif. Untuk smelter, progresnya beragam, ada yang telah dibangun dan ada yang sedang dibangun,” kata Bambang, di Jakarta, Rabu (13/12).

Bambang menjelaskan, terhadap perusahaan yang sedang membangun smelter, evaluasinnya akan dilihat setelah enam bulan sesuai target yang diberikan.

“Kami melihat ada kesungguhan dari perusahaan pertambangan untuk membangun smelter. Memang prosesnya bertahap dan proyeksi rencana detil pembangunan smelter dapat dilihat dari prosentase kurva S setiap perusahaan,” pungkasnya. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...