Di Belgia, Gubernur Sumbar Jalin Komitmen dengan Pemasok Kopi Terbesar di Eropa

ANTWERP – Memasuki hari kelima perjalanan misi jemput bola investasi ke beberapa negara di Eropa, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno dan tim, berhasil membuat komitmen dengan perusahaan pemasok kopi terbesar di Eropa, Molenbergnatie, pada Senin (29/5).

“Molenbergnatie adalah perusahaan pengumpul kopi dan pemasok kopi mentah terbesar di Eropa. Mereka biasa menyuplai bahan kopi semisal kepada Nestle, Starbucks, dan sebagainya,” kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal yang menyertai perjalanan gubernur saat dihubungi SERUJI, Senin (29/5).

Country Manager Molenbergnatie Charles Contamine menjelaskan bahwa konsep Molenbergnatie adalah perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1867 (150 tahun lalu) itu membeli kopi dari pedagang di seluruh dunia.

Pada annual report Molenbergnatie yang tersedia pada website perusahaan, didapat data kapasitas serapan kopi perusahaan tersebut adalah 3,6 juta metrik Ton (pada 2014); 4,3 juta metrik Ton (2015); dan 3,6 juta metrik ton (2016). Sedangkan hingga April 2017, kapasitasnya sudah mencapai 1,3 juta metrik Ton atau setara 37% dari pencapaian tahun 2016. Selama ini kebutuhan perusahaan di suplai dari berbagai negara, dengan yang terbesar dari Vietnam yang memiliki kapasitas gudang (storage) seluas 52.000 m2.

Rencananya, Molenbergnatie akan melakukan survei dengan mengunjungi perkebunan kopi di Sumatera Barat. Kemudian bersama dengan Dinas Pertanian Pemprov serta Kota dan Kabupaten di Sumbar, akan melakukan pembicaraan teknis untuk menindak-lanjuti kesepatan tersebut.

“Peluang petani kopi kita di Sumbar terbuka lebar, karena kopi Indonesia, terutama kopi dari Sumbar, merupakan kopi terbaik di dunia atau berada dalam kualitas hight level,” jelas Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melalui keterangan tertulisnya.

Kualitas kopi Sumatera, telah diakui sendiri oleh Molenbergnatie, yang saat ini masih membutuhkan kopi dari Indonesia.

“Seluruh stakeholder terkait, baik Kota dan Kabupaten maupun Provinsi, akan kami dorong untuk bekerja ekstra dan berkoordinasi dengan petani kopi, agar kualitas hasil panen bisa tetap dijaga sesuai standar yang diinginkan Molenbergnatie,” tutur Irwan.

Hal ini tentu semakin memacu semangat petani kopi kita untuk dapat berproduksi dengan kualitas lebih baik lagi.

“Prinsipnya, sepanjang itu menguntungkan petani kopi dengan harga yang baik, semua stakeholder pemerintah, akan kita dorong dan fasilitasi dengan sebaik-baiknya,” pungkas Irwan.

Dalam kunjungan ke perusahaan Molenbergnatie, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Bupati Agam, Bupati Solsel dan Bupati Sijunjung. (DenyRS/IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengarahkan Gerakan NKRI Bersyariah

Walau begitu, sekali lagi percayalah bahwa perjuangan Islam politik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam tak akan pernah mati. Ia akan terus bermetamorfosa dan tersimpan rapi dalam memori kolektif kelompok Islam politik.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER