Blanko Ktp-el Tak Sesuai Permintaan, Disdukcapil Terpaksa Beri Warga Surat Pengganti

0
8
KTP-el
Ilustrasi KTP-el

BOJONEGORO, SERUJI.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bojonegoro, Jawa Timur, mengajukan permintaan 10 ribu keping blangko KTP elektronik (KTP-el) kepada Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri dalam pekan ini.

“Pengajuan permintaan blangko KTP-el karena stok yang tersisa sekarang hanya tinggal sekitar 2.000 keping blangko KTP-el,” kata Kepala Dispendukcapil Bojonegoro Suhono di Bojonegoro, Selasa (13/2).

Didampingi Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Andrianto, dijelaskan petugas akan langsung ke Jakarta untuk mengambil tambahan keping blangko KTP-el ke kantor Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

“Kalau permintaan kami 10.000 keping blangko KTP-e. Seperti yang lalu dari Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri hanya diberi 8.000 keping blangko KTP-e,” kata Andrianto.

Meski demikian, menurut dia, adanya tambahan keping blangko KTP-el itu akan mempercepat proses pembuatan KTP-el warga di daerahnya yang sebelumnya terpaksa harus mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP-el.

Apalagi, lanjut dia, di dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) warga yang bisa mempergunakan hak pilihnya persyaratan utamanya sudah memiliki KTP-el atau surat keterangan pengganti KTP-el.

Ia menyebutkan pembuatan KPT-el yang dilakukan rata-rata berkisar 400-500 KTP-el per hari, sepanjang jaringan internet lancar.

“Sekarang kalau ada warga yang mencari KTP langsung dibuatkan KTP-el. Begitu pula surat keterangan pengganti KTP-el langsung diganti dengan KTP-el,” kata dia menegaskan.

Ditanya jumlah warga yang belum melakukan perekaman KTP-el, ia memperkirakan sampai sekarang ini masih ada berkisar 22 ribu-24 ribu warga dengan jumlah terbesar warga yang baru berusia 17 tahun.

Jumlah warga yang belum melakukan perekaman KTP-el itu, lanjut dia, kurang lebih sama dibandingkan dengan akhir Desember 2017.

Sebab, lanjut dia, pada 2018 ini ada warga yang sudah melakukan perekaman KTP-el, akan tetapi ada juga warga yang masuk usia 17 tahun sehingga wajib memiliki KTP.

Data di dispendukcapil menyebutkan di daerah setempat tercatat jumlah penduduk 1.308.211 jiwa, sedangkan penduduk wajib KTP 1.088.684 jiwa, dan belum melakukan perekaman KTP-e sebanyak 21.450 jiwa, per 31 Desember 2017.

“Kami juga terus berkoordinasi untuk pembuatan KTP-el kepada pemilih yang belum memiliki KTP-e tetapi tetap didata dalam pencocokan dan penelitian (coklit) petugas pemutakhiran data pemilih tetap di desa,” katanya. (Ant/SU02)

Komentar

BACA JUGA
Tri Rismaharini

Risma Jelaskan Tata Kota Kepada Arsitek se-Indonesia

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan konsep pengelolaan tata kota di hadapan puluhan arsitek se-Indonesia dan mancanegara (Malaysia, Thailand dan Singapura) di...

Bawaslu Larang Pasang APK di Lembaga Negara dan Tempat Ibadah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum Jawa Timur melarang Alat Peraga Kampanye (APK) dipasang di Lembaga Negara yang bukan fasilitas pribadi. "Yang jelas, Undang-Undang...
Zaadit Taqwa

Zaadit Taqwa Pemberi “Kartu Kuning” Orasi di Riau

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia Zaadit Taqwa yang sempat memberi "kartu kuning" kepada Presiden Jokowi, muncul bersama ratusan perwakilan BEM se-Indonesia...
Gus Ipul sowan Pesantren

Hari Kedelapan Kampanye, Gus Ipul Pilih Sowan ke Ponpes di Kediri dan Mojokerto

KEDIRI, SERUJI.CO.ID - Hari kedelapan berkampanye, calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memilih sowan ke sejumlah Pondok Pesantren di Kediri dan Mojokerto. Gus...
Ibu Penggigit Tangan

Ibu Penggigit Tangan Polisi Ditetapkan Jadi Tersangka

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Seorang ibu yang menggigit tangan salah seorang petugas Satlantas Polres Kudus, Jawa Tengah, ditetapkan sebagai tersangka dengan tuduhan melawan petugas yang sedang...
loading...

Keistimewaan Air Bekas Wudhu terhadap Kehidupan Tanaman

Air sebagai sumber kehidupan sudah menjadi pengetahuan umum. Sementara di bumi kondisi air macam-macam. Dari berbagai macam air itu ternyata berbeda-beda pula terhadap tanaman. Untuk...
IMG20180222054602

Kota Ini Mulai Dikepung Kabut Asap, Siapa Pelakunya..?

Kotawaringin Barat - Hampir sepekan udara kota Pangkalan Bun tampaknya sudah tidak bersahabat. Kebut asap mulai menyeruak aromanya tercium tidak sedap hanya karena ulah...
KH. Luthfi Bashori

Dalam Urusan Rumah Tangga, Jadikan Istri sebagai Teman Diskusi

Saat seorang suami berada dalam lingkungan rumah tangga dan mengurus hal-hal yang terkait dengan kemaslahatan keluarganya, maka teman diskusi yang paling tepat adalah istrinya....