Beredar Rumor Jonan Diganti, Ini Tanggapan Wamen ESDM

0
102
Arcandra Tahar
Arcandra Tahar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar memberikan tanggapan terkait rumor akan adanya pergantian Menteri ESDM yang saat ini dijabat oleh Ignasius Jonan.

“Biarkanlah saya tenang bekerja,” kata Arcandra di Jakarta, Selasa (21/11) menanggapi pertanyaan wartawan terkait pergeseran jabatan Jonan.

Lebih lanjut tentang apakah Arcandra yang menggantikan posisi Jonan nantinya, ia hanya menggelengkan kepala menanggapi wartawan.

“Janganlah singgung-singgung itu. Biarkan saya bekerja dengan tenang. Boleh ‘gitu gak’ jawabannya. Saya sudah bilang saya gak boleh ‘double cover’, saya bilang,” tegasnya.

Selanjutnya, Arcandra hanya menjelaskan terkait dengan perkembangan informasi mengenai bidang energi dan sumber daya mineral.

Sembari menjawab pertanyaan lainnya, ia menjelaskan, saat ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengupayakan penurunan harga gas yang tidak merugikan industri hulu maupun hilir gas di Indonesia.

“Kami fokus, di situ kan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)-nya dikurangi, yang lainnya harga hulu dikurangin, apa bisa beneran kita bisa tekan, sampai hulu tidak ada profit lagi?” kata Arcandra.

Ia menjelaskan, akan menjadi hal yang sama aja, apabila industri hulu mengalami kerugian, menurutnya hal tersebut hanyalah pindah profit saja.

Saat ini Kementerian ESDM sedang mencari formulasi yang tepat dalam upaya menurunkan harga gas, agar tidak ada efek yang merugikan pihak lain.

Saat ini harga gas industri sebesar 11 dolar AS per mmbtu, banyak industri yang mengeluhkan hal tersebut karena dianggap tidak masuk tarif keekonomian. Arcandra juga menegaskan bahwa keluhan dari industri sudah didengar dan saat ini masih tahap pengkajian formula. (Ant/SU02)

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama