Baru Satu Parpol Yang Telah Daftarkan Bacaleg ke KPU

0
34
KPU
Komisi Pemilihan Umum.

BANJARBARU, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, baru menerima satu partai politik yang menyerahkan berkas berisi syarat administrasi bakal calon anggota Legislatif (Bacaleg) 2019.

“Kami baru menerima berkas satu partai politik yakni PPP yang diserahkan Selasa (10/7), partai lainnya belum ada,” ujar Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat di Banjarbaru, Jumat (13/7).

Ia mengatakan, pihaknya menunggu penyerahan dokumen syarat administrasi bakal calon anggota legislatif yang sudah ditetapkan jadwalnya selama 14 hari sejak 4-17 Juli 2018.

Dijelaskan, tenggat waktu itu berlaku sama di seluruh wilayah Indonesia dan tidak diperpanjang sehingga diharapkan seluruh parpol menyerahkan dokumen sebelum pendaftaran ditutup.

“Kami berharap 15 partai politik lain menyerahkan dokumen sebelum masa pendaftaran habis. Jika ada parpol yang tidak menyerahkan maka tidak terdaftar sebagai peserta pemilu,” ucapnya.

Menurut dia, belum diserahkannya dokumen bakal caleg dari parpol karena masih ada yang belum lengkap sehingga menunggu kelengkapan syarat utama bagi pencalonan anggota legislatif itu.

“Kemungkinan ada bacaleg yang belum lengkap syarat seperti SKCK dari kepolisian, surat keterangan sehat atau juga legalisir ijazah sehingga menunggu lengkap baru diserahkan,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya berkoordinasi dengan penghubung parpol agar bisa secepatnya menyerahkan dokumen sehingga bisa diperiksa petugas KPU dan diketahui kekurangannya.

“Pemeriksaan dokumen bersamaan waktunya dengan pendaftaran, hanya besa satu hari dan berakhir tanggal 18 Juli sehingga kami meminta parpol cepat menyerahkan dokumen,” imbuh.

Ditambahkan, pihaknya menerima rencana waktu penyerahan dokumen parpol tetapi hanya sebagian yang sudah memastikan waktunya, sedangkan yang lain belum bisa dipastikan.

Disebutkan, penyerahan dokumen hari Sabtu (14/7), dilakukan Perindo dan PSI, hari Ahad (15/7), PKB, PDIP dan PBB, kemudian Senin (16/7), Nasdem, Golkar dan Partai Berkarya.

Selanjutnya, hari terakhir pendaftaran Selasa (17/7), adalah PKS dan Demokrat, sedangkan empat partai politik lainnya belum menyampaikan rencana untuk menyerahkan dokumen.

“Kami berharap parpol menyerahkan dokumen sesuai waktu yang mereka tetapkan disamping menunggu parpol lain yang belum menyampaikan kesiapan waktu penyerahan,” katanya. (Ant/SU01)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...