Baru Satu Parpol Yang Telah Daftarkan Bacaleg ke KPU

BANJARBARU, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, baru menerima satu partai politik yang menyerahkan berkas berisi syarat administrasi bakal calon anggota Legislatif (Bacaleg) 2019.

“Kami baru menerima berkas satu partai politik yakni PPP yang diserahkan Selasa (10/7), partai lainnya belum ada,” ujar Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat di Banjarbaru, Jumat (13/7).

Ia mengatakan, pihaknya menunggu penyerahan dokumen syarat administrasi bakal calon anggota legislatif yang sudah ditetapkan jadwalnya selama 14 hari sejak 4-17 Juli 2018.

Dijelaskan, tenggat waktu itu berlaku sama di seluruh wilayah Indonesia dan tidak diperpanjang sehingga diharapkan seluruh parpol menyerahkan dokumen sebelum pendaftaran ditutup.

“Kami berharap 15 partai politik lain menyerahkan dokumen sebelum masa pendaftaran habis. Jika ada parpol yang tidak menyerahkan maka tidak terdaftar sebagai peserta pemilu,” ucapnya.

Menurut dia, belum diserahkannya dokumen bakal caleg dari parpol karena masih ada yang belum lengkap sehingga menunggu kelengkapan syarat utama bagi pencalonan anggota legislatif itu.

“Kemungkinan ada bacaleg yang belum lengkap syarat seperti SKCK dari kepolisian, surat keterangan sehat atau juga legalisir ijazah sehingga menunggu lengkap baru diserahkan,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya berkoordinasi dengan penghubung parpol agar bisa secepatnya menyerahkan dokumen sehingga bisa diperiksa petugas KPU dan diketahui kekurangannya.

“Pemeriksaan dokumen bersamaan waktunya dengan pendaftaran, hanya besa satu hari dan berakhir tanggal 18 Juli sehingga kami meminta parpol cepat menyerahkan dokumen,” imbuh.

Ditambahkan, pihaknya menerima rencana waktu penyerahan dokumen parpol tetapi hanya sebagian yang sudah memastikan waktunya, sedangkan yang lain belum bisa dipastikan.

Disebutkan, penyerahan dokumen hari Sabtu (14/7), dilakukan Perindo dan PSI, hari Ahad (15/7), PKB, PDIP dan PBB, kemudian Senin (16/7), Nasdem, Golkar dan Partai Berkarya.

Selanjutnya, hari terakhir pendaftaran Selasa (17/7), adalah PKS dan Demokrat, sedangkan empat partai politik lainnya belum menyampaikan rencana untuk menyerahkan dokumen.

“Kami berharap parpol menyerahkan dokumen sesuai waktu yang mereka tetapkan disamping menunggu parpol lain yang belum menyampaikan kesiapan waktu penyerahan,” katanya. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Dari Plot Pembunuhan Menuju Monarkhi Konstitusional di Arab Saudia

Aneka media luar dan dalam negeri dengan telanjang menggambarkannya. Tim 15 orang memutilasi, memotong korban ketika korban masih hidup. Suara melengking korban kesakitan yang luar biasa terdengar dan terekam.

Penegakan Hukum Yang Kaya Kezaliman dan Miskin Rasa Keadilan

Bercermin kepada praktek penegakan hukum di Indonesia beberapa tahun tarakhir, khususnya di era Rezim Pemerintahan saat ini, tentunya kita melihat banyaknya praktek-praktek penanganan kasus hukum yang masih jauh dari apa yang diharapkan.

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER