Anggap Lalai Jalankan Tupoksi, CERI Desak Menteri ESDM Ganti Kepala SKK Migas

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman mendesak Menteri ESDM segera mengusulkan kepada Presiden Jokowi pergantian kepala SKK Migas yang saat ini dijabat Amien Sunaryadi, dengan figur yang memiliki kompentensi dan integritas.

Pasalnya, menurut Yusri, perilaku Amin Sunaryadi akhir-akhir ini semakin aneh dalam memimpin SKK Migas, tidak sesuai dengan tupoksinya sebagai Kepala satuan kerja mengelola penyelenggaraan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi.

“Ada tugas pokok yang seharusnya dia kerjakan tetapi tidak dikerjakannya, malah tugas yang tidak pokok malah dikerjakannya. Contoh pada saat kejadian bocor pipa gas CNOC di perairan Bojonegara yang harusnya dia sikapi ataupun membagikan rilis apa penyebab kebocoran pipa dalam bentuk ‘week end update’ tidak dia lakukan, tetapi malah dia sibuk mengirim berita hasil survei responden ‘WisKesuwenrek’ terkait korupsi yang paling banyak terjadi dilapangan adalah suap mencapai 78 %,” jelas Yusri kepada SERUJI, Jumat (13/7).

Baca juga: Pipa Gas Bawah Laut Bocor di Perairan Bojonegara

Dari penelusuran SERUJI, pada saat terjadi peristiwa kebocoran Pipa gas di perairan Pulau Panjang, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Senin (9/7), Kepala SKK Migas Amin Sunaryadi di akun twitternya tidak terlihat menginformasikan peristiwa tersebut, tapi menyebarkan informasi terkait survei korupsi.

Twit Amien Sunaryadi tanggal 8 Juli soal survei.

Twit Amien Sunaryadi tanggal 11 Juli 2018 soal survei korupsi.

Padahal, lanjut Yusri, aktifitas menyampaikan berita yang tidak prioritas tersebut cukup dilakukan oleh petugas humas.

“Tanpa kepala SKK Migas buang-buang energi yang tak perlu. Lagi pula kalau katanya pro pemberatasan korupsi, tentu publik akan bertanya selama dipimpin beliau sudah berapa banyak kasus korupsi di SKK Migas dan semasa di BP Migas yang berhasil diungkap dan dilaporkan ke penegak hukum,” imbuhnya.

Menurut Yusri, karena SKK Migas adalah badan strategis yang mengurus produksi migas nasional dan menyangkut pendapatan negara yang merupakan bagian untuk menopang APBN, maka sudah seharusnya diisi oleh figur yang mumpuni.

“Bukan figur yang tidak menguasai masalah dan malah bisa menjadi beban bagi SKK Migas,” pungkasnya. (ARIf R/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Lima Macam Riba Yang Diharamkam