Aktivis: Awas KDRT Berdampak Pada Anak

0
69
KDRT
Ilustrasi KDRT

LONDON, SERUJI.CO.ID – Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) tidak saja berdampak kepada sang korban yang biasanya sang istri tetapi juga pada anak-anak yang turut merasa ketakutan, kebingungan, dan terguncang dan tumbuh perasaan bersalah karena menganggap diri menjadi penyebab munculnya kekerasan.

Hal itu disampaikan aktivis dan ahli gender dan demokrasi, Hana A Satriyo, pada seminar bertema Mengenal Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang diadakan dalam rangka perayaan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-18, di gedung KBRI London, 30 Great Peter Street, London, Kamis (14/12) siang.

Perayaan HUT DWP ke-18 sekaligus acara pertemuan bulanan Dharma Wanita Persatuan KBRI London dihadiri sekitar 100 anggota DWP KBRI London tidak saja dari kalangan istri pegawai negeri di KBRI London juga masyarakat dan diaspora Indonesia yang lama tinggal di Inggris.

“Dampak KDRT pada anak laki-laki biasanya menunjukkan perilaku memberontak dan agresif. Sedangkan dampak jangka panjang pada anak laki-laki adalah meniru perilaku kekerasan yang dilakukan oleh ayahnya,” ujar Hana A Satriyo, yang juga istri Dubes RI di London Rizal Sukma.

Sementara pada anak perempuan umumnya cenderung menyendiri dan tidak mau bergaul. Dampak jangka panjang pada anak perempuan adalah cenderung menerima kekerasan sebagai suatu hal yang wajar.

Pada awal seminar, Hana A Satriyo menjelaskan mengenai KDRT yang terdapat dalam UU No 23 tahun 2004 disebutkan KDRT adalah perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga.

“Korban KDRT dalam lingkup rumah tangga juga meliputi suami, isteri, dan anak (dalam pernikahan yang sah menurut hukum), orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga yang menetap dalam rumah tangga atau orang yang bekerja membantu rumah tangga dan menetap dalam rumah tangga tersebut,” katanya.

Ia juga menjelaskan kekerasan yang mungkin dialami dapat berupa kekerasan fisik, yaitu perbuatan yang mengakibatkan rasa sakit, jatuh sakit, atau luka berat, seperti didorong, dipukul, dijambak, ditendang, ditampar, dan lainnya.

Sementara Kekerasan psikis, yaitu perbuatan yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya, dan atau penderitaan psikis berat pada seseorang, seperti dihina, dicaci, diancam, dilarang berhubungan dengan keluarga atau teman.

Menurut Hana A Satriyo, kekerasan seksual, diantaranya pemaksaan hubungan seksual, dipaksa untuk terus melahirkan, atau pemaksaan hubungan seksual dengan tujuan komersial (melacurkan istri).

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Puasa, Ukurlah Lebih Dahulu Lingkar Pinggang Anda

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID - Bulan Ramadhan adalah bulan latihan fisik, mental dan spiritual yang dilakukan secara bersamaan, terus menerus...
narkoba

BNN Ungkap Sindikat Narkoba Jaringan Riau-Jakarta

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama dengan BNN Provinsi Riau membongkar sindikat narkoba jaringan Riau-Jakarta yang dikendalikan oleh seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan...

Indonesia Raih Runner Up Piala Uber

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Tim putri Indonesia menjadi runner up grup setelah pada pertandingan penyisihan turnamen bulu tangkis Piala Uber di Bangkok, Thailand, Rabu (23/5), harus...
KTP-el

Mendagri Minta Masyarakat Proaktif Rekam KTP-el

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta masyarakat yang belum merekam KTP elektronik (KTP-el) untuk proaktif merekam KTP-el sehingga bisa menggunakan hak...

Prabowo Kunjungi Anwar Ibrahim

KUALA LUMPUR, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Selasa malam (22/5), mengunjungi Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR), Datuk Seri Anwar Ibrahim...