Aksi Mogok Sopir Truk Tangki Pertamina Disayangkan

1
196
pertamina, truk tangki
Truk distribusi BBM Pertamina (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Aksi mogok sopir truk tangki bahan bakar minyak (BBM) disayangkan karena dilakukan bersamaan dengan musim mudik Lebaran saat kebutuhan energi meningkat sehubungan lonjakan lalu lintas barang dan orang.

“Aksi tersebut sangat disayangkan karena kalau pasokan BBM sebagai sumber energi terganggu maka lalu lintas barang dan orang juga akan mengalami gangguan yang luar biasa,” kata pengamat ekonomi INDEF, Drajad Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/6).

Drajad memahami bahwa para sopir truk tangki BBM tersebut membutuhkan perhatian. Tetapi, lanjut dia, jangan hanya karena tuntutan tersebut mereka memilih melakukan aksi mogok saat momen Lebaran.

“Seharusnya koordinator para sopir tidak hanya memikirkan kepentingan mereka, tetapi harus mementingkan masyarakat lebih luas,” kata Drajad.

Di sisi lain ia mengingatkan bahwa dampak mogok sangat tergantung jumlah pendemo. Jika dilakukan hanya beberapa orang, maka dampaknya tidak besar.

Namun kalau dalam jumlah banyak, tentu dampaknya luar biasa, bahkan bisa lebih parah dari kasus kemacetan Brexit tahun lalu.

“Tetapi saya percaya, Pertamina dan aparat tidak akan tinggal diam,” kata Drajad.

Sebelumnya, sedikitnya 2.500 Awak Mobil Tangki (AMT) di berbagai wilayah yang tergabung dalam Federasi Buruh Transport Pelabuhan Indonesia (FBTPI) melancarkan aksi mogok kerja pada 19 Juni hingga 26 Juni nanti.

Aksi itu merupakan protes terkait dengan dugaan pemecatan 414 AMT oleh perusahaan alih daya yang ditunjuk PT Pertamina Patra Niaga pada 26 Mei lalu.

Beberapa tuntutan mereka antara lain pencabutan status PHK serta mempekerjakan kembali kru yang di PHK sepihak, dan segera merubah status kru AMT jadi pekerja tetap.

PT Pertamina Patra Niaga merupakan perusahaan milik PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang perdagangan BBM, pengelolaan BBM, pengelolaan armada dan pengelolaan depot. (IwanY)

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Bersama Gerindra dan PKS, Nasdem Dukung Angket Pj Gubernur Jabar Yang Digulirkan Demokrat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai NasDem mendukung digulirkan Hak Angket untuk menyelidiki kebijakan pemerintah yang mengangkat Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa...
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...