Akademisi: Infrastruktur yang Baik Tingkatkan Potensi Perekonomian

PURWOKERTO, SERUJI.CO.ID – Infrastruktur berperan penting dalam pembangunan suatu negara karena mampu meningkatkan berbagai potensi perekonomian, kata Ketua Program Studi S-3 Ilmu Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Abdul Azis.

“Infrastruktur harus mampu meningkatkan mobilitas tenaga kerja dan mengurangi biaya kebutuhan bahan bakar setiap sektor ekonomi, khususnya industri,” katanya di Purwokerto, Jumat (29/12).

Dia menambahkan, infrastruktur yang mencakup “infrastruktur sosial” seperti sekolah dan rumah sakit serta “infrastruktur ekonomi” seperti sistem jaringan yang mencakup energi, air, transportasi, dan komunikasi digital, adalah bagian penting dalam keberhasilan ekonomi modern.

Meski demikian, dia mengingatkan bahwa para pemangku kebijakan perlu menperhatikan belanja infrastruktur, karena menurutnya, investasi infrastruktur yang berlebihan akan memberikan kontribusi negatif atau tidak memiliki nilai tambah berarti.

“Dalam kondisi demikian, investasi dalam infrastruktur justru akan menghambat pertumbuhan,” katanya.

Dia menyebutkan, tidak optimalnya belanja infrastruktur dapat disebabkan oleh beberapa hal.

“Misalnya, biaya ekonomi tinggi yang muncul ketika proyek berjalan dan tidak diprediksikan sebelumnya, serta tidak sinkronnya infrastruktur dengan kebutuhan lokal maupun tujuan jangka panjang, bisa juga karena faktor politis maupun faktor nonekonomi lainnya,” katanya.

Dia menambahkan, kebutuhan infrastruktur akan tergantung pada perencanaan jangka panjang dan kebijakan pembangunan, serta kebutuhan daerah.

“Jika untuk meningkatkan efisiensi layanan dan mendukung pertumbuhan, maka pengembangan interkoneksi layak untuk dikembangkan,” katanya.

Misalnya, katanya, pembangunan kereta api atau jalan tol yang menghubungkan antara kota dengan bandara atau pelabuhan.

“Jika kebutuhannya adalah mendorong aksesibilitas ekonomi digital, maka infrastruktur dalam broadband dan ICT akan memainkan peran penting,” pungkasnya. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

Bela UAS, Netizen Indonesia Banjiri Akun Medsos Pejabat Singapura

SERUJI.CO.ID - Akun media sosial Presiden Singapura Halimah Yacob...

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O