11 Suku Anak Dalam Masuk Islam dan Ikut Sunatan Massal

1
92
Suku Anak Dalam Jambi
Suku Anak Dalam Jambi. (Foto: Istimewa)

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Wakil Bupati Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi, H Hillalatil Badri menghadiri sekaligus jadi saksi pada acara pengislaman 11 Suku Anak Dalam (SAD) serta sunatan massal yang digelar di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Senin (11/12).

“Alhamdulillah kemarin saya hadir atas nama Pemerintah Kabupaten Sarolangun, dalam acara pengislaman 11 orang Suku Anak Dalam (SAD) Desa Bukit Suban,” kata Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil Badri, Selasa (12/12).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kepala Desa Bukit Suban, ada 11 orang suku anak dalam (SAD) yang masuk Islam atau Mualaf, terdiri dari delapan orang laki-laki dan tiga perempuan serta 23 anak anak Suku Anak Dalam yang mengikuti program sunat massal.

Loading...

“Selain melakukan acara mengislamkan anak-anak SAD tersebut, kita juga melaksanakan sunatan massal,” katanya.

Dalam acara tersebut setelah mengucapkan dua kalimat syahadat yang di pandu oleh Kyai Haji Hambali dan mereka resmi menganut agama Islam kemudian ke-11 SAD tersebut mengganti nama mereka masing-masing.

Adapun mereka yang berganti nama yaitu Budak Itam menjadi Muslim, Sanggul menjadi Syarifah, Bebanu jadi Azizah, Ngabun jadi Muhibbun, Ngading jadi Ma’aruf, Niram jadi Muslam, Niat Salam Andi Nahan menjadi Farhan, Bkarom jadi Muhtarom, Btuah menjadi Amrullah.

Setelah resmi memeluk agama Islam dan mengganti nama, ke 11 orang Suku Anak Dalam tersebut, juga melakukan sunat yang langsung saya saksikan Wakil Bupati.

Selain itu, Camat Air Hitam Suryadi mengatakan ke-11 SAD yang telah memeluk agama Islam itu terdiri dari delapan laki-laki dan tiga perempuan merupakan anak buah dari Temenggung Grib dan Temenggung Ngangkuih.

“Kemudian sebelas Anak SAD tersebut, mereka berasal dari anak buah Temenggung Grib dan Temenggung Ngangkuih mengikuti sunat massal,” kata Suryadi. (Ant/SU02)

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama