‘Words on Wheels’ Perpustakaan Keliling di Yogyakarta Diresmikan

0
104
Perpustakaan Keliling Words on Wheels
Siswa memilih buku di Perpustakaan Keliling Words on Wheels di SDN Timuran Yogyakarta, Senin (13/11/2017). (Foto: Hanif/SERUJI)

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Apakah Anda masih sering berkunjung ke perpustakaan? Di Yogyakarta, kini ada layanan perpustakaan keliling yang setiap hari melayani pembaca.

Layanan perpustakaan keliling ini mengusung nama ‘Words on Wheels’ atau disingkat WoW. WoW baru saja diresmikan pada Senin (13/11) dan siap menyambangi sekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta.

Pantauan SERUJI pada Senin, di halaman SDN Timuran Yogyakarta, WoW sudah menyambangi para siswa dan siap memberikan pelayanan perpustakaan bagi siswa dengan beragam koleksi buku.

Para siswa SDN Timuran tampak antusias dengan kehadiran perpustakaan keliling ini.

Tampak hadir, Yaacob Ibrahim selaku Menteri Komunikasi Informasi Singapura yang melihat kondisi perpustakaan keliling yang ada di SDN Timuran.

“Program WoW merupakan pustaka keliling yang diprakasrsai dan dikelola SIF (Singapore International Foundation, red) yang bertujuan menanamkan budaya membaca dan belajar bagi kalangan anak-anak dan remaja di masyarakat setempat,” kata Yaacob.

Yaacob menambahkan, program ini pertama kali diluncurkan pada 2011. Program WoW sudah diterapkan di Vietnam, Sri Lanka, dan Indonesia di Kota Bandung. Program ini telah diakses lebih dari 40 ribu siswa.

“Perpustakaan keliling biasa kami manfaatkan untuk mengembangkan anak-anak yang berhubungan dengan kegiatan literasi,” ujar Kepala Sekolah SDN Timuran Esti Kartini.

Sebelumnya perpustakaan keliling memang sudah ada, namun perpustakaan keliling sebelumnya merupakan program milik Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta.

Tidak hanya buku yang dibawa oleh perpustakaan keliling, Words on Wheels juga membawa serta beberapa laptop dan tablet, untuk menunjang kegiatan literasi yang telah disediakan oleh WoW.

Rafanita seorang murid SDN Timuran salah satu yang senang dengan adanya kehadiran WoW di sekolah mereka.

“Suka baca yang ada di tablet, soalnya lebih menarik,” ujar siswi kelas 6 tersebut.

Kedepanya, Words on Wheels tidak hanya akan menyambangi SD saja, namun juga SMP dan SMA. (Hanif/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Terkait SP3 Kasus Habib Rizieq, Jokowi: Tidak Ada Intervensi Pemerintah

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menegaskan bahwa tidak ada intervensi pemerintah dalam penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus dugaan "chat" berkonten pornografi yang melibatkan...

Kemendagri Dukung Ketegasan Kapolri Menjaga Netralitas Polri di Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri menyatakan mendukung ketegasan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam menjaga netralitas Pilkada di Maluku. "Tentu kami 'respect' dan mendukung atas...

Bantah Karena Ketidaknetralan, Polri Enggan Jelaskan Alasan Mutasi Wakapolda Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membantah mutasi jabatan Brigjen Pol Hasanuddin sebagai Wakapolda Maluku akibat ketidaknetralan Hasanuddin dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan...

Hari Pertama Masuk Kerja, Wali Kota Langsa Pimpin Apel Bersama

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID  - Hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri, Wali Kota Langsa Tgk. Usman Abdullah memimpin apel bersama dalam rangka halal...

Hari Pertama Masuk Kerja, 100 PNS Malah Bolos

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 100 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran 2018 dinyatakan absen. "Dari...