‘Words on Wheels’ Perpustakaan Keliling di Yogyakarta Diresmikan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Apakah Anda masih sering berkunjung ke perpustakaan? Di Yogyakarta, kini ada layanan perpustakaan keliling yang setiap hari melayani pembaca.

Layanan perpustakaan keliling ini mengusung nama ‘Words on Wheels’ atau disingkat WoW. WoW baru saja diresmikan pada Senin (13/11) dan siap menyambangi sekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta.

Pantauan SERUJI pada Senin, di halaman SDN Timuran Yogyakarta, WoW sudah menyambangi para siswa dan siap memberikan pelayanan perpustakaan bagi siswa dengan beragam koleksi buku.

Para siswa SDN Timuran tampak antusias dengan kehadiran perpustakaan keliling ini.

Tampak hadir, Yaacob Ibrahim selaku Menteri Komunikasi Informasi Singapura yang melihat kondisi perpustakaan keliling yang ada di SDN Timuran.

“Program WoW merupakan pustaka keliling yang diprakasrsai dan dikelola SIF (Singapore International Foundation, red) yang bertujuan menanamkan budaya membaca dan belajar bagi kalangan anak-anak dan remaja di masyarakat setempat,” kata Yaacob.

Yaacob menambahkan, program ini pertama kali diluncurkan pada 2011. Program WoW sudah diterapkan di Vietnam, Sri Lanka, dan Indonesia di Kota Bandung. Program ini telah diakses lebih dari 40 ribu siswa.

“Perpustakaan keliling biasa kami manfaatkan untuk mengembangkan anak-anak yang berhubungan dengan kegiatan literasi,” ujar Kepala Sekolah SDN Timuran Esti Kartini.

Sebelumnya perpustakaan keliling memang sudah ada, namun perpustakaan keliling sebelumnya merupakan program milik Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta.

Tidak hanya buku yang dibawa oleh perpustakaan keliling, Words on Wheels juga membawa serta beberapa laptop dan tablet, untuk menunjang kegiatan literasi yang telah disediakan oleh WoW.

Rafanita seorang murid SDN Timuran salah satu yang senang dengan adanya kehadiran WoW di sekolah mereka.

“Suka baca yang ada di tablet, soalnya lebih menarik,” ujar siswi kelas 6 tersebut.

Kedepanya, Words on Wheels tidak hanya akan menyambangi SD saja, namun juga SMP dan SMA. (Hanif/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anak Mudah Tersinggung dan Hilang Kontrol, Apa Yang Harus Dilakukan Ortu?

Anak saya pelajar, wanita, umur 15 tahun, sudah berjalan 2 bulan, berobat jalan di RJS Lawang, Malang. Tapi dia masih besar ketersinggungan, kesalah pahaman dalam menerima omongan dan perkataan orang lain.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

Akhirnya, Dahnil Anzar Bergabung di Pemerintahan Jokowi Sebagai Staf Khusus Menteri Pertahanan

Dahnil yang dikenal sangat keras mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi sebelumnya, mengaku baru ia yang ditunjuk Prabowo sebagai staf khusus yang berwenang di bidang Komunikasi publik pada bidang sosial ekonomi dan hubungan antara lembaga.

TERPOPULER

Akhirnya, Dahnil Anzar Bergabung di Pemerintahan Jokowi Sebagai Staf Khusus Menteri Pertahanan

Dahnil yang dikenal sangat keras mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi sebelumnya, mengaku baru ia yang ditunjuk Prabowo sebagai staf khusus yang berwenang di bidang Komunikasi publik pada bidang sosial ekonomi dan hubungan antara lembaga.

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

close