‘Words on Wheels’ Perpustakaan Keliling di Yogyakarta Diresmikan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Apakah Anda masih sering berkunjung ke perpustakaan? Di Yogyakarta, kini ada layanan perpustakaan keliling yang setiap hari melayani pembaca.

Layanan perpustakaan keliling ini mengusung nama ‘Words on Wheels’ atau disingkat WoW. WoW baru saja diresmikan pada Senin (13/11) dan siap menyambangi sekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta.

Pantauan SERUJI pada Senin, di halaman SDN Timuran Yogyakarta, WoW sudah menyambangi para siswa dan siap memberikan pelayanan perpustakaan bagi siswa dengan beragam koleksi buku.

Para siswa SDN Timuran tampak antusias dengan kehadiran perpustakaan keliling ini.

Tampak hadir, Yaacob Ibrahim selaku Menteri Komunikasi Informasi Singapura yang melihat kondisi perpustakaan keliling yang ada di SDN Timuran.

“Program WoW merupakan pustaka keliling yang diprakasrsai dan dikelola SIF (Singapore International Foundation, red) yang bertujuan menanamkan budaya membaca dan belajar bagi kalangan anak-anak dan remaja di masyarakat setempat,” kata Yaacob.

Yaacob menambahkan, program ini pertama kali diluncurkan pada 2011. Program WoW sudah diterapkan di Vietnam, Sri Lanka, dan Indonesia di Kota Bandung. Program ini telah diakses lebih dari 40 ribu siswa.

“Perpustakaan keliling biasa kami manfaatkan untuk mengembangkan anak-anak yang berhubungan dengan kegiatan literasi,” ujar Kepala Sekolah SDN Timuran Esti Kartini.

Sebelumnya perpustakaan keliling memang sudah ada, namun perpustakaan keliling sebelumnya merupakan program milik Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta.

Tidak hanya buku yang dibawa oleh perpustakaan keliling, Words on Wheels juga membawa serta beberapa laptop dan tablet, untuk menunjang kegiatan literasi yang telah disediakan oleh WoW.

Rafanita seorang murid SDN Timuran salah satu yang senang dengan adanya kehadiran WoW di sekolah mereka.

“Suka baca yang ada di tablet, soalnya lebih menarik,” ujar siswi kelas 6 tersebut.

Kedepanya, Words on Wheels tidak hanya akan menyambangi SD saja, namun juga SMP dan SMA. (Hanif/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.