Pemkot Padang Jadikan Lomba ‘Gowes Siti Nurbaya’ Persiapan Tour de Singkarak

0
113
Mahyeldi Gowes
Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah pada sosialisasi persiapan 'Gowes Siti Nurbaya Adventure'. (Foto: FB Rizal Pilano)

PADANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Padang, Sumbar, menjadikan gelaran lomba bersepeda “Gowes Siti Nurbaya Adventure” pada 29 Oktober nanti sebagai persiapan rute ajang balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) November 2017.

“Dengan tema yang sama yakni lomba sepeda, kegiatan Gowes menjadi cerminan kesiapan Padang gelar ajang balap sepeda dunia itu,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Padang, Azwin di Padang, Senin (9/10).

Salah satu aspek yang dipersiapkan yakni kondisi trek pada lomba mendatang, khususnya wilayah di sepanjang pantai Padang, Air Manis dan Teluk Bayur yang nantinya juga jadi rute Tour de Singkarak.

Kemudian dari aspek pariwisata, kegiatan Gowes akan diikuti oleh 3.000 peserta. Hal ini tentu sekaligus akan menjadi bahan evaluasi kesiapan infrastruktur wisata di Padang.

“Bagi atlet yang ikut serta bisa jadi ajang pemanasan, seperti atlet pelatnas yang mungkin ambil bagian,” ujarnya.

Secara prinsip Gowes Siti Nurbaya lebih menekankan pada kegiatan olahraga santai dibalut dengan sajian wisata.

“Diharapkan Gowes ini menjadi kegiatan rutin olahraga sekaligus wisata di Padang sama halnya TdS yang lebih menekankan pada lomba,” sebutnya.

Salah satu penggagas TdS James Hellyward mengatakan bahwa ajang balap sepeda dunia ini bertujuan awal sebagai upaya mengenalkan Sumatera Barat ke dunia internasional. Dalam waktu singkat animonya cukup tinggi, dan perlahan ajang ini menjadi lomba balap sepeda yang diminati pembalap dunia. (Ant/SU03)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU