Bonek Dan Perjuangannya Demi Persebaya

0
40
Persebaya
Persebaya Surabaya Juara Liga 2, dan lolos ke Liga 1 pada kompetisi berikutnya. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Persebaya Surabaya baru saja mencatat sejarah dengan menjuarai Liga 2 setelah mengalahkan PSMS Medan 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 28 November lalu.

Keesokan harinya, pesta besar-besaran pun dilakukan publik Kota Pahlawan, mulai penyambutan istimewa di Bandar Udara Internasional Juanda, konvoi menggunakan jeep terbuka dengan suporter militannya, Bonekmania, serta panggung hiburan yang digelar di depan Graha Pena, markas salah satu perusahaan media pemegang saham mayoritas Persebaya.

Manajemen Persebaya juga menyiapkan pertandingan ekshibisi bertajuk “Celebration Game” dan menunjuk PSS Sleman sebagai lawan tanding uji coba pertamanya.

Tim “Elang Jawa”, julukan PSS, langsung menyiapkan tim dan hanya empat hari waktu yang dibutuhkan Seto Nurdiantoro selaku asisten pelatih sekaligus legenda hidup PSS menyiapkan komposisi pemain.

Termasuk pemain-pemain anyar PSS Sleman seperti eks striker Timnas Indonesia, Yongki Ariwibowo dan penyerang jebolan Timnas U-19, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

Ada juga bek kanan Timnas Indonesia U-19, Dedi Tri Maulana, kemudian nama-nama pemain asal Liga 1, seperti Muhammad Ilhamul Irhas (Persiba Balikpapan), Antony Putro Nugroho (Bhayangkara FC), Indra Permana (Sriwijaya FC), Firmansyah (Madura United), sampai mantan gelandang PS TNI, Wawan Febrianto.

PSS Sleman belum lama juga menunjuk pelatih kepala baru, Heri Kiswanto, untuk membawa tim lolos ke Liga 1 musim depan setelah gagal di 16 besar Liga 2 musim kompetisi lalu.

Hari H pelaksanaan laga tersebut, Sabtu, 9 Desember 2017, sukses digelar. Selain ditayangkan salah satu televisi swasta nasional, rekor jumlah penonton terpecahkan, yakni lebih dari 50 ribu pasang mata berada di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Ini lebih banyak dari laga uji coba Persebaya di persiapan Liga 2 bertajuk “Homecoming” menghadapi PSIS Semarang yang disaksikan hampir 50 ribu orang, serta laga resmi menghadapi Persigo Semeru FC yang mencatatkan 46.359 penonton.

Kesuksesan lainnya adalah hasil pertandingan berkesudahan dengan skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah melalui gol-gol yang dicetak Irfan Jaya menit ke-3 dan menit ke-82 oleh Kurniawan Karman, serta gol lawan yang diceploskan Dani menit ke-39.

Akan tetapi, terlepas dari kesuksesan tersebut menyisakan masalah mulai dari persiapan maupun pada pelaksanaan laga, khususnya di luar stadion.

Permasalahan awal, sejak panitia mengumumkan penjualan tiket, 5 Desember, hanya dalam jangka dua hari sudah ditutup alias ludes.

Padahal panitia pelaksana menyediakan 50 ribu lembar tiket seharga Rp 35 ribu untuk kategori fans dan Rp 250 ribu untuk super fans atau sama seperi laga-laga Persebaya di Liga 2.

Panpel sendiri secara khusus juga menyediakan jatah tiket untuk suporter PSS sebanyak 3.000 lembar.

“Dulur (saudaraku) jangan khawatir masih bisa membeli tiket Super Fans atau menonton via official MNC,” tulis Official Persebaya melalui akun twitter official Persebaya, 7 Desember.

Komentar

BACA JUGA
Sekolah Pranikah

Kasus Perceraian Tinggi di Surabaya, Pemkot Adakan Sekolah Pranikah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Tingginya kasus perceraian di Kota Surabaya, mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) mengadakan pembekalan bagi muda-mudi warga Surabaya yang hendak melangsungkan pernikahan. Dengan mengambil...
Sudirman Said.

Sudirman Optimis Pangkas 13 Persen Kemiskinan Jateng

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Sudirman Said optimistis memangkas angka kemiskinan Jawa Tengah yang saat ini masih mencapai 13 persen menjadi 6 persen nantinya...

Tidak Lolos Peserta Pemilu 2019, PBB Akan Ajukan Gugatan ke Bawaslu

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan pihaknya akan mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait tidak...
AHY

Demokrat Tunjuk Agus Harimurti Sebagai Kogasma

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai Demokrat menunjuk Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) untuk persiapan Pemilu 2019 serta memenangkan Pilkada Serentak 2018...

Rute Wisata Transjakarta Ditambah Selama Asian Games

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana menambah rute wisata bus Transjakarta selama penyelenggaraan Asian Games 2018. "Selama berlangsung Asian Games, kami akan menambah...
loading...
Ilustrasi

Sudah Tepatkah Berlomba-lomba Membuka Minimarket Ummat?

Gegap gempita ummat berjamaah mendirikan Koperasi dengan usaha minimarket perlu diapresiasi. Pasalnya telah tumbuh kesadaran bagaimana menumbuhkan ekonomi ummat supaya lebih berdaya di negeri...
IMG20180217143208

Mengenal Istana Kuning di Kabupaten Kotawaringin Barat

Kotawaringin Barat - Terlintas dalam benak kita sebutan Istana Kuning maka warnanya akan kuning semua. Namun beda dengan Istana Kuning yang berada di tengah...
IMG_20180214_093436_928

Pilkada Calon Tunggal, Demokratiskah?

Pemilihan kepala daerah serentak sudah dalam hitungan bulan lagi.  Harapan akan pesta demokrasi dengan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan calon pemimpin daerahnya.  Begitu juga...