Bonek Dan Perjuangannya Demi Persebaya

0
89
Persebaya
Persebaya Surabaya Juara Liga 2, dan lolos ke Liga 1 pada kompetisi berikutnya. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID –¬†Persebaya Surabaya baru saja mencatat sejarah dengan menjuarai Liga 2 setelah mengalahkan PSMS Medan 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 28 November lalu.

Keesokan harinya, pesta besar-besaran pun dilakukan publik Kota Pahlawan, mulai penyambutan istimewa di Bandar Udara Internasional Juanda, konvoi menggunakan jeep terbuka dengan suporter militannya, Bonekmania, serta panggung hiburan yang digelar di depan Graha Pena, markas salah satu perusahaan media pemegang saham mayoritas Persebaya.

Manajemen Persebaya juga menyiapkan pertandingan ekshibisi bertajuk “Celebration Game” dan menunjuk PSS Sleman sebagai lawan tanding uji coba pertamanya.

Loading...

Tim “Elang Jawa”, julukan PSS, langsung menyiapkan tim dan hanya empat hari waktu yang dibutuhkan Seto Nurdiantoro selaku asisten pelatih sekaligus legenda hidup PSS menyiapkan komposisi pemain.

Termasuk pemain-pemain anyar PSS Sleman seperti eks striker Timnas Indonesia, Yongki Ariwibowo dan penyerang jebolan Timnas U-19, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

Ada juga bek kanan Timnas Indonesia U-19, Dedi Tri Maulana, kemudian nama-nama pemain asal Liga 1, seperti Muhammad Ilhamul Irhas (Persiba Balikpapan), Antony Putro Nugroho (Bhayangkara FC), Indra Permana (Sriwijaya FC), Firmansyah (Madura United), sampai mantan gelandang PS TNI, Wawan Febrianto.

PSS Sleman belum lama juga menunjuk pelatih kepala baru, Heri Kiswanto, untuk membawa tim lolos ke Liga 1 musim depan setelah gagal di 16 besar Liga 2 musim kompetisi lalu.

Hari H pelaksanaan laga tersebut, Sabtu, 9 Desember 2017, sukses digelar. Selain ditayangkan salah satu televisi swasta nasional, rekor jumlah penonton terpecahkan, yakni lebih dari 50 ribu pasang mata berada di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Ini lebih banyak dari laga uji coba Persebaya di persiapan Liga 2 bertajuk “Homecoming” menghadapi PSIS Semarang yang disaksikan hampir 50 ribu orang, serta laga resmi menghadapi Persigo Semeru FC yang mencatatkan 46.359 penonton.

Kesuksesan lainnya adalah hasil pertandingan berkesudahan dengan skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah melalui gol-gol yang dicetak Irfan Jaya menit ke-3 dan menit ke-82 oleh Kurniawan Karman, serta gol lawan yang diceploskan Dani menit ke-39.

Akan tetapi, terlepas dari kesuksesan tersebut menyisakan masalah mulai dari persiapan maupun pada pelaksanaan laga, khususnya di luar stadion.

Permasalahan awal, sejak panitia mengumumkan penjualan tiket, 5 Desember, hanya dalam jangka dua hari sudah ditutup alias ludes.

Padahal panitia pelaksana menyediakan 50 ribu lembar tiket seharga Rp 35 ribu untuk kategori fans dan Rp 250 ribu untuk super fans atau sama seperi laga-laga Persebaya di Liga 2.

Panpel sendiri secara khusus juga menyediakan jatah tiket untuk suporter PSS sebanyak 3.000 lembar.

“Dulur (saudaraku) jangan khawatir masih bisa membeli tiket Super Fans atau menonton via official MNC,” tulis Official Persebaya melalui akun twitter official Persebaya, 7 Desember.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama