Timnas U-19 Indonesia Dikalahkan Qatar Dalam Drama 11 Gol

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áTimnas U-19 Indonesia harus mengakui keunggulan Qatar dalam drama 11 gol pada laga kedua penyisihan Grup A Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Ahad (21/10). Indonesia kalah tipis 5-6.

Enam gol Qatar dicetak oleh Hashim Ali (7′, 51′), Abdulrasheed Umaru (14′, 41′, 56′) dan Mohammed Waad (24′).

Sementara di kubu Indonesia Todd Ferre membuat hattrick pada menit ke-65, 72′, dan 80′, serta dua gol lainnya ditorehkan gelandang Muhammad Luthfi Kamal (28′), dan Saddil Ramdani (68′).

Hasil ini membuat Indonesia turun ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi tiga poin. Indonesia kalah head to head dari Qatar di peringkat kedua. Di posisi pertama ada Uni Emirat Arab dengan enam poin dan juru kunci dihuni Taiwan.


Indonesia sejatinya memulai laga dengan baik. Menerapkan umpan-umpan pendek dan mencoba menguasai laga, Indonesia sempat membuat pertahanan Qatar kewalahan pada lima menit awal pertandingan.

Namun, situasi berubah pada menit ke-11 setelah bek Qatar Hashim Ali mencetak gol ke gawang Indonesia. Gol terjadi setelah bek Nurhidayat Haji Haris gagal mengantisipasi umpan dari sisi kiri pertahanan Indonesia yang membuat bola sampai ke kaki Hashim.

Setelah gol itu, barisan pertahanan Indonesia tampak gugup dan kembali melakukan kesalahan di menit ke-14. Penyerang Qatar Abdulrasheed Umaru sukses memanfaatkan itu untuk mencetak gol dan mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Indonesia yang terus berusaha mendapatkan gol justru lagi-lagi kebobolan pada menit ke-24. Kali ini Mohammed Waad yang mencatatkan namanya di papan skor setelah bola hasil tendangan jarak jauhnya membentur tubuh Nurhidayat Haji Haris dan masuk ke gawang Indonesia yang dikawal Muhamad Riyandi.

Anak-anak asuh pelatih Indra Sjafri baru dapat memperkecil jarak menjadi 1-3 usai Muhammad Luthfi menjebol gawang Qatar dari tendangan bebas dari luar kotak penalti di menit ke-28.

Sempat mendapatkan kesempatan mencetak gol di menit ke-31 melalui Egy Maulana Vikri, Indonesia menelan pil pahit pada menit ke-41 karena sepakan keras Abdulrasheed Umaru melesak mulus ke gawang Muhamad Riyandi.

Hingga pertandingan memasuki masa jeda, Indonesia tertinggal dengan skor 1-4.

Berlanjut ke babak kedua, masalah lini belakang Indonesia masih belum membaik.

Enam menit babak kedua berjalan, Qatar menghadirkan gol melalui Hashim Ali yang menjadi gol keduanya di partai tersebut. Lima menit kemudian, giliran Abdulrasheed yang mencetak gol ketiganya di pertandingan tersebut dan membuat skor menjadi 6-1.

Akan tetapi, ketika pertandingan seolah usai dengan kekalahan telak untuk Indonesia, skuad Garuda Nusantara seolah bangkit dari tidurnya dan mencetak empat gol tambahan.

Diawali gol via tendangan bebas Todd Ferre, yang masuk menggantikan Rafli Mursalim, di menit ke-65. Indonesia kemudian kembali menorehkan gol, juga dari tendangan bebas di menit ke-68 yang dieksekusi Saddil Ramdani.

Todd Ferre menunjukkan kelasnya di menit ke-72. Meliuk-liuk di antara pemain Qatar, ia berhasil menemukan ruang untuk menembak bola yang masuk ke gawang yang dijaga kiper Salah Zakaria.

Pertandingan semakin panas dan sorak sorai penonton makin keras terdengar seiring skor yang sudah 4-6.

Indonesia terus menekan hingga menciptakan gol lagi di menit ke-80 melalui Todd Ferre.

Dalam kedudukan 5-6, laga beberapa kali dihentikan kaarena pemain Qatar terjatuh dan meminta bantuan, yang diduga kram.

Tensi yang semakin tinggi di sisa laga membuat hampir seluruh penonton berdiri dari bangkunya berharap ada gol lainnya dari Indonesia. Akan tetapi, tak ada gol tambahan sampai akhir pertandingan.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-19 Indonesia: Muhamad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris (kapten, 46′, Indra Mustafa), Rachmat Irianto, Firza Andika, Muhammad Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani (84′, Feby Eka), Muhammad Rafli Mursalim (55′, Todd Ferre).

Timnas U-19 Qatar: Salah Zakaria Hassan, Nasir Peer Baksh (kapten), Ahmed Albakheet, Abdollah Ali Saei, Youssef Ayman, Abdulrasheed Umaru, Khaled Mohammed M (83′, Nasser Al Yazidi). Saleh, Abdulla Nasser (62′, Ahmed Alganehi), Hashim Ali (79′, Eisa Ahmad Palangi), Mohammed Waad Albayati, Ahmed Suhail.

KONSULTASI

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Sesalkan Persekusi Terhadap Jurnalis Saat Acara ‘Munajat 212’, PWI Minta Polisi Usut Tuntas

PWI kecam kekerasan terhadap jurnalis saat acara Munajat 212, minta polisi usut tuntas.

Kampanye di Lembaga Pendidikan, Caleg PSI Ditetapkan Sebagai Tersangka

Caleg PSI jadi tersangka pidana pemilu.

The Habibie Center: Sudirman Harus Buktikan Pertemuan Rahasia Jokowi-Bos Freeport

Pengamat menilai Sudirman harus ungkap bukti-bukti dari pernyataannya, apalagi ada yang bertolak belakang dari yang disampaikan pada 2015 silam.

AJI Kecam Oknum Beratribut Ormas Lakukan Kekerasan Pada Jurnalis Saat Munajat 212

Sejumlah jurnalis mengalami persekusi yang diduga dilakukan oknum dengan atribut sebuah ormas saat acara Malam Munajat 212.

Ulama dan Tokoh Politik Bersama Ummat Penuhi Kawasan Monas dalam Munajat 212

Kawasan monas dipenuhi ummat yang hadiri Munajat 212.

Kampanye di Lembaga Pendidikan, Caleg PSI Ditetapkan Sebagai Tersangka

Caleg PSI jadi tersangka pidana pemilu.

The Habibie Center: Sudirman Harus Buktikan Pertemuan Rahasia Jokowi-Bos Freeport

Pengamat menilai Sudirman harus ungkap bukti-bukti dari pernyataannya, apalagi ada yang bertolak belakang dari yang disampaikan pada 2015 silam.

Ulama dan Tokoh Politik Bersama Ummat Penuhi Kawasan Monas dalam Munajat 212

Kawasan monas dipenuhi ummat yang hadiri Munajat 212.

Ombudsman Tegaskan Lahan Prabowo Bukan HGU Tapi HPHTI

Akhirnya setelah ditelusuri, Ombudsman memastikan lahan yang dikuasai Prabowo adalah HPHTI, bukan HGU.

TERPOPULER

Nilai Para Camat Tidak Kampanyekan Jokowi, Begini Alasan Wali Kota Makassar

Wali Kota Makassar nilai para camat yang ada di video dukung Jokowi, tidak sedang kampanye.

TKN Jokowi Sesalkan Terjadinya Ledakan di Dekat Lokasi Nobar Saat Debat Capres

Begini pendapat TKN Jokowi terkait ledakan di lokasi nobar pendukung 01

Merasa Diperlakukan Tidak Adil, Ketua DPC Gerindra Gunung Kidul Akan Gugat KPU

Ketua DPC Partai Gerindra Gunung Kidul, Ngadiyono Ngadiyono mempertanyakan keputusan KPU Gunung Kidul yang mencoret namanya sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari Daftar Calon Tetap Pemilu 2019.

Sudah Diundang Tapi Tak Hadir di Tanwir, IMM Nilai Prabowo Abaikan Muhammadiyah

Prabowo tidak hadiri undangan Tanwir Muhammadiyah, DPP IMM menyayangkan. Begini katanya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI