Timnas Indonesia Taklukkan Kamboja 2-0

0
108
timnas indonesia
Timnas Indonesia

PHNOM PENH – Tim nasional (Timnas) Indonesia berhasil menaklukkan Kamboja dengan skor 2-0 pada laga persahabatan di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamis (8/6).

Dua gol Timnas Indonesia dicetak oleh Irfan Bachdim pada menit ke-26 dan Gian Zola pada menit ke-94.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas Indonesia Luis Milla menurunkan lima pemain senior, yaitu Kurnia Meiga, Fachruddin, Adam Alis, Bayu Pradana, dan Irfan Bachdim.

Indonesia sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-12 melalui penyerang tengah Marinus Manewar. Bola liar di kotak penalti Kamboja berhasil dilambungkannya ke gawang kosong. Akan tetapi, bola berhasil disapu bek Nub Tola ke luar lapangan persis di bibir gawang.

Gol perdana Indonesia datang saat serangan dilancarkan ke sisi kanan pertahanan Kamboja pada menit ke-26. Irfan, yang beroperasi di sayap kiri, berhasil mengecoh salah satu pemain lawan di dalam kotak penalti, Bachdim melepaskan tendangan dari sudut sempit yang membuat bola sulit ditepis Sou Yaty.

Kamboja yang mengandalkan pemain divisi tiga Liga Jepang Chan Vathanaka berusaha membalas. Akan tetapi, tekanan demi tekanan urung berhasil.

Pada menit ke-42, Indonesia nyaris mencetak gol kedua. Sou Yaty melakukan blunder saat menangkap bola hasil umpan Febri, namun dengan sigap menangkapnya kembali.

Indonesia kemudian terus menguasai pertandingan, tetapi tak mampu menambah gol hingga waktu jeda.

Usai jeda, pelatih Luis Milla memainkan Hanif Sjahbandi untuk menggantikan Hargianto. Selain taktikal, pergantian tersebut dikarenakan Hargianto sudah mendapat kartu kuning.

Awalnya permainan berlangsung dengan tempo sedang. Bola sering berkutat di lini tengah. Namun, pada menit ke-59, Indonesia menggebrak pertahanan lawan melalui “solo run” Adam Alis yang melewati beberapa pemain lawan.

Namun, sayangnya upaya yang diakhiri dengan umpan ke Febri Hariyadi itu gagal menemui gawang karena bola dari tendangan Febri melayang di atas gawang Kamboja.

Sepuluh menit kemudian, Milla melakukan perubahan di lini depan. Dia memasukkan Yabes Roni untuk menggantikan Bachdim.

Yabes Roni berhasil menusuk ke kotak penalti dari sisi kiri pertahanan lawan. Namun, umpan Yabes ke tengah tidak menemui satupun rekannya.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan Bayu Pradana dan kawan-kawan. Timnas mendominasi laga.

Pada menit ke-80, Septian David Maulana menyisir dari sayap kiri, melewati pemain lawan dan tinggal berhadapan dengan kiper. Akan tetapi, tendangannya masih dapat diblok oleh penjaga gawang.

Beberapa peluang lain diciptakan Indonesia. Perjuangan mereka membuahkan hasil pada masa injury time.

Pada menit ke-90+4, pertahanan renggang Kamboja sukses digempur oleh punggawa timnas yang berakhir dengan tendangan kaki kiri Gian Zola. Bola berhasil melesat masuk ke pojok kanan bawah gawang Kamboja tanpa bisa dihalau kiper Sou Yaty.

Skor 2-0 pun bertahan sampai peluit akhir dibunyikan wasit asal Thailand Sassadee Warintorn.

Pada laga berikutnya, timnas Indonesia akan berhadapan dengan timnas Puerto Rico pada laga persahabatan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/6). (IwanY)

Komentar

BACA JUGA

Disdik Jateng Fasilitasi Pindah Sekolah Siswa Yang Dikeluarkan SMAN 1 Semarang

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah memfasilitasi dua siswa yang dikeluarkan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang untuk melanjutkan pendidikan di SMA...

Terkait Siswa Yang Dikeluarkan, Disdik Anggap SMAN 1 Semarang Sesuai Prosedur

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah menyatakan langkah yang dilakukan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dengan mengeluarkan dua siswanya sudah sesuai prosedur. "Setiap...

Berikut Kronologi dari Orang Tua Yang Anaknya Dipaksa Mundur dari Sekolah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dua siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dikeluarkan dari sekolah karena tuduhan menganiaya junior saat pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepemimpinan. "Kebetulan,...

Dikeluarkan dari Sekolah Karena Diduga Aniaya Adik Kelas, Siswa Ini Mengadu ke Ombudsman

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Anindya Puspita Helga Nur Fadhila, Siswa SMAN I Kota Semarang yang dikeluarkan dari sekolah atas dugaan penganiayaan terhadap adik kelasnya akan mengadu...
Orang tenggelam

Terjatuh di Sungai Dekat Kampus, 2 Mahasiswa IPB Tewas Tenggelam

BOGOR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak dua mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, meninggal dunia akibat tenggelam di aliran sungai yang berada di lingkungan kampus, Ahad...
loading...
Green Action - JRC 9

Green Action di Taman Harmoni, Sampah Jadi Emas

Warna Keputih, Sukolilo Surabaya, 6 tahun lebih yang lalu terbiasa dengan bau sampah yang menyengat. Bau busuk semakin menusuk kala hujan tiba. Namun, sejak beberapa...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...