Timnas Indonesia Taklukkan Kamboja 2-0

0
96
timnas indonesia
Timnas Indonesia

PHNOM PENH – Tim nasional (Timnas) Indonesia berhasil menaklukkan Kamboja dengan skor 2-0 pada laga persahabatan di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamis (8/6).

Dua gol Timnas Indonesia dicetak oleh Irfan Bachdim pada menit ke-26 dan Gian Zola pada menit ke-94.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas Indonesia Luis Milla menurunkan lima pemain senior, yaitu Kurnia Meiga, Fachruddin, Adam Alis, Bayu Pradana, dan Irfan Bachdim.

Indonesia sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-12 melalui penyerang tengah Marinus Manewar. Bola liar di kotak penalti Kamboja berhasil dilambungkannya ke gawang kosong. Akan tetapi, bola berhasil disapu bek Nub Tola ke luar lapangan persis di bibir gawang.

Gol perdana Indonesia datang saat serangan dilancarkan ke sisi kanan pertahanan Kamboja pada menit ke-26. Irfan, yang beroperasi di sayap kiri, berhasil mengecoh salah satu pemain lawan di dalam kotak penalti, Bachdim melepaskan tendangan dari sudut sempit yang membuat bola sulit ditepis Sou Yaty.

Kamboja yang mengandalkan pemain divisi tiga Liga Jepang Chan Vathanaka berusaha membalas. Akan tetapi, tekanan demi tekanan urung berhasil.

Pada menit ke-42, Indonesia nyaris mencetak gol kedua. Sou Yaty melakukan blunder saat menangkap bola hasil umpan Febri, namun dengan sigap menangkapnya kembali.

Indonesia kemudian terus menguasai pertandingan, tetapi tak mampu menambah gol hingga waktu jeda.

Usai jeda, pelatih Luis Milla memainkan Hanif Sjahbandi untuk menggantikan Hargianto. Selain taktikal, pergantian tersebut dikarenakan Hargianto sudah mendapat kartu kuning.

Awalnya permainan berlangsung dengan tempo sedang. Bola sering berkutat di lini tengah. Namun, pada menit ke-59, Indonesia menggebrak pertahanan lawan melalui “solo run” Adam Alis yang melewati beberapa pemain lawan.

Namun, sayangnya upaya yang diakhiri dengan umpan ke Febri Hariyadi itu gagal menemui gawang karena bola dari tendangan Febri melayang di atas gawang Kamboja.

Sepuluh menit kemudian, Milla melakukan perubahan di lini depan. Dia memasukkan Yabes Roni untuk menggantikan Bachdim.

Yabes Roni berhasil menusuk ke kotak penalti dari sisi kiri pertahanan lawan. Namun, umpan Yabes ke tengah tidak menemui satupun rekannya.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan Bayu Pradana dan kawan-kawan. Timnas mendominasi laga.

Pada menit ke-80, Septian David Maulana menyisir dari sayap kiri, melewati pemain lawan dan tinggal berhadapan dengan kiper. Akan tetapi, tendangannya masih dapat diblok oleh penjaga gawang.

Beberapa peluang lain diciptakan Indonesia. Perjuangan mereka membuahkan hasil pada masa injury time.

Pada menit ke-90+4, pertahanan renggang Kamboja sukses digempur oleh punggawa timnas yang berakhir dengan tendangan kaki kiri Gian Zola. Bola berhasil melesat masuk ke pojok kanan bawah gawang Kamboja tanpa bisa dihalau kiper Sou Yaty.

Skor 2-0 pun bertahan sampai peluit akhir dibunyikan wasit asal Thailand Sassadee Warintorn.

Pada laga berikutnya, timnas Indonesia akan berhadapan dengan timnas Puerto Rico pada laga persahabatan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/6). (IwanY)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Airlangga Hartarto

Pleno Tunjuk Airlangga Hartarto Sebagai Ketua Umum Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Pleno Partai Golkar, Rabu (13/12) malam, memutuskan menunjuk Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar definitif menggantikan Setya Novanto yang kini tengah...
setnov, FPG

Perbuatan Setya Novanto Untungkan Orang dan Korporasi, Inilah Daftarnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menyebut perbuatan Setya Novanto menguntungkan orang lain dan korporasi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP-Elektronik (KTP-el). "Selain...
Jokowi

Indonesia Sampaikan Enam Usulan OKI Terkait Yerusalem

ISTANBUL, SERUJI.CO.ID - Indonesia mengusulkan enam poin usulan penting sikap negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam terkait pengakuan AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. "Pertama,...

KANAL WARGA TERBARU

images(14)

Jangan Terlalu Berharap Dengan Hukum

Tulisan ini acap kali menjadi perbincangan hangat banyak pihak, khususnya masyarakat menengah kebawah. Meski tak semuanya benar, namun sesuai fakta yang dialami banyak pihak...

Calon Haji Pasca Stroke Ini Tetap Ingin Berangkat Haji

WONOGIRI - Bisa menunaikan rukun iman yang kelima merupakan dambaan setiap muslim di seluruh dunia tak terkecuali muslim indonesia. Bahkan mereka yang secara fisik lemahpun...
4e3443b2632b8e8a4ea012759bd78a3e4f282447

Belajar Jadi Makmum Kalau Ingin Beriman

Shalat berjamaah adalah contoh bagaimana sebuah ukhuwah dibangun. Oleh karenanya, ibadah mulia itu berlipat kali nilainya di sisi Allah. Ukhuwah itu sendiri ciri keimanan, bagaikan...