Spanyol Terancam Dilarang Tampil Pada Piala Dunia 2018

0
96
World Cup 2018
World Cup 2018

BARCELONA, SERUJI.CO.ID – Partisipasi Spanyol pada Piala Dunia 2018 di Rusia mendapat ancaman setelah FIFA menaikkan tingkat perhatian mereka terkait intervensi politik di federasi sepak bola Spanyol (RFEF).

Badan sepak bola dunia itu telah memperingatkan RFEF bahwa keterlibatan pemerintah Spanyol pada proses pemungutan suara untuk presiden baru federasi sepak bola dapat membuat mereka dicoret dari Piala Dunia tahun depan.

RFEF saat ini dipimpin oleh Juan Luis Larrea sebagai pemimpin sementara setelah mantan presiden Angel Maria Villar dipaksa mengundurkan diri terkait dakwaan-dakwaan korupsi.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa FIFA belakangan mengirim surat kepada RFEF yang memperlihatkan kecemasan dengan situasi federasi dan mengingatkan bahwa… Semua anggota federasi semestinya mengatur urusan-urusan dengan independen,” demikian pernyataan FIFA pada Jumat (16/12).

“Semua asosiasi harus memastikan bahwa tidak ada intervensi dari pihak-pihak ketiga dalam urusan-urusan internalnya. FIFA telah mengontak RFEF dan dalam beberapa pekan mendatang delegasi FIFA dan anggota-anggota UEFA akan pergi ke Madrid untuk menganalisa situasi yang dialami RFEF,” lanjut pernyataan itu.

Surat kabar Spanyol El Pais melaporkan bahwa kecemasan FIFA terpusat pada sekitar departemen olahraga pemerintah yang mendesak untuk dilakukannya pemilihan federasi yang baru.

Pernyataan dari RFEF mengatakan bahwa presiden Larrea telah mendiskusikan situasi dengan anggota-anggota FIFA pada undian Piala Dunia yang berlangsung pada 1 Desember.

“RFEF menyampaikan kecemasan-kecemasan (FIFA) ini kepada menteri olahraga dan berharap dapat mengatur pertemuan perihal masalah ini. RFEF ingin semuanya kembali normal, yang selalu menjadi tujuan utama dewan direksi saat ini,” tulisnya.

“Kami menggaris bawahi bahwa kami semua ingin tim nasional berpartisipasi pada Piala Dunia 2018, khususnya setelah penampilan yang brilian pada kualifikasi,” imbuhnya.

Kapten Spanyol dan Real Madrid Sergio Ramos, yang berbicara menjelang final Piala Dunia Klub di Abu Dhabi, menambahi, “Saya tidak dapat percaya bahwa Spanyol dapat kehilangan apa yang telah kami perjuangkan dengan begitu keras di lapangan karena masalah institusional, saya sulit mempercayainya.”

Perdana menteri Spanyol Mariano Rahoy mengatakan bahwa ia tidak cemas dengan kemungkinan negaranya akan dicoret dari tampil di Piala Dunia.

Spanyol memenangi Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 2010 dan merupakan salah satu tim yang difavoritkan untuk mengangkat trofi di Rusia tahun depan.

“Saya tidak dapat merenungi skenario itu, saya tentu saja yakin bahwa Spanyol akan pergi ke Piala Dunia dan bahwa kami akan memenanginya,” kata Rajoy kepada para pewarta di Brussel setelah pertemuan dengan negara-negara anggota Uni Eropa.

“Sikap pemerintah merupakan teladan dan pihak yang berwenang di departemen olahraga telah mendukung total perdana menteri.

Pada 2015 Indonesia diskors dari bermain di pertandingan-pertandingan kualifikasi untuk Piala Dunia tahun depan setelah FIFA mengatakan bahwa pemerintah pusat telah mencampuri urusan-urusan federasi. (Ant/SU02)

Komentar

BACA JUGA
pistol, senjata api

Polres Rokan Hulu Buru Sindikat Rampok Bersenjata

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Rokan Hulu, Provinsi Riau memburu sindikat rampok bersenjata api yang beraksi di sebuah perusahaan ekspedisi dan berhasil membawa kabur uang...

Yusril Usulkan KPU Verifikasi Faktual Ulang PBB

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengusulkan kepada Komisi Pemilih Umum (KPU) untuk melakukan verifikasi faktual ulang terhadap partainya. "Dalam...

Wiranto: Indonesia Siap Bantu Negara Kawasan Pasifik Selatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pemerintah Indonesia akan membantu negara-negara yang berada di kawasan Pasifik Selatan sesuai dengan keinginan yang dibutuhkan. "Bantuan yang diminta negara Pasifik Selatan seperti...

Tersandung Narkoba, Nasdem Gorontalo Pecat Ketua DPD

GORONTALO, SERUJI.CO.ID - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat, atau Nasdem Provinsi Gorontalo secara resmi memberhentikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Pohuwato berinisial...

Mediasi Gagal, PBB Akan Lawan KPU Hingga Pengadilan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gagal memediasi antara Partai Bulan Bintang (PBB) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait kasus tidak diloloskannya PBB...
loading...
Al Battani

Penemu Kala Revolusi Bumi Ternyata Muslim

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari pada orbitnya. Revolusi bumi ini bisa terjadi akibat tarik menarik antara gaya gravitasi bumi dengan gaya gravitasi...
IMG-20180222-WA0084

PANWASLU KABUPATEN MESUJI RAKOOR TENTANG PENANGANAN PELANGGARAN PEMILU

Pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2018, Panwaslu Kabupaten Mesuji mengadakan Rapat Koordinasi dengan peserta Anggota Panwascam Divisi Penindakan dan Divisi SDMO serta 1...
Talonsong

Talonsong

Talonsong, sebuah kata dalam bahasa Minang, yang sering dituturkan ditengah masyarakatnya.  Talonsong, padanannya dalam bahasa indonesia yang tepat adalah terlanjur.  Jika talonsong,  maka semuanya...