Menang Tipis Atas Senegal, Kolombia Melaju ke Babak 16 Besar

RUSIA, SERUJI.CO.ID – Kolombia akhirnya lolos ke babak 16 besar setelah pada pertandingan terakhir Grup H Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Rusia, Kamis (28/6), mengalahkan tim penuh kejutan Senegal dengan skor 1-0.

Dengan kemenangan ini Kolombia mampu memuncaki Grup H dengan raihan enam poin dari tiga pertandingan. Sedangkan posisi runner up diduduki oleh Jepang meski pada pertandingan terakhir kalah dari Polandia dengan skor 0-1.

Apa yang diraih Kolombia memang tidak mudah. Sejak pertandingan dimulai kedua tim langsung bergantian menyerang dan peluang pertama didapat lewat tendangan bebas Juan Quintero menit 10. Namun tendangannya mampu ditepis kiper Senegal, Khasim Ndiaye.

Setelah Kolombia, giliran Senegal yang menggebrak. Bahkan pada menit 16 mendapatkan pinalti setelah Sadio Mane dijatuhkan Davinson Sanchez. Hanya saja pinalti itu dibatalkan setelah sang wasit melihat Video Assistant Referee (VAR). Kondisi ini membuat pemain dan pelatih terlihat kecewa.


Dalam kondisi imbang, kedua tim saling bergantian menekan. Senegal yang tampil apik sejak pertandingan Grup H terlihat lebih dominan bahkan beberapa kali mampu mengancam Kolombia yang dikawal oleh David Ospina.

Terlihat tertekan dan kerja lini depan kurang maksimal, pelatih Kolombia, Pekerman membuat kejutan dengan menarik salah satu bintangnya yaitu James Rodriguez dan memasukkan Muriel pada menit 31.

Masuknya tenaga baru membuat serangan Kolombia lebih variatif. Namun upaya mencetak gol selalu tertahan barisan pertahanan Senegal yang dimotori Kalidou Koulibaly. Justru peluang didapat oleh Senegal setelah Sadio Mane dilanggar tidak jauh dari kotak 12 pas. Hanya saja upaya dari tendangan bola mati belum membuahkan hasil. Kondisi 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Kolombia yang dituntut meraih kemenangan jika ingin lolos ke babak 16 besar langsung memberikan perlawanan sengit. Pemain pengganti, Muriel terus menjadi target untuk mencetak gol. Hanya saja, pertahanan Senegal benar-benar kokoh meski bola sudah masuk kotak pinalti.

Begitu juga dengan upaya pemain kenyang pengalaman Radamel Falcao. Pemain yang sudah malang melintang dikompetisi Eropa juga terlihat kesulitan setiap memegang bola. Apalagi kiper Senegal cukup apik dalam mempertahankan gawangnya.

Apa yang ditunggu Kolombia akhirnya datang pada menit 74 setelah Yerry Mina mampu meneruskan tendangan sudut dari Quintero melalui sundulan dan apa yang dilakukan pemain dengan nomor punggung 13 tidak mampu dibendung okeh kiper Senegal, Ndiaye.

Dalam kondisi unggul 1-0, Kolombia terus menekan meski lawan juga tidak kalah sengit untuk melakukan penyerangan. Hanya saja apa yang dilakukan pemain Kolombia bermain cukup efektif untuk meredam tekanan lawan.

Untuk mengejar ketertinggalan, Senegal memasukkan tenaga baru yaitu Sakho untuk menggantikan Niang. Memang cukup efektif. Hanya saja apa yang dilakukan tidak membuahkan hasil karena tidak ada gol lagi yang tercipta hingga pertandingan usai. Senegal-pun harus tersisih dan Kolombia lolos ke babak 16 besar.

Berikut susunan pemain Senegal melawan Kolombia, dikutip dari laman FIFA : Senegal:Khadim Ndiaye; Kalidou Koulibaly, Idrissa Gana Gueye, Lamine Gassama, Salif Sane, Cheikhou Kouyate, Sadio Mane, Youssouf Sabaly/Wague, Keita Balde/Konate, Ismaila Sarr, M’Baye Niang/Sakho.

Kolombia:David Ospina; Santiago Arias, Yerry Mina, Johan Mojica, Davinson Sanchez, Carlos Sanchez, Mateus Uribe/Lerma, Juan Cuadrado, James Rodriguez/Muriel, Juan Quintero, Radamel Falcao.  (Ant/SU02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Pajak Turun Jadi 1%, Inilah 4 Lokasi Hunian Mewah yang Diincar Konglomerat di Jakarta

Pemberlakuan aturan baru tentang pajak hunian mewah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.03/2019, digadang-gadang dapat memberikan angin segar terhadap penjualan properti khususnya di segmen atas. Aturan baru tersebut merevisi harga ambang rumah mewah dari Rp 20 miliar menjadi 30 Miliar per unit. Kemudian juga menurunkan tarif untuk pajak barang mewah dari 5% menjadi 1%.

Hindari Terjadinya Rush Money, Pakar Keamanan Minta Bank Mandiri Segera Pulihkan Sistem

Pakar keamanan siber dari Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) Dr Pratama Persadha menyarankan agar Bank Mandiri segera memulihkan sistem guna mencegah pengambilan dana besar-besaran dari bank (rush money).

Saldo Rekening Anda Tiba-Tiba Berkurang/Bertambah? Begini Penjelasan Bank Mandiri

Sejak pagi tadi, Sabtu (20/7) beberapa nasabah Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengeluhkan saldo di rekeningnya tiba-tiba berubah. Ada yang saldonya berkurang bahkan jadi nol, ada juga yang tiba-tiba bertambah.

Caleg Gerindra Terpilih Wajib Setor Ratusan Juta ke Partai Sebelum Dilantik, Begini Penjelasannya

Seluruh Calon Anggota Legislatif (caleg) dari Partai Gerekan Indonesia Raya (Gerindra) yang terpilih pada Pileg 2019, harus siap-siap kembali merogoh kantong sebelum dilantik sebagai anggota legislatif.

Pakar Gempa AS Minta Maaf ke Masyarakat NTB Atas Prediksi Potensi Gempa di Lombok

Ahli geologi dan kegempaan asal Amerika Serikat, Prof Ron A Harris meminta maaf kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) atas pernyataanya mengenai hasil penelitian potensi gempa di selatan Lombok, sehingga membuat rasa takut masyarakat.

Indonesia Kecam Dewan Kota Oxford Yang Berikan Penghargaan Pada Benny Wenda

Pemerintah Indonesia mengecam keras pemberian penghargaan oleh Dewan Kota Oxford, Inggris, kepada Benny Wenda, anggota kelompok gerakan separatis Kemerdekaan Papua Barat.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

Ucapkan Selamat Pada Jokowi, Prabowo: Kami Siap Membantu Jika Diperlukan

Prabowo juga menyatakan kesiapannya untuk membantu pemerintahan Jokowi bila diperlukan untuk kepentingan rakyat. “Menjadi Presiden itu mengabdi. Masalah yang dihapi besar, kami siap membantu kalau diperlukan untuk kepentingan rakyat,” ujar Prabowo.

Jokowi-Prabowo Bertemu, Berakhirlah Era Cebong-Kampret

Akhirnya Presiden terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Jokowi bertemu dengan calon Presiden Prabowo Subianto. Pertemuan bersejarah itu terjadi di stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus Jakarta Selatan, Sabtu (13/7) pukul 10.00 WIB.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi