Ini Penyebab Spanyol Pecat Pelatih Lopetegui

0
40
Julen Lopetegui akan melatih Spanyol hingga tahun 2020 (foto:Tehran Times)

KRASNODAR, SERUJI.CO.ID –  Pelatih Spanyol Julen Lopetegui dipecat pada Rabu (13/6), dua hari sebelum pertandingan pembukaan Piala Dunia melawan Portugal, karena tidak menginformasikan kepada federasi sepak bola Spanyol (RFEF) mengenai kepindahannya ke Real Madrid setelah turnamen, dan ia digantikan oleh Fernando Hierro.

Satu-satunya peran kepelatihan mantan bek Spanyol Hierro adalah satu musim dengan Oviedo di divisi kedua Spanyol, meski sebelumnya ia juga pernah menjadi asisten Carlo Ancelotti di Real Madrid.

Pria 50 tahun itu akan memiliki 48 jam untuk mempersiapkan timnya menjelang pertandingan pembukaan melawan negara tetangga sekaligus rival Portugal di Sochi pada Jumat (15/6).

Real secara tidak terduga pada Selasa (12/6) mengumumkan bahwa Lopetegui, yang baru memperpanjang kontraknya dengan Spanyol dan tidak terkalahkan dalam 20 pertandingan di bawah asuhannya, akan menjadi pelatih mereka mulai musim depan.

Dalam salah satu pengumuman pemecatan pelatih paling mengejutkan sepanjang sejarah Piala Dunia, presiden RFEF Luis Rubiales mengatakan ia telah mengetahui perekrutan Lopetegui lima menit sebelum sang juara Liga Champions mengeluarkan pengumuman.

“Sang pelatih, karena ia merupakan pekerja RFEF tidak dapat bertindak seperti ini. Saya mengetahuinya melalui sambungan telpon lima menit sebelum pengumuman resmi. Kami merasa wajib mengambil keputusan ini,” kata Rubiales pada konferensi pers di markas tim di Krasnodar.

“Jika seseorang ingin berbicara dengan salah satu pekerja kami, mereka harus berbicara kepada kami juga. Itu hal mendasar. Ini adalah tim nasional Spanyol yang mewakili seantero Spanyol, ini adalah tim terpenting yang kami miliki dan Piala Dunia adalah panggung terbesar dari semuanya,” jelasnya.

Ia tidak merasa dikhianati hanya saja masalahnya adalah seluruh hal telah diselesaikan dengan absennya RFEF, yang merupakan sesuatu yang tidak akan kami biarkan.

“Para pemain akan berikan segalanya Rubiales mengatakan para pemain, yang menurut media Spanyol telah berusaha untuk menghalangi sang pelatih untuk mengambil tindakan sedrastis ini, telah berjanji untuk memberikan segalanya untuk tim,” ungkapnya.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Julen untuk semua yang telah dia lakukan dan dia adalah alasan besar di balik keberadaan kami di Rusia. Tetapi kami juga merasa berkewajiban untuk mengakhiri jasanya,” tambah Rubiales.

“Kami semua terluka dengan situasi ini. Saya telah mengatakan alasan saya melakukan hal ini kepada para pemain dan mereka memahaminya. Mereka telah memperlihatkan kepada saya bahwa mereka mendukung sepenuhnya dan saya tidak ragu mereka akan memberikan segalanya apapun yang terjadi,” tuturnya.

Spanyol, salah satu favorit praturnamen serta juara pada 2010, juga akan menghadapi Maroko dan Iran dalam penyisihan grup di Rusia.

Belum ada komentar yang dilontarkan oleh Lopetegui (53), yang dijadwalkan untuk mengikuti konferensi pers bersama Rubiales namun tidak datang.

Rubiales mengatakan dirinya tidak memiliki perasaan buruk terhadap Lopetegui, yang menggantikan Vicente del Bosque setelah Piala Eropa 2016.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Julen untuk semua yang telah dia lakukan dan dia adalah alasan besar di balik keberadaan kami di Rusia. Tetapi kami juga merasa berkewajiban untuk mengakhiri jasanya,” ucapnya.

“Harus ada pesan untuk semua petugas RFEF dan ada cara berperilaku yang harus Anda patuhi,” katanya.

Pada reaksi pertama mengenai keputusan ini, mantan penyerang Spanyol Juanito mengatakan argumen Rubiales begitu sempurna.

“Nilai-nilai tim nasional berada di atas segalanya,” ucapnya melalui Twitter.

“Jika kami tidak dapat memenangi Piala Dunia, Spanyol kini merupakan juara dengan martabat.” (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Bek Brazil Dipastikan Absen Melawan Kosta Rika

SOCHI, SERUJI.CO.ID -  Bek Brazil Danilo dipastikan absen untuk pertandingan Grup E melawan Kosta Rika pada Jumat (22/6) karena ia mengalami masalah pada pahanya dan...
tenggelam

Ratusan Orang Tewas Tenggelam di Pantai Libya

JENEWA, SERUJI.CO.ID -  Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR) pada Kamis (21/6) mengatakan sebanyak 220 orang tewas-tenggelam di lepas pantai Libya dalam beberapa hari belakangan...

Bolos Hari Pertama Kerja, Ini Ultimatum Gubernur untuk ASN

PALU, SERUJI.CO.ID - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola melalui Asisten Administrasi Umum dan Organisasi Mulyono mengultimatum dan melakukan pemotongan tunjangan kinerja (tukin) bagi Aparatur Sipil...

Puluhan Orang Tewas Akibat Kolera di Nigeria

ABUJA, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya 25 orang telah meninggal akibat kolera sejak wabah penyakit yang menular melalui air tersebut muncul pada Mei di Negara Bagian Adamawa,...

Polisi Selidiki Tenggelamnya KM Sinar Bangun

SIMALUNGUN, SERUJI.CO.ID - Pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan untuk menentukan kemungkinan adanya unsur pidana dalam peristiwa tenggelam KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba yang...