Menjelang Delapan Besar Liga Champions Eropa

3
104

SURABAYA – Liga Champions Eropa sudah memasuki babak perempat final. Delapan klub lolos untuk bertarung memperebutkan tiket ke final liga elit Eropa ini. Memang tidak semuanya yang lolos di babak delapan besar ini merupakan ‘Tim Impian’ yang diharapkan oleh pecinta bola. Menyusul tersingkirnya Tim Kaya Raya seperti Manchester City, PSG dan Arsenal.

Di babak awal perempat final nanti, pertarungan sengit bakalan terjadi di partai Bayern Munchen VS Real Madrid dan Juventus VS Barcelona. Tanpa mengecilkan partai yang lain seperti Atletico Madrid VS Leicester City atau Borussia Dortmund VS AS Monaco, dua partai awal tersebut memang menjadi ajang pembuktian Tim Langganan Liga Champions, seperti Real Madrid, Barcelona maupun Bayern Munchen. Superioritas tiga Super Klub tadi memang seakan tak tersentuh eksistensinya di ajang UEFA Champions League ini.

Tim-tim ‘Medioker’ UCL seperti Atletico Madrid, Borussia Dortmund, AS Monaco diharapkan bisa membuat kejutan yang berarti, khususnya tim pendatang baru UCL, Liecester City yang musim lalu sukses menjuarai EPL dengan dramatis, walau musim ini di liga domestik terseok-seok. Tim Besutan Craig Shakespeare suksesor Claudio Ranieri cukup mengejutkan karena bisa menembus delapan besar UCL 2016 – 2017. Liecester City menjadi satu-satunya tim dari Liga Termahal dunia EPL yang masih selamat dan sekaligus menyelamatkan muka Sepak Bola Inggris.

Berikut Data dan Fakta beserta Head to Head Delapan Tim di babak perempat final UCL 2016 – 2017:

Juventus Vs Barcelona

1. Pertandingan terakhir kedua tim berlangsung pada musim panas tahun 2015, tepatnya di kota Berlin, Jerman, pada laga final Liga Champions. Barcelona menang telak 3-1.

2. Barcelona VS Juventus sudah tujuh kali bertemu, Barcelona menuai tiga kemenangan, dan Juventus mendapat dua kemenangan.

3. Juventus juga pernah menyingkirkan Barcelona dari zona 8 Besar Liga Champions, tepatnya pada musim 2002-2003. Saat itu kedua tim meraih hasil imbang 1-1 di Turin, dan Juventus unggul 2-1 saat pertandingan berlangsung di Estadio Camp Nou.

4. Partai Juventus VS Barcelona bakal menjadi reuni bagi Dani Alves. Alves pernah berkostum ElBarca.

 

Bayern Munchen vs Real Madrid

1. Total 22 pertemuan Real Madrid VS Bayern Munchen terjadi di kancah Eropa. Real Madrid menuai sembilan kemenangan dan Bayern Munchen mengoleksi sebelas kemenangan.

2. Real Madrid menuai tiga kemenangan terakhir kontra Bayern Munchen, termasuk semifinal Liga Champions musim 2013-2014.

3. Real Madrid sempat ditangani Carlo Ancelotti, yang kini menjadi pelatih Bayern Munchen.

4. Carlo Ancelotti pernah membawa Real Madrid unggul telak 4-0 di Allianz Arena, markas Bayern Munchen. Catatan tersebut menjadi yang terburuk bagi Bayern Munchen kala berstatus tuan rumah sepanjang berlaga di zona Eropa.

5. Bayern Munchen dan Real Madrid sudah 10 kali bertemu di zona knock-out, dan sama-sama mengoleksi lima kemenangan.

6. Kali terakhir dua tim bertemu terjadi pada laga persahabatan internasional di kota New Jersey, bulan Agustus tahun 2016 lalu. Real Madrid unggul 1-0 melalui gol Danilo.

7. Jika nanti bermain, Toni Kroos dan Xabi Alonso akan menghadapi mantan klub masing-masing.

 

Borussia Dortmund Vs AS Monaco

1. Dortmund dan AS Monaco belum pernah bertemu di kancah internasional.

2. Pemain Pierre-Emerick Aubameyang pernah berkostum AS Monaco dengan status pinjaman sepanjang 2010-2011. dia mencetak dua gol bagi AS Monaco.

3. Rekor Dortmund bersua tim asal Prancis adalah enam menang, lima seri dan lima kekalahan.

 

Atlético Madrid Vs Leicester City

1. Dua kali dari tiga perjalanan Leicester City di zona Eropa harus terhenti di tangan Atletico Madrid.

2. Leicester VS Atletico pernah bertemu pada ajang Piala Winners 1961-1962, tepatnya di babak pertama. Kala itu Atletico Madrid menang 3-1.

3. Atletico Madrid kembali menuai dua kemenangan pada Putaran I Piala UEFA 1997-1998. Saat itu Atletico Madrid menang 2-1 di partai home dan 2-0 saat partai away.

4. Ternyata Atletico Madrid tak pernah kalah di kandang saat kedatangan tim asal Inggris. Catatannya, lima kemenangan dan lima seri.

Partai Puncak Final Liga Champions Eropa akan diselenggarakan di Stadion Millenium, Cardiff, Wales 3 Juni 2017.

 

EDITOR: Iwan S

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

verifikasi parpol tidak ganggu PAN

PAN: Verifikasi Parpol Tidak Ganggu Persiapan Pemilu

KUNINGAN, SERUJI.CO.ID - Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno menilai verifikasi parpol (partai politik) yang akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 28-30 Januari 2018,...
Soekarwo

Soekarwo: Jelang Pilkada Suasana Politik Jatim Akrab

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menilai suasana politik di Jatim akrab dan tidak ada perpecahan menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada...

DPD: Indonesia Berbagi Pengalaman Atasi Terorisme

HANOI, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Nono Sampono mengatakan Indonesia berbagi pengalaman mengatasi aksi terorisme dalam upaya mendorong langkah bersama mencegah kejahatan tersebut. Dalam...

PSI Galang Dana Publik Untuk Partai

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menggalang dana donasi publik untuk pendanaan partai dan mendorong perbaikan iklim politik di Tanah Air. "Agar independen, hanya...
Anugerah Humas

Website ITS Sabet Juara II Anugerah Humas Perguruan Tinggi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menyabet peringkat dua dalam ajang Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Koordinasi Perguruan...
loading...
fotozukifli

Paska Diperiksa, Ustadz Zukifli Muhammad Ali Diundang Live di TV Swasta Nasional

Berita tentang "penangkapan" ustadz baru-baru saja terjadi, dialami Ustadz Zukifli Muhammad Ali, yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan menyebarkan kebencian berdasarkan SARA, lihat di berita...
tweet

Berjilbab Tapi Korupsi, Bukan Najwa Shihab

"Esensi Islam tidak terletak pada Pakaian yg dikenakan tapi pada Akhlak yg dilaksanakan (Gus Dur) Berhijab tp Korupsi, Najwa Sihab tak berhijab dapat Penghargaan Tokoh...
sumber: harianterbit

Peringatan 44 Tahun Peristiwa MALARI: Mengembalikan Reformasi yang Kita Mau

Pada 15 Januari 2018 lalu, bertepatan dengan 44 tahun Peristiwa 15 Januari 1974 yang lebih dikenal dalam catatan sejarah sebagai Peristiwa Malapetaka Lima Belas...