Menjelang Delapan Besar Liga Champions Eropa

SURABAYA – Liga Champions Eropa sudah memasuki babak perempat final. Delapan klub lolos untuk bertarung memperebutkan tiket ke final liga elit Eropa ini. Memang tidak semuanya yang lolos di babak delapan besar ini merupakan ‘Tim Impian’ yang diharapkan oleh pecinta bola. Menyusul tersingkirnya Tim Kaya Raya seperti Manchester City, PSG dan Arsenal.

Di babak awal perempat final nanti, pertarungan sengit bakalan terjadi di partai Bayern Munchen VS Real Madrid dan Juventus VS Barcelona. Tanpa mengecilkan partai yang lain seperti Atletico Madrid VS Leicester City atau Borussia Dortmund VS AS Monaco, dua partai awal tersebut memang menjadi ajang pembuktian Tim Langganan Liga Champions, seperti Real Madrid, Barcelona maupun Bayern Munchen. Superioritas tiga Super Klub tadi memang seakan tak tersentuh eksistensinya di ajang UEFA Champions League ini.

Tim-tim ‘Medioker’ UCL seperti Atletico Madrid, Borussia Dortmund, AS Monaco diharapkan bisa membuat kejutan yang berarti, khususnya tim pendatang baru UCL, Liecester City yang musim lalu sukses menjuarai EPL dengan dramatis, walau musim ini di liga domestik terseok-seok. Tim Besutan Craig Shakespeare suksesor Claudio Ranieri cukup mengejutkan karena bisa menembus delapan besar UCL 2016 – 2017. Liecester City menjadi satu-satunya tim dari Liga Termahal dunia EPL yang masih selamat dan sekaligus menyelamatkan muka Sepak Bola Inggris.

Berikut Data dan Fakta beserta Head to Head Delapan Tim di babak perempat final UCL 2016 – 2017:

Juventus Vs Barcelona

1. Pertandingan terakhir kedua tim berlangsung pada musim panas tahun 2015, tepatnya di kota Berlin, Jerman, pada laga final Liga Champions. Barcelona menang telak 3-1.

2. Barcelona VS Juventus sudah tujuh kali bertemu, Barcelona menuai tiga kemenangan, dan Juventus mendapat dua kemenangan.

3. Juventus juga pernah menyingkirkan Barcelona dari zona 8 Besar Liga Champions, tepatnya pada musim 2002-2003. Saat itu kedua tim meraih hasil imbang 1-1 di Turin, dan Juventus unggul 2-1 saat pertandingan berlangsung di Estadio Camp Nou.

4. Partai Juventus VS Barcelona bakal menjadi reuni bagi Dani Alves. Alves pernah berkostum ElBarca.

 

Bayern Munchen vs Real Madrid

1. Total 22 pertemuan Real Madrid VS Bayern Munchen terjadi di kancah Eropa. Real Madrid menuai sembilan kemenangan dan Bayern Munchen mengoleksi sebelas kemenangan.

2. Real Madrid menuai tiga kemenangan terakhir kontra Bayern Munchen, termasuk semifinal Liga Champions musim 2013-2014.

3. Real Madrid sempat ditangani Carlo Ancelotti, yang kini menjadi pelatih Bayern Munchen.

4. Carlo Ancelotti pernah membawa Real Madrid unggul telak 4-0 di Allianz Arena, markas Bayern Munchen. Catatan tersebut menjadi yang terburuk bagi Bayern Munchen kala berstatus tuan rumah sepanjang berlaga di zona Eropa.

5. Bayern Munchen dan Real Madrid sudah 10 kali bertemu di zona knock-out, dan sama-sama mengoleksi lima kemenangan.

6. Kali terakhir dua tim bertemu terjadi pada laga persahabatan internasional di kota New Jersey, bulan Agustus tahun 2016 lalu. Real Madrid unggul 1-0 melalui gol Danilo.

7. Jika nanti bermain, Toni Kroos dan Xabi Alonso akan menghadapi mantan klub masing-masing.

 

Borussia Dortmund Vs AS Monaco

1. Dortmund dan AS Monaco belum pernah bertemu di kancah internasional.

2. Pemain Pierre-Emerick Aubameyang pernah berkostum AS Monaco dengan status pinjaman sepanjang 2010-2011. dia mencetak dua gol bagi AS Monaco.

3. Rekor Dortmund bersua tim asal Prancis adalah enam menang, lima seri dan lima kekalahan.

 

Atlético Madrid Vs Leicester City

1. Dua kali dari tiga perjalanan Leicester City di zona Eropa harus terhenti di tangan Atletico Madrid.

2. Leicester VS Atletico pernah bertemu pada ajang Piala Winners 1961-1962, tepatnya di babak pertama. Kala itu Atletico Madrid menang 3-1.

3. Atletico Madrid kembali menuai dua kemenangan pada Putaran I Piala UEFA 1997-1998. Saat itu Atletico Madrid menang 2-1 di partai home dan 2-0 saat partai away.

4. Ternyata Atletico Madrid tak pernah kalah di kandang saat kedatangan tim asal Inggris. Catatannya, lima kemenangan dan lima seri.

Partai Puncak Final Liga Champions Eropa akan diselenggarakan di Stadion Millenium, Cardiff, Wales 3 Juni 2017.

 

EDITOR: Iwan S

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bisa Terima Capres Yang “Ikut” Perayaan Natal, Kenapa Keberatan Jika Hadiah Lomba dari Denny JA?

Karena sifat lomba ini yang sedemikian terbuka, tentu pihak-pihak yang mendukung wacana "NKRI Bersyariah" ini dapat juga menulis pemikirannya dan ikut serta dalam lomba ini. Apalagi jelas-jelas topik yang dilombakan ini adalah MENGUPAS esai yang ditulis Denny JA. Apakah mengupas dalam koteks setuju dengan tesis Denny JA, maupun tidak bersepakat dengannya.

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER