Menang Atas Vietnam, Timnas U-22 Indonesia Lolos ke Babak Final

PHNOM PENH, SERUJI.CO.ID – Sebuah gol yang dicetak gelandang Tim Nasional Indonesia U-22, M. Luthfi Kamal Baharsyah, memastikan kemenangan 1-0 atas Vietnam dalam babak semifinal Piala AFF U-22 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Ahad (24/2) sore.

Gol dari eksekusi tendangan bebas Luthfi tersebut sekaligus mengantarkan Garuda Muda menjejaki partai final, menantikan pemenang laga semifinal lain antara tuan rumah Kamboja melawan Thailand yang berlangsung Ahad (23/2) malam.

Laga babak pertama berjalan cukup imbang dan kedua tim sama-sama memiliki peluang yang mengancam gawang satu sama lain, namun hingga 45 menit dan dua menit tambahan berakhir tak ada gol tercipta.

Indonesia tampil lebih percaya diri mengawali babak kedua ketika Witan Sulaiman melepaskan umpan silang ke area tiang jauh yang disambut dengan tandukan tajam Marinus Wanewar, namun kiper Phan Van Bieu melakukan pengorbanan dengan membenturkan badannya ke tiang demi menghalau bola.

Laga semakin panas ketika Osvaldo Haay terpancing emosinya oleh kontak fisik pemain Vietnam, namun di hari ulang tahunnya Marinus justru hadir menjadi penengah dari situasi tersebut.

Nurhidayat sempat melakukan blunder dengan kegagalannya melakukan sapuan, dan bola justru mengarah kepada Tran Duc Nam.

Melihat situasi permainan tak kunjung berkembang, Indra memasukkan M. Rafi Syarahil menggantikan Sani Rizki Fauzi sebagai perubahan kreativitas serangan di lini tengah pada menit ke-60.

Tak sampai 10 menit berselang, Marinus melakukan umpan terobosan ke dalam kotak penalti yang berusaha dijangkau Gian Zola Nasrulloh Nugraha, namun ia dilanggar tepat sebelum memasuki kotak penalti.

Luthfi yang menghadapi bola dengan dingin melakukan tendangan yang meski sempat membentur barisan pagar hidup Vietnam namun arahnya tetap masuk ke dalam gawang demi membawa Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-70.

Gol itu memaksa Quoc Tuan melakukan pergantian pemain dengan memasukkan top skor mereka Tran Danh Trung menggantikan Nguyen Huu Thang.

Pada menit ke-84 terjadi kemelut di depan gawang Indonesia, beruntung Rafi sigap menyapu bola muntah hasil sundulan pemain Vietnam yang membentur barisan pertahanan Garuda Muda.

Hingga masa injury time lima menit berakhir Indonesia sukses mempertahankan kemenangan 1-0.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.