Manchester United Temui Ajax di Final Liga Europa

0
42
celta vigo
Marouane Fellaini menanduk masuk bola ke gawang Celta Vigo yang dikawal Sergio Alvarez. (FOTO: GettyImages)

MANCHESTER – Gol Marouane Fellaini di menit ke 17 membawa Manchester United (MU) melenggang ke Final Liga Europa setelah bermain imbang 1-1 dengan Celta Vigo.  Di Final, mereka akan berhadapan dengan Ajax Amsterdam yang meski kalah 1-3 dari Olympic Lyonnais, lolos dengan keunggulan agregat gol 5-4.

Tampil di kandang sendiri Jumat, 12 Mei 2017 dini hari waktu Indonesia, MU awalnya tampil dominan di Old Trafford. Mereka tampak akan melenggang dengan mudah ketika Fellaini membawa mereka unggul di menit 17 dengan sundulan hasil assist dari Marcus Rashford.

Namun Celta Vigo tidak menyerah. Anak asuh Eduardo Berizzo, bahkan mampu menguasai permainan di Babak 2. Penjaga gawang MU, Sergio Romero, tampil gemilang dengan melakukan beberapa penyelamatan gemilang yang akrobatis. Jerih payah mereka akhirnya menghasilkan gol melalui sundulan Facundo Roncaglia di menit 85 yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Tak berselang lama, sang pencetak gol, Roncaglia, terlibat pertikaian dengan Eric Bailly yang mengakibatkan keduanya terkena kartu merah.

Di menit terakhir injury time, John Guidetti gagal menyelesaikan peluang emas yang apabila tercipta akan menyisihkan MU karena keunggulan ‘away goal’.

Ketika peluit panjang berbunyi, sorak sorai pendukung MU tak terbendung mengiringi kegembiraan pemain-pemainnya. Pemain Celta Vigo tampak larut dalam kesedihan.

Keberhasilan MU masuk ke final Liga Europa membangkitkan harapan mereka untuk berlaga di Liga Champions musim depan yang mulai pupus di jalur Liga Primer.

“Di Liga Primer, peluang kami hanya di posisi 5 atau 6”, ujar Jose Mourinho, pelatih MU pasrah, dikutip dari The Guardian, Jum’at (12/5). Ini akan menjadi pertandingan final ke 14 Mourinho sepanjang karirnya.

Bagi Ajax, ini menjadi penampilan pertama mereka di final kejuaraan Eropa setelah 21 tahun. Pada tahun 1996, klub legendaris Belanda itu tumbang oleh Juventus di Final Liga Champions. “Ini adalah kemenangan sepakbola,” klaim Peter Bosz atas keberhasilan timnya kembali ke kancah atas persepakbolaan antarklub Eropa.

Penampilan Ajax Amsterdam sepanjang musim 2016/2017 pun menuai pujian. Dengan didominasi pemain muda berusia 21 tahun, mereka tampil dengan kerjasama tim yang kompak, ‘possession football’, dan energi tinggi. Sukses mereka di Liga Europa juga tercermin dalam performa di Liga Belanda, Eredivisie. Mereka hanya terpaut 2 poin dari PSV eindhoven yang memuncaki klasemen.

Final Liga Europa antara Manchester United dan Ajax Amsterdam, akan dilangsungkan pada 25/5/2017 di Stockholm, Swedia.

 

CJ: M Gauzal Asnawi
EDITOR: Iwan Y

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Endun Abdul Haq

Persyaratan Administrasi Seluruh Cagub/Cawagub Jabar Belum Lengkap

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menyatakan berkas persyaratan administrasi seluruh pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2018-2023...
Sugeng Purwanto

Pasca-Penyitaan Jutaan PCC, Polres Sidoarjo Ajak Warga Antisipasi Peredaran Narkoba

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pasca penggrebekan oleh Polres Sidoarjo, Rabu (17/1), di rumah kontrakan di Desa Sawocangkring, Wonoayu, Sidoarjo, yang diduga sebagai tempat penyimpanan jutaan...
mui

MUI Sayangkan MK Setarakan Agama dan Kepercayaan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyayangkan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyetarakan agama dan aliran kepercayaan, sebagaimana tertuang dalam putusan MK untuk kolom agama...

Jiwa Gotong Royong yang Masih Tumbuh Subur

Tempo hari saya tercengang dengan megahnya sebuah masjid di desa Raji,  Demak, Jawa Tengah. Rupanya masjid yang belum selesai di bangun itu sudah menelan...

kebebasan berpikir

Kebebasan dalam Berpikir Hakikat bebas adalah merdeka dari segala hal yang mengikat. Berbicara tentang bebas, kita dapat belajar dari pengalaman komika kenamaan yaitu Ge Pamungkas...
_99517609_gepamungkas_joshuasuherman

Indonesia Darurat Keadilan

Indonesia Darurat Keadilan Salah satu penyebab gagalnya beberapa negara di Afrika di antaranya dalam masalah ketimpangan keadilan, sebut saja di Ethiopia, Zimbabwe dan negara-negara yang...