Jerman Hantam Spanyol, Juarai Piala Eropa U21

KRAKOW – Jerman memenangkan Kejuaraan Eropa U-21 untuk kedua kalinya dengan kemenangan atas juara empat kali Spanyol di Krakow, Polandia, Jumat (30/06)

Sundulan Mitchell Weiser di menit 40 babak pertama yang berbuah gol sudah cukup untuk memberi gelar juara untuk Jerman yang pertama kalinya sejak 2009.

Spanyol, yang berambisi memenangkan kompetisi untuk ketiga kalinya dalam empat keikutsertaan terakhirnya, hampir menyamakan kedudukan saat usaha Saul Niguez berhasil diselamatkan.

Tapi Jerman, yang mengalahkan Inggris melalui adu penalti di semifinal, dengan mudah menahan tekanan Spanyol yang datang terlambat.

Tim muda Jerman yang juara pada tahun 2009 terdiri atas pemain ternama yang menjadi tulang pungung timnas senior saat ini seperti Manuel Neuer, Mesut Ozil, Jerome Boateng, Sami Khedira dan Mats Hummels, dan kemenangan tahun ini pasti akan memunculkan bintang masa depan dari skuad muda Jerman ini.

Mantan pemain sayap Arsenal Serge Gnabry, yang telah pindah dari Werder Bremen ke Bayern Munich musim panas ini, sudah memiliki dua caps senior. Dia tampil menonjol yang terlihat dari kecepatan dan kreativitasnya.

Dan sundulan yang memenangi pertandingan oleh  gelandang sayap Hertha Berlin, Weiser merupakan gol berkualitas dunia, saat ia berhasil menandukkan bola umpan silang Jeremy Toljan dari sayap kanan ke sudut jauh gawang dari sudut yang sempit.

Tim Spanyol, yang dipimpin oleh kapten Gerard Deulofeu yang terikat kontrak dengan Barcelona, ​​masuk ke final sebagai favorit kuat dan mendapat momentum, setelah mengalahkan Italia 3-1 di semifinal.

Tapi pahlawan hat-trick mereka dari pertandingan itu – Saul – hanya mendapat sedikit peluang saat menghadapi Jerman. Tim yang dilatih oleh mantan pemain internasional Stefan Kuntz, berhasil membuat dominasi penguasaan bola tim Spanyol, 60% menurut BBC, berpengaruh sedikit terhadap hasil.

Kemenangan Jerman ini di luar dugaan apalagi beberapa pemain muda Jerman yang biasa tampil di U-21 sedang berada di Rusia untuk mengikuti Piala Konfederasi setelah manajer tim senior, Joachim Low menamai skuad muda untuk turnamen tersebut. Tim Senior Jerman akan menghadapi Chili di laga final hari Minggu (02/07). (Gauzal/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.