George Weah, Dari Pesepakbola Terbaik Menuju Kepresidenan

0
148
Mantan striker AC Milan dan pemenang Ballon d'Or, George Weah, unggul dalam pemilihan presiden tahap pertama di Liberia (Foto: youtube)

MONROVIA, SERUJI.CO.ID – Mantan bintang sepak bola George Weah memenangi putaran pertama pemilihan presiden Liberia dengan 38,4 suara, unggul sepuluh poin atas Wakil Presiden Joseph Boakai yang akan dihadapinya pada putaran seanjutnya bulan depan, kata komisi pemilihan pada Kamis.

Rakyat Liberia perlahan-lahan memperbesar prospek satu-satunya orang Afrika yang pernah memenangi penghargaan Pemain Terbaik Dunia dan Ballon d’Or untuk menggantikan pemenang Nobel Perdamaian Ellen Johnson Sirleaf sebagai pemimpin mereka.

Weah (51), telah bertugas sebagai senator dari Kongres oposisi untuk Demokratik Perubahan sejak 2015, setelah ia “pulang kampung” dari karier sepak bola internasional untuk meniti karier di politik. Sebagai pendatang baru di dunia politik pada 2005, ia kalah dari Johnson Sirleaf pada pemilihan presiden.

Hasil-hasil penghitungan suara resmi memperlihatkan Boakai, yang mewakili partai Johnson Sirleaf yang sedang berkuasa, Partai Persatuan, memenangi 28,8 persen suara, membuat kedua kandidat ini unggul besar atas kebanyakan kandidat lainnya.

Pengacara Charles Brumskine, yang mengatakan suara yang ada telah dicurangi meski para pengamat menilai proses ini berjalan dengan adil, berada di urutan ketiga dengan 9,6 persen.

“Raja George,” sebagaimana para pendukungnya menyebutnya, merupakan sosok yang populer di kalangan pemuda dan kaum yang terpinggirkan, khususnya di pemukiman-pemukiman kumuh di ibukota Monrovia. Banyak di antara mereka merasa mereka tidak mendapatkan keuntungan dari pemulihan pascaperang Liberia, sentimen yang diperhitungkan saat menentang Boakai.

Langganan berita lewat Telegram
loading...
1
2
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU