Cristiano Ronaldo Membantah Tuduhan Menggelapkan Pajak

0
49
cristiano ronaldo
Cristiano Ronaldo (Foto: Instagram @cristiano)

MADRID – Bintang sepak bola Cristiano Ronaldo membantah tudingan dirinya menghindar dari kewajiban pajak atau menggelapkan pajak di Spanyol. Demikian disampaikan para perwakilannya beberapa jam setelah gugatan hukum terkait pajak dikenakan kepada dirinya di Madrid.

“Tidak ada skema penghindaran pajak… Tidak pernah ada apapun yang disembunyikan maupun niat untuk menyembunyikan sesuatu,” kata Gestifute, agensi yang mewakili pemain Real Madrid itu, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (14/6).

Sebelumnya, kantor jaksa penuntut di Madrid melayangkan gugatan hukum terhadap Ronaldo karena dugaan penghindaran terhadap otoritas pajak Spanyol senilai 14,7 juta euro antara 2011 sampai 2014.

Kantor jaksa tersebut menuding Ronaldo telah menggunakan struktur bisnis yang diciptakan pada 2010 untuk dugaan menyembunyikan pendapatan dari hak gambar dirinya di Spanyol.

Ronaldo, yang berasal dari Portugal, menjadi wajib pajak Spanyol pada Januari 2010 dan pada November 2011 memilih untuk mengikuti peraturan pajak di Spanyol yang diterapkan kepada para pekerja asing yang bekerja di Spanyol.

Perlu diketahui, antara tahun 2005 sampai 2010, para pemain asing di Spanyol dilindungi oleh apa yang disebut “hukum Beckham” yang mengizinkan mereka menyimpan pajak-pajak mereka. Namun ketika terjadi krisis finansial di Spanyol, pengecualian itu dicabut, sehingga muncullah kasus-kasus seperti ini.

Pada Mei, Mahkamah Agung Spanyol menolak banding Messi dan mengukuhkan hukuman kurungan 21 bulan yang dijatuhkan pengadilan regional Katalan untuk penghindaran pajak senilai 4,1 juta euro terkait hak-hak gambar. Ia kemungkinan besar tidak akan masuk penjara sebab dibawah hukum Spanyol hukuman kurungan dibawah dua tahun dapat digantikan masa percobaan.

Pengadilan Tinggi Spanyol pada Mei membebaskan Neymar dari tudingan penipuan pajak, namun ia tetap menghadapi persidangan korupsi di Spanyol terkait nilai transfernya pada 2013 dari Santos ke Barcelona. (IwanY)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...
Korban Miras Oplosan

Korban Miras Oplosan di RSUD Dr Soetomo Kian Bertambah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Korban akibat menenggak minuman keras kian bertambah di Surabaya. Hingga kini terhitung sudah puluhan korban miras merasakan pesakitan di Rumah Sakit,...

Menangkan Pemilu 2019, Gerindra Bentuk Laskar Merah Putih

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra Jatim tampaknya tak setengah-setengah dalam mengejar target Pemilu 2019 mendatang. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut menargetkan sebanyak-banyaknya perolehan pemilu...

IFC: Indonesia Diharapkan Jadi Mode Busana Muslim Dunia

BOGOR, SERUJI.CO.ID - National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan pertemuan dengan Presiden Jokowi menawarkan program konkrit membawa dunia ke Indonesia untuk...