City Tunda Perayaan Juara Usai Dikalahkan United

LONDON, SERUJI.CO.ID – Perayaan gelar juara Liga Inggris bagi Manchester City harus tertunda ketika rival sekota Manchester United tampil gemilang saat bangkit dari tertinggal dua gol untuk menang 3-2 di Stadion Etihad pada Sabtu (7/4).

Kemenangan bagi City akan membuat mereka mengunci gelar namun yang terjadi mereka justru menelan kekalahan kandang untuk pertama kalinya di ajang liga musim ini, yang membuat keunggulan pasukan Pep Guardiola terpangkas menjadi 13 poin dengan enam pertandingan tersisa.

Dengan United yang memangkas keunggulan, City perlu memenangi dua pertandingan lagi untuk memastikan raihan gelar. Meski hasil itu terlihat hanya sekedar formalitas, ini tetap merupakan pil pahit setelah kekalahan 0-3 dari Liverpool pada Rabu (3/4) pada leg pertama perempat final Liga Champions.

Dengan fokus sebagian tertuju pada leg kedua perempat final Liga Champions melawan Liverpool, City menyimpan sejumlah pemain inti. Meski demikian, mereka mampu unggul 2-0 dalam waktu setengah jam berkat tandukan Vincent Kompany dari tendangan sudut dan penyelesaian cerdik Ilkay Guendogan.

Namun dua gol dari Paul Pogba pada menit ke-53 dan 55 membawa United menyamakan kedudukan sebelum Chris Smalling, yang tidak terkawal di kotak penalti, mengemas gol penentu kemenangan pada menit ke-69  melalui sepakannya menyambut tendangan sudut Alexis Sanchez.

Pertandingan dramatis ini menampilkan City yang permohonan penaltinya ditolak wasit dan dua kali hampir menyamakan kedudukan. Bagaimanapun, pada akhirnya rencana pesta di Etihad digantikan oleh pemandangan para pemain United yang merayakan kemenangan di depan para penggemarnya.

Kevin De Bruyne tampil sebagai pemain pengganti bersama dengan Kyle Walker, dua penyerang Sergio Aguero dan Gabriel Jesus, serta bek Prancis Aymeric Laporte.

City memulai pertandingan dengan gemilang, di mana mereka menyerang dengan tekad dan intensitas.

Bagaimanapun, ketika gol pembukaan tercipta pada menit ke-25 gol itu tercipta melalui tendangan sudut sederhana dari Leroy Sane yang disambut sundulan kapten Kompany, meski kausnya ditarik oleh Smalling.

Gol kedua, yang tercipta pada menit ke-30, didapat berkat sapuan buruk dari David de Gea, tertuju lurus ke Sane dan dari pergerakan cepat, Raheem Sterling mengirimkan bola kepada Guendogan yang menciptakan ruang dengan berputar dan mengarahkan bola ke sudut bawah gawang.

Sterling kemudian menyia-nyiakan dua peluang bagus, dua kali upayanya melambung ketika ia hanya tinggal menaklukkan kiper dan Guendogan semestinya dapat memberikan hasil yang lebih baik ketika, ia sendirian di kotak penalti, untuk kemudian menyundul lurus ke De Gea.

Kebangkitan yang mengejutkan Pertandingan belum memasuki turun minum dan para penggemar City telah meneriakkan “ole” untuk setiap operan ketika pasukan Guardiola bermain-main dengan saling mengoperkan bola di tengah lapangan. Namun jika mereka berpikir kemenangan dan gelar sudah aman dalam genggaman, mereka akan terkejut.

Pada menit ketujuh babak kedua, United memperkecil ketertinggalan ketika Alexis Sanchez memiliki ruang untuk mengirim operan yang diteruskan Ander Herrera dengan dadanya untuk mengarahkan bola kepada jalur pergerakan pigba, yang kemudian menaklukkan Ederson untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Berselang dua menit United menyamakan kedudukan. Kembali Pogba, yang tampil buruk pada babak pertama, yang melakukan kerusakan, melompat untuk menyambut umpan silang Sanchez dan mengarahkan sundulannya ke sudut bawah gawang.

Tiba-tiba nuansa selebrasi lenyap, namun situasi memburuk pada menit ke-69, di mana Sanchez kembali menjadi pengumpan. Pemain Chile itu mengirimkan bola tendangan bebas dan Smalling, yang tidak terkawal, menaklukkan Ederson dengan sepakannya.

City merasa mereka semestinya mendapat hadiah penalti ketika pemain pengganti Sergio Aguero dijatuhkan Ashley Young. Mereka juga hampir menyamakan kedudukan ketika David de Gea melakukan penyelamatan brilian untuk menggagalkan sundulan Aguero dan sepakan Raheem Sterling membentur tiang gawang. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.