Kualitas Udara Jakarta-Palembang Aman untuk Asian Games

0
16
Asian Games Jakarta Palembang (Foto:istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan kualitas udara di Jakarta dan Palembang relatif baik dan mendukung untuk pelaksanaan Asian Games.

“Kualitas udara, baik Palembang dan Jakarta relatif baik dan siap mendukung pelaksanaan Asian Games,” kata Menteri Siti Nurbaya dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat (18/5).

Kualitas udara tersebut terpantau dari sistem monitoring kualitas udara (AQMS) yang ditempatkan di dua daerah yang akan menjadi tempat pelaksanaan Asian Games, yaitu Palembang dan Jakarta.

AQMS (Air Quallity Monitoring System) adalah alat yang secara “realtime” dapat menggambarkan kualitas udara ambien dengan menyediakan informasi yang realtime untuk PM (Particulate Matter) 2.5., dimana berarti alat tersebut dapat memonitor bahan-bahan partikel udara yang berukuran 2,5 mikrogram.

Di Palembang, dipasang dua unit AQMS yang telah diberoperasi sejak Januari 2017, terdiri dari satu unit yang berupa “fix station” dan satu unit yang portable.

Sementara di Jakarta, AQMS yang ditempatkan secara fix sebanyak satu unit beroperasi sejak 2 Mei 2018 dan didukung oleh tiga Unit AQMS portable.

Berdasarkan pemantauan kualitas udara dengan konsentrasi PM 2.5 sejak Januari hingga April 2018 terpantau kualitas udara Palembang tercatat 13,9 mikrogram/m3 dan di Jakarta tercatat 35 mikrogram/m3.

Sementara Baku Mutu Harian menurut PP No. 41 Tahun 1999 adalah 65 mikrogram/m3 dan baku mutu menurut WHO 25 mikrogram/m3.

Selain memasang alat pemantau kualitas udara, KLHK juga menyiapkan satuan tugas pemantau kualitas udara masing-masing untuk bertugas di Palembang dan Jakarta dengan menugaskan empat tim. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polda Sulsel Ringkus Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulawesi Selatan meringkus tersangka, yang merupakan sindikat peredaran narkoba jaringan internasional, setelah lebih dari dua tahun...
Pemukiman Yahudi di Tepi Barat

Israel Akan Bangun Ribuan Rumah Baru di Tepi Barat

YERUSALEM, SERUJI.CO.ID - Menteri Pertahanan Israel pada Kamis (24/5) mengatakan berencana meminta persetujuan untuk pembangunan sekitar 2.500 rumah baru sebagai permukiman Yahudi di Tepi...
ott, korupsi

KPK Periksa Bupati Buton Selatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat bersama enam orang yang diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) tiba...

Thailand Rebut Angka Pertama Atas Indonesia di Piala Uber

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Tim Thailand merebut angka pertama atas Indonesia pada pertandingan babak perempat final turnamen bulu tangkis beregu putri Piala Uber melalui pemain...

Angka Kurang Gizi di NTB Masih Tinggi

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat menyebutkan angka kurang gizi di wilayah itu masih tergolong tinggi. "Masih tinggi prevalensi kurang gizi di NTB,...