Kualitas Udara Jakarta-Palembang Aman untuk Asian Games

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan kualitas udara di Jakarta dan Palembang relatif baik dan mendukung untuk pelaksanaan Asian Games.

“Kualitas udara, baik Palembang dan Jakarta relatif baik dan siap mendukung pelaksanaan Asian Games,” kata Menteri Siti Nurbaya dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat (18/5).

Kualitas udara tersebut terpantau dari sistem monitoring kualitas udara (AQMS) yang ditempatkan di dua daerah yang akan menjadi tempat pelaksanaan Asian Games, yaitu Palembang dan Jakarta.

AQMS (Air Quallity Monitoring System) adalah alat yang secara “realtime” dapat menggambarkan kualitas udara ambien dengan menyediakan informasi yang realtime untuk PM (Particulate Matter) 2.5., dimana berarti alat tersebut dapat memonitor bahan-bahan partikel udara yang berukuran 2,5 mikrogram.

Di Palembang, dipasang dua unit AQMS yang telah diberoperasi sejak Januari 2017, terdiri dari satu unit yang berupa “fix station” dan satu unit yang portable.

Sementara di Jakarta, AQMS yang ditempatkan secara fix sebanyak satu unit beroperasi sejak 2 Mei 2018 dan didukung oleh tiga Unit AQMS portable.

Berdasarkan pemantauan kualitas udara dengan konsentrasi PM 2.5 sejak Januari hingga April 2018 terpantau kualitas udara Palembang tercatat 13,9 mikrogram/m3 dan di Jakarta tercatat 35 mikrogram/m3.

Sementara Baku Mutu Harian menurut PP No. 41 Tahun 1999 adalah 65 mikrogram/m3 dan baku mutu menurut WHO 25 mikrogram/m3.

Selain memasang alat pemantau kualitas udara, KLHK juga menyiapkan satuan tugas pemantau kualitas udara masing-masing untuk bertugas di Palembang dan Jakarta dengan menugaskan empat tim. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER