Kemendikbud Matangkan Kebijakan Libur Sekolah Saat Asian Games

0
9
Asian Games Jakarta Palembang (Foto:istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan berkoordinasi dengan kepala daerah terkait kebijakan libur sekolah selama penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September.

“Prinsipnya, anak-anak tetap akan belajar. Tapi, kami akan mematangkan kebijakan apakah mereka masuk sekolah atau tidak, berapa lama mereka tidak di sekolah atau sekolah-sekolah mana saja yang terkena peraturan itu,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy selepas mengikuti rapat koordinasi pengamanan Asian Games di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) di Jakarta, Kamis (17/5).

Sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta akan memberlakukan kebijakan pengaturan jam sekolah mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

“Anak-anak di Jakarta, saat tidak belajar sekolah, mereka justru bergerak dan tidak bisa kita kendalikan pergerakan mereka bisa sepanjang hari dari pagi sampai sore,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengindikasikan pembatalan rencana libur sekolah saat Asian Games.

Anies mengatakan kebijakan perubahan jam sekolah itu bertujuan pengendalian pergerakan anak-anak sekolah saat penyelenggaraan Asian Games, termasuk penjadwalan siswa-siswa yang akan menonton pertandingan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu.

“Secara objektif, kami masih punya hari libur. Blok waktu libur cukup panjang. Secara perhitungan, libur sudah tinggi,” kata Anies tentang pergerakan sekitar 835 ribu anak sekolah di Jakarta.

Kebijakan pengaturan jam sekolah itu demi memenuhi tuntutan durasi 34 menit perjalanan atlet dan ofisial peserta Asian Games 2018 dari wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, menuju sejumlah arena pertandingan di Jakarta, terutama di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Kementerian Perhubungan juga akan melakukan manajemen transportasi berupa rekayasa lalu lintas yang bekerja sama dengan Kepolisian RI berupa penggunaan jalur khusus Asian Games di sejumlah ruas jalan tol.

“Kami akan memberlakukan aturan ganjil-genap di sejumlah ruas jalan yang akan dilewati para peserta dan ofisial Asian Games. Kami juga akan membatasi angkutan barang dengan sumbu tiga ke atas,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Bencana Tanah Longsor di China, 5 Tewas

BEIJING, SERUJI.CO.ID - Bencana tanah longsor di Kota Chongqing, China, Ahad (20/5), merenggut lima nyawa warga dan melukai seorang. Pemerintah Kota Chongqing mengatakan bahwa lima korban...
tewas

Seorang Warga Aceh Tewas Tertimpa Pohon

LHOKSEUMAWE, SERUJI.CO.ID - Seorang warga di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, diketahui tewas dalam kondisi tertindih reruntuhan bangunan dapur yang ringsek tertimpa pohon yang...
bus

Dishub Bantul Siapkan Ratusan Armada Angkutan Mudik

BANTUL, SERUJI.CO.ID - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 210 armada untuk angkutan pemudik atau warga yang pulang kampung ke daerah itu...

Letusan Freatik Merapi, Desa Kaliurang Alami Hujan Abu

MAGELANG, SERUJI.CO.ID - Kawasan Desa Kaliurang, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terjadi hujan abu setelah letusan freatik kecil atau embusan dari Gunung Merapi pada...

Barca Menang Atas Sociedad pada Pertandingan Perpisahan Iniesta

BARCELONA, SERUJI.CO.ID - Tim juara Liga Spanyol Barcelona mengakhiri musim dengan kemenangan 1-0 atas tamunya Real Sociedad pada Ahad (20/5), berkat gol sensasional dari...