Kemendikbud Matangkan Kebijakan Libur Sekolah Saat Asian Games

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan berkoordinasi dengan kepala daerah terkait kebijakan libur sekolah selama penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September.

“Prinsipnya, anak-anak tetap akan belajar. Tapi, kami akan mematangkan kebijakan apakah mereka masuk sekolah atau tidak, berapa lama mereka tidak di sekolah atau sekolah-sekolah mana saja yang terkena peraturan itu,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy selepas mengikuti rapat koordinasi pengamanan Asian Games di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) di Jakarta, Kamis (17/5).

Sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta akan memberlakukan kebijakan pengaturan jam sekolah mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

“Anak-anak di Jakarta, saat tidak belajar sekolah, mereka justru bergerak dan tidak bisa kita kendalikan pergerakan mereka bisa sepanjang hari dari pagi sampai sore,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengindikasikan pembatalan rencana libur sekolah saat Asian Games.

Anies mengatakan kebijakan perubahan jam sekolah itu bertujuan pengendalian pergerakan anak-anak sekolah saat penyelenggaraan Asian Games, termasuk penjadwalan siswa-siswa yang akan menonton pertandingan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu.

“Secara objektif, kami masih punya hari libur. Blok waktu libur cukup panjang. Secara perhitungan, libur sudah tinggi,” kata Anies tentang pergerakan sekitar 835 ribu anak sekolah di Jakarta.

Kebijakan pengaturan jam sekolah itu demi memenuhi tuntutan durasi 34 menit perjalanan atlet dan ofisial peserta Asian Games 2018 dari wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, menuju sejumlah arena pertandingan di Jakarta, terutama di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Kementerian Perhubungan juga akan melakukan manajemen transportasi berupa rekayasa lalu lintas yang bekerja sama dengan Kepolisian RI berupa penggunaan jalur khusus Asian Games di sejumlah ruas jalan tol.

“Kami akan memberlakukan aturan ganjil-genap di sejumlah ruas jalan yang akan dilewati para peserta dan ofisial Asian Games. Kami juga akan membatasi angkutan barang dengan sumbu tiga ke atas,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Selesai ?

Menggugat Kepedulian Mahasiswa Atas Nasib Bangsa

Publik saat ini bertanya-tanya, apakah Mahasiswa Indonesia dan juga Organisasi Mahasiswa terutama yang bersifat eksternal kampus seperti HMI, GMKI, GMNI,PMKRI, PMII, IMM, KAMMI dan berbagai Ormawa lainnya masih ada?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER