Kemendikbud Matangkan Kebijakan Libur Sekolah Saat Asian Games

0
50
Asian Games Jakarta Palembang (Foto:istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan berkoordinasi dengan kepala daerah terkait kebijakan libur sekolah selama penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September.

“Prinsipnya, anak-anak tetap akan belajar. Tapi, kami akan mematangkan kebijakan apakah mereka masuk sekolah atau tidak, berapa lama mereka tidak di sekolah atau sekolah-sekolah mana saja yang terkena peraturan itu,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy selepas mengikuti rapat koordinasi pengamanan Asian Games di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) di Jakarta, Kamis (17/5).

Sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta akan memberlakukan kebijakan pengaturan jam sekolah mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

“Anak-anak di Jakarta, saat tidak belajar sekolah, mereka justru bergerak dan tidak bisa kita kendalikan pergerakan mereka bisa sepanjang hari dari pagi sampai sore,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengindikasikan pembatalan rencana libur sekolah saat Asian Games.

Anies mengatakan kebijakan perubahan jam sekolah itu bertujuan pengendalian pergerakan anak-anak sekolah saat penyelenggaraan Asian Games, termasuk penjadwalan siswa-siswa yang akan menonton pertandingan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu.

“Secara objektif, kami masih punya hari libur. Blok waktu libur cukup panjang. Secara perhitungan, libur sudah tinggi,” kata Anies tentang pergerakan sekitar 835 ribu anak sekolah di Jakarta.

Kebijakan pengaturan jam sekolah itu demi memenuhi tuntutan durasi 34 menit perjalanan atlet dan ofisial peserta Asian Games 2018 dari wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, menuju sejumlah arena pertandingan di Jakarta, terutama di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Kementerian Perhubungan juga akan melakukan manajemen transportasi berupa rekayasa lalu lintas yang bekerja sama dengan Kepolisian RI berupa penggunaan jalur khusus Asian Games di sejumlah ruas jalan tol.

“Kami akan memberlakukan aturan ganjil-genap di sejumlah ruas jalan yang akan dilewati para peserta dan ofisial Asian Games. Kami juga akan membatasi angkutan barang dengan sumbu tiga ke atas,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...