close

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Wanita, 33 tahun, Swasta, Kota Borong, NTT

Assalamualaikum wr wb

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Wassalam



oleh
dr Endang S.

Walaikumsalam wrwb

Sebelumnya, terima kasih sudah memberikan kepercayaan kepada kami, tim Dokter SERUJI Menjawab.

Mbak, menanyakan penyakit/diagnosa dari keluhannya yang sudah 4 hari merasakan kaki kebas, mudah kesemutan dan perut bagian bawah terasa sakit. Untuk menjawab suatu diagnosa dokter memerlukan beberapa data, tidak cukup hanya berdasarkan keluhan singkat tersebut.

Jika kita bertemu langsung maka saya akan melakukan anamnesa lebih jauh, misal perut sakitnya di bagian bawah kanan, atau kiri? Sakit perutmya disertai gangguan BAK atau tidak? dll.

Dan akan melakukan pemeriksaan fisik dengan stetoskop maupun perabaan daerah yang sakit. Jika diperlukan juga akan menyarankan untuk pemeriksaaan laboratorium tertentu.

Sehingga, kami tidak bisa memberikan jawaban pasti diagnosa pada keluhan yang sedang dialamai. Namun, kami di sini akan menerangkan secara global kemungkinan-kemungkinan penyakit yang bisa diderita dari keluhan tersebut.

Perut bagian bawah bisa dibagi dalam 3 area; bagian bawah kanan, bagian bawah tengah, dan bagian bawah kiri. Rasa sakit di perut juga ada bermacam-macam. Sakit yang terasa di dalam perut (organ dalam perut) atau di kulit perut atau di otot perut (dinding perut).

Rasa nyeri di dalam perut (organ dalam perut) juga bervariasi, bisa nyeri terus menerus tak berhenti, bisa juga nyeri yang hilang timbul.

Organ tubuh yang berada di perut bagian kanan bawah ada saluran pencernaan; usus buntu, usus halus, saluran kencing, ureter. Saluran reprosuksi: indung telur (ovum).

Di perut bawah bagian tengah ada saluran kencing; kandung kemih; saluran pencernaan: usus halus; saluran reprosuksi: rahim.

Di perut bawah bagian kiri terdapat saluran pencernaan; usus halus, usus besar, saluran reproduksi; ovum; saluran kencing; uretra. Atas dasar banyaknya organ di dalam perut tersebut maka keluhan nyeri di dalam perut diagnosanya juga sangat bervariasi.

Sedangkan rasa kebas dan kesemutan di kaki bisa disebabkan oleh berbagai faktor dari yang paling sederhana karena kecapekan, bisa juga karena radang syaraf tepi, atau infeksi, bahkan proses keganasan.

Pada kasus keluhan tersebut tidak disertai keluhan penyerta yang lain misal keputihan, nyeri saat buang air kecil, diare dll, apalagi jika nyeri perutnya hanya terasa di dinding perut, bukan didalam perut, bisa jadi hal tersebut muncul hanya karena kecapekan.

Silakan diingat, apakah akhir-akhri ini memang sedang terforsir kegiatan yang banyak dan kegiatan tersebut sering menunduk, misal angkat sesuatu dari lantai ditaruh di posisi yang lebih tinggi? Jika benar hal ini yang terjadi maka bisa jadi rasa kebas, kesemutan dan nyeri perut tersebut hanya karena kecapekan.

Saran saya, luangkan waktu untuk istirahat total minimal satu hari. Bila keluhan tidak berkurang minumlah obat pereda nyeri yang aman meskipun tanpa pengawasan dokter yaitu paracetamol 500 mg dan vitamin B kompleks, diminum sehari tiga kali. Jika dalam dua hari keluhan belum berkurang silakan berobat ke dokter.

Untuk diketahui paracetamol selain berfungsi untuk menurunkan panas juga bisa berfungsi untuk meredakan nyeri ringan sampai dengan sedang. Meskipun suhu tubuh tidak sedang panas, paracetamol boleh diminum untuk pereda nyeri dan tidak akan berefek menyebabkan suhu tubuh di bawah normal (hipotermi).

Paracetamol aman dikonsumsi walau tanpa pengawasan dokter, namun tidak disarankan untuk terlalu sering mengkonsumsinya.

Selain itu, jika sudah lama (lebih dari 6 bulan) belum cek kadar gula darah dan HB (haemoglobin) silakan ke laboratorium untuk memeriksakan tersebut. Jika kadar gula darah di atas normal dan atau kadar HB di bawah normal, silakan mendatangi dokter anda. Sebab Gula darah di atas normal maupun HB di bawah normal bisa menimbulkan gejala kebas dan kesemutan.

Demikian dari kami, semoga bermanfaat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Inilah Para Dokter Pengasuh Rubrik Kesehatan SERUJI

SERUJI.CO.ID - Berikut adalah para dokter, total sampai saat ini 38 dokter speasilis yang pakar dibidangnya, mengasuh rubrik kesehatan SERUJI, yang kami beri nama...

TERPOPULER

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Wanita, 46 tahun, Karyawan, Palembang Assalamualaikum wrwb, Saya mau nanya dok, Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh...

Sering Kesemutan dan Rasa Baal Diujung Jari Kaki

Pria, 53 tahun (8 September 2017) Assalamu'alaikum dokter. Saya laki laki berusia 53th, punya keluhan sering kesemutan dan merasa baal di ujung jari kaki kiri. Kira-kira...

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.