Wanita, 46 tahun, Karyawan, Palembang

Assalamualaikum wrwb,

Saya mau nanya dok,
Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai mata kaki apa penyebab nya dok hrs ke dokter spesialis apa saraf atau penyakit dlam mana jika sy berobat

Terima Kasih,

Wassalam



oleh
dr Endang S.

Walaikumsalam wrwb

Ibu Ambar di Palembang, saya atas nama Dokter Seruji Menjawab (DSM) mengucapkan banyak terima kasih atas pertanyaan yang ibu ajukan.

Rasa baal pada jari kaki merupakan salah satu gejala terganggunya fungsi syaraf tepi. Gangguan syaraf tepi ini bisa terjadi karena beberapa hal, dari hal yang sangat sederhana sampai penyakit yang serius. Gangguan fungsi pada syaraf tepi dapat berasal dari gangguan biokemistri seperti terganggunya keseimbangan air dan elektrolit, proses peradangan, proses keganasan, trauma dan lain sebagainya.

Hal yang sederhana misalnya karena peredaran darah di area jari yang tidak lancar akibat tekanan pada jari kaki misalnya karena kebiasaan pemakaian sepatu yang sempit (model sepatu yang ujungnya mengerucut). Hal yang serius misalnya karena penyakit lepra, penyakit diabetes melitus, dll.

Pada kasus ibu Ambar dimana ada rasa baal di jari yang disertai rasa kaki seperti ketarik dari mulai pinggul sampai ke mata kaki maka saya menyarankan hal-hal sebagai berikut.

Pertama, bila ibu terbiasa menggunakan sepatu atau sandal yang modelnya sempit dibagian jari maka mulai sekarang tinggalkan kebiasaan tersebut. selain itu gunakan sepatu yang tidak berhak tinggi, sebab sepatu yang berhak tinggi akan mengakibatkan jari kaki semakin tertekan. Sesekali lepaskan sepatu di tempat kerja lalu gerak-gerakkan kaki kemudian pijit-pijitlah di area punggung kaki dan telapak kaki juga jari-jari kaki agar peredaran darahnya lancar.

Kedua, amati seluruh tubuh ibu, adakah bercak pada kulit yang berwarna keputihan atau kehitaman atau kemerahan tapi tidak terasa gatal? Bila ibu menemukan bercak tersebut segera konsultasikan ke dokter sebab bisa jadi bercak tersebut adalah tanda dari penyakit lepra. Penyakit lepra bisa menimbulkan gejala baal di jari kaki.

Ketiga, periksa kadar gula darah, bila melebihi normal ada kemungkinan ibu menderita DM, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Penyakit DM juga bisa menimbulkan gangguan pada syaraf tepi yang gejalanya bisa berupa baal di jari kaki.

Namun karena pada kasus yang ibu alami ada rasa ketarik dari pinggul sampai mata kaki maka ada kemungkinan juga syaraf kejepit. Namun meskipun begitu ibu tidak usah terlalu khawatir sebab banyak kasus rasa tidak nyaman di kaki dan baal di jari kaki yang hanya sesaat dan tidak ada penyakit yang mendasarinya.

Bila ketiga saran saya diatas sudah dilakukan dan hasilnya tidak ditemukan bercak pada kulit, kadar gula darah juga bagus namun rasa baal masih juga belum hilang silakan periksa dokter umum terlebih dahulu untuk mendapatkan pengobatan. Sering kasus seperti itu bisa segera sembuh dengan minum obat dalam jangka waktu yang pendek (tidak sampai sebulan). Bila dokter umum menyimpulkan kasus ibu harus dirujuk ke dokter spesilis maka dokter umum akan mengarahkan ibu untuk periksa ke dokter spesialis yang disesuaikan dengan kasus yang ibu alami.

Obat neurotropik seperti yang sudah ibu konsumsi bisa efektif mengurangi baal bila disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 (salah satu komponen yang terkandung pada obat neurotropik adalah vitamin B12).

Demikian jawaban saya ibu Ambar, semoga bisa membantu dan semoga segera sembuh.

Wassalam
dr Endang


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama