Wartawan Dalam Lingkaran Elite Kekuasaan

Oleh: Budi Setiawanto


Dahlan Iskan yang awalnya wartawan kemudian menjadi pengusaha sukses di bidang pers dengan mendirikan Jawa Pos Grup hingga menjadi Menteri BUMN.

Dari kalangan yang relatif masih muda, Johan Budi yang pernah menjadi wartawan mingguan berita, misalnya, lalu beralih profesi menjadi Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi dan kini menjadi Juru Bicara Kepresidenan.

Fadli Zon yang berpengalaman menjadi wartawan di tabloid, harian, dan majalah pada era 1990-1996, kemudian berkiprah di lembaga kajian, pengusaha, politikus Partai Gerindra, hingga sekarang menjabat Wakil Ketua DPR RI.

Atau Grace Natalie yang sebelumnya dikenal sebagai wartawan sebuah stasiun televisi kini menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, sebuah partai baru yang sedang diseleksi oleh Komisi Pemilihan Umum untuk bisa menjadi salah satu partai peserta Pemilu 2019.

Merujuk pada kedekatan antara Hilman yang pernah menjadi Koordinator Wartawan DPR 2014-2016 dan Setya Novanto yang kini menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam korupsi pengadaan KTP elektronik membawa risiko tersendiri bagi integritas dan kredibilitas wartawan dalam menjaga marwah kode etik.

Apalagi Hilman kini dikenakan status tersangka oleh Polda Metro Jaya karena diduga lalai dalam mengemudikan mobil sambil memegang telepon genggam sehingga menyebabkan kecelakaan.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Para pria dianjurkan tidak berjenggot. Bagi yang bersikeras tetap berjenggot, mereka dikenakan pajak, sesuai dengan status sosial dan profesi.. Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Konsisten Kemaruk Kekuasaan

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close