Wartawan Dalam Lingkaran Elite Kekuasaan

Oleh: Budi Setiawanto

Dahlan Iskan yang awalnya wartawan kemudian menjadi pengusaha sukses di bidang pers dengan mendirikan Jawa Pos Grup hingga menjadi Menteri BUMN.

Dari kalangan yang relatif masih muda, Johan Budi yang pernah menjadi wartawan mingguan berita, misalnya, lalu beralih profesi menjadi Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi dan kini menjadi Juru Bicara Kepresidenan.

Fadli Zon yang berpengalaman menjadi wartawan di tabloid, harian, dan majalah pada era 1990-1996, kemudian berkiprah di lembaga kajian, pengusaha, politikus Partai Gerindra, hingga sekarang menjabat Wakil Ketua DPR RI.

Atau Grace Natalie yang sebelumnya dikenal sebagai wartawan sebuah stasiun televisi kini menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, sebuah partai baru yang sedang diseleksi oleh Komisi Pemilihan Umum untuk bisa menjadi salah satu partai peserta Pemilu 2019.

Merujuk pada kedekatan antara Hilman yang pernah menjadi Koordinator Wartawan DPR 2014-2016 dan Setya Novanto yang kini menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam korupsi pengadaan KTP elektronik membawa risiko tersendiri bagi integritas dan kredibilitas wartawan dalam menjaga marwah kode etik.

Apalagi Hilman kini dikenakan status tersangka oleh Polda Metro Jaya karena diduga lalai dalam mengemudikan mobil sambil memegang telepon genggam sehingga menyebabkan kecelakaan.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Untuk Merdeka

Pada saat pemimpin Jepang sudah memvisikan sebuah masyarakat baru Society 5.0, apakah kita saat ini, sebagai bangsa, sebagai ummat, berada pada jalur yang benar menuju puncak kejayaan menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, serta cerdas?

Anak Mudah Tersinggung dan Hilang Kontrol, Apa Yang Harus Dilakukan Ortu?

Anak saya pelajar, wanita, umur 15 tahun, sudah berjalan 2 bulan, berobat jalan di RJS Lawang, Malang. Tapi dia masih besar ketersinggungan, kesalah pahaman dalam menerima omongan dan perkataan orang lain.

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

TERPOPULER