Wartawan Dalam Lingkaran Elite Kekuasaan

Oleh: Budi Setiawanto


Memilih Sangat banyak untuk sekadar menyebut contoh wartawan yang berada dalam lingkaran elite karena memang tidak ada larangan bagi wartawan untuk masuk dalam lingkaran itu.

Etika yang harus dijunjung tinggi dan menjadi pedoman bagi hati nuraninya adalah wartawan harus memilih untuk tetap menjadi wartawan atau beralih profesi yang ada di kalangan elite seperti masuk dalam elite pemerintahan, politikus, atau pengusaha.

Selama wartawan memilih untuk tetap menjadi wartawan maka dia terikat oleh ketentuan dalam peraturan perundang-undangan, misalnya UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, atau UU yang terkait dengan pers seperti Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan UU Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi, dan kode etik.

Memilih untuk beralih profesi pun bisa ditempuh. Pada masa lalu, misalnya, kita ingat bahwa Adam Malik, salah seorang pendiri Kantor Berita Antara, kemudian menjadi Menteri Luar Negeri bahkan bisa menjadi Wakil Presiden. Sepeninggal Adam Malik, hingga kini belum ada lagi wartawan yang bisa menjadi Wakil Presiden.

Kemudian Harmoko yang awal kariernya sebagai wartawan sebuah koran kriminal di ibu kota dan sempat pula menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia lalu menjadi Menteri Penerangan selama tiga periode dan Menteri Negara Urusan Khusus pada era Presiden Soeharto. Lalu menjadi Ketua Umum Partai Golkar, Ketua MPR/DPR, bahkan turut serta meminta Presiden Soeharto untuk lengser dari jabatannya saat Gerakan Reformasi tahun 1998. Setelah pensiun dari statusnya sebagai elite, dia kembali menjadi penulis kolom untuk koran tersebut.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo, Jokowi dan Massa

Bila peristiwa 212 yang penuh makna direvisi pada versi pengkerdilan, sebuah perubahan sosial yang akan terjadi setelahnya sulit diprediksi. Itu seperti terjadi beberapa waktu sebelum keruntuhan rezim Suharto dua dekade lalu.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close