Wartawan Dalam Lingkaran Elite Kekuasaan

Oleh: Budi Setiawanto


Kedekatan semacam inilah yang kerap terabaikan di lapangan. Semua berawal dari karya wartawan yang dianggap bagus dan sesuai dengan keinginan dan kepentingan oleh narasumber setelah dia mewancarai narasumber. Narasumber pun merasa cocok dan memberikan sesuatu dengan alasan sebagai ucapan terima kasih. Kemudian terjalinlah kedekatan yang saling menguntungkan bagi mereka walaupun kadangkala berbenturan dengan kepentingan publik.

Meskipun kode etik dalam dunia kewartawan seperti Kode Etik Jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia (KEJ-PWI), Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI), Kode Etik Jurnalistik Aliansi Jurnalis Independen (KEJ-AJI), atau Kode Etik Jurnalis Televisi Indonesia, yang merupakan rambu-rambu moral bagi wartawan dalam menjalankan profesinya menuntut untuk dipatuhi tetapi “pelanggaran” masih terjadi.

Misalnya kode etik yang menyebutkan bahwa wartawan harus bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk, menjadi dipertanyakan karena di lapangan terjadi pemihakan wartawan dalam kepentingan tertentu, bisa kepentingan pribadi, kepentingan pengusaha, kepentingan penguasa, atau kepentingan pemilik modal sehingga pemberitaannya tidak berimbang bahkan tidak beritikad baik.

Dalam kode etik disebutkan wartawan tidak menyalahgunakan profesi dan tidak menerima hadiah atau pemberian, apalagi suap, tetapi di lapangan masih ada.

Wartawan dalam kode etik misalnya juga harus menghormati hak narasumber tentang kehidupan pribadinya kecuali untuk kepentingan publik, tetapi yang terjadi di lapangan, ada wartawan yang membela “mati-matian” kepentingan narasumber meskipun itu berlawanan karena menyangkut kepentingan publik untuk mengetahui.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close