Pilkada dan Upaya Pencapaian Titik Kesetimbangan Politik

oleh: Panca Hari Prabowo

Pengaruh Ketokohan

Pengaruh dari ketokohan dalam pergerakan kebijakan partai memang masih menjadi hal yang dominan. Pemikiran dan sikap Megawati Soekarnoputri akan menjadi warna yang kuat bagi sikap politik PDIP. Di posisi yang sama, ada pula Susilo Bambang Yudhoyono bagi Partai Demokrat.

Garis-garis kebijakan Partai Demokrat akan berkorelasi sangat kuat dengan pemikiran dan sikap mantan Presiden ke-6 RI itu.

Di Partai Amanat Nasional, reaksi dan pendapat Amien Rais juga mendapat tempat yang istimewa bagi kebijakan partai berlambang matahari itu. Meski tak lagi menjabat sebagai ketua umum partai, pendapat Amien Rais sangat diperhatikan.

Sosok Prabowo Subianto menjadi ikon bagi Partai Gerindra. Prabowo selama ini memang identik dengan perkembangan partai yang merupakan salah satu dari lima besar kekuatan politik nasional.

Berkaca pada polarisasi pandangan politik yang tajam saat Pilpres 2014, maka wajar bila masing-masing tokoh yang menjadi patron politik skala nasional menjalin komunikasi.

Selain menetapkan jalan bagi hasil yang maksimal dalam perhelatan politik lima tahunan tersebut, komunikasi tersebut juga menjadi alat pencegah terjadinya ketegangan yang berlebih di tingkat akar rumput.

Komunikasi dan kesepakatan yang terwujud pada akhirnya bisa menjadi sebuah titik kesetimbangan politik yang menghasilkan proses politik yang jauh dari kegaduhan.

Ketika masing-masing kekuatan politik dapat memenuhi ekspektasi kepentingannya maka proses politik bisa berjalan dengan baik.

Namun, yang harus dibaca dan dipahami masing-masing aktor adalah jangan sampai upaya mencapai titik kesetimbangan politik itu, dibangun dengan cara-cara yang justru mencederai prinsip demokrasi dan berujung pada pengabaian hak dan harapan konstituen mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER