Pilkada dan Upaya Pencapaian Titik Kesetimbangan Politik

oleh: Panca Hari Prabowo

Pengaruh Ketokohan

Pengaruh dari ketokohan dalam pergerakan kebijakan partai memang masih menjadi hal yang dominan. Pemikiran dan sikap Megawati Soekarnoputri akan menjadi warna yang kuat bagi sikap politik PDIP. Di posisi yang sama, ada pula Susilo Bambang Yudhoyono bagi Partai Demokrat.

Garis-garis kebijakan Partai Demokrat akan berkorelasi sangat kuat dengan pemikiran dan sikap mantan Presiden ke-6 RI itu.

Di Partai Amanat Nasional, reaksi dan pendapat Amien Rais juga mendapat tempat yang istimewa bagi kebijakan partai berlambang matahari itu. Meski tak lagi menjabat sebagai ketua umum partai, pendapat Amien Rais sangat diperhatikan.

Sosok Prabowo Subianto menjadi ikon bagi Partai Gerindra. Prabowo selama ini memang identik dengan perkembangan partai yang merupakan salah satu dari lima besar kekuatan politik nasional.

Berkaca pada polarisasi pandangan politik yang tajam saat Pilpres 2014, maka wajar bila masing-masing tokoh yang menjadi patron politik skala nasional menjalin komunikasi.

Selain menetapkan jalan bagi hasil yang maksimal dalam perhelatan politik lima tahunan tersebut, komunikasi tersebut juga menjadi alat pencegah terjadinya ketegangan yang berlebih di tingkat akar rumput.

Komunikasi dan kesepakatan yang terwujud pada akhirnya bisa menjadi sebuah titik kesetimbangan politik yang menghasilkan proses politik yang jauh dari kegaduhan.

Ketika masing-masing kekuatan politik dapat memenuhi ekspektasi kepentingannya maka proses politik bisa berjalan dengan baik.

Namun, yang harus dibaca dan dipahami masing-masing aktor adalah jangan sampai upaya mencapai titik kesetimbangan politik itu, dibangun dengan cara-cara yang justru mencederai prinsip demokrasi dan berujung pada pengabaian hak dan harapan konstituen mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.