Pilkada dan Upaya Pencapaian Titik Kesetimbangan Politik

oleh: Panca Hari Prabowo

Emil sendiri menjadi Bupati Trenggalek setelah diusung oleh PDIP dan mengatakan telah berkomunikasi dengan partai pengusungnya saat maju ke kancah pilkada Jawa Timur tahun depan.

Emil mengaku telah berkomunikasi dengan PDI Perjuangan terkait dengan langkahnya maju pada Pilkada Jawa Timur 2018.

“Saya sudah berbicara dengan baik-baik ke Sekjen PDIP dan direspons dengan sangat baik,” kata Emil di Jakarta, Rabu pekan lalu, seusai menerima surat rekomendasi dukungan DPP Golkar terhadap Khofifah dan dirinya yang akan maju pada Pilkada Jatim 2018.

Dalam setiap langkahnya mengabdi untuk negeri, Emil selalu berserah diri kepada Allah SWT.

Dia meyakini keputusannya maju mendampingi Khofifah pada Pilkada Jawa Timur merupakan yang terbaik pula bagi masyarakat Trenggalek.

“Saya memilih melihat ke depan. Tentu pilihan menjadi tanggung jawab masing-masing. Niat saya bersedia mendampingi Ibu Khofifah karena saya sudah melihat visi-misi beliau dan insya Allah dengan niat pengabdian maka yang diuntungkan masyarakat, bangsa, dan negara,” tutur Emil.

Sebelumnya keputusan Emil maju mendampingi Khofifah pada Pilkada Jatim sempat dipersoalkan internal PDI Perjuangan. PDI Perjuangan selaku salah satu partai pendukung Emil di Trenggalek dan menganggap Emil selaku kader, telah memiliki calon sendiri pada Pilkada Jawa Timur.

Konsolidasi politik pun masih berlangsung dalam perjalanan menuju Pilkada Jabar yang juga akan berlangsung tahun depan.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang memastikan diri akan maju dalam pencalonan Gubernur Jabar, sejauh ini mendapat komitmen dukungan dari sejumlah partai, yakni Nasdem, PPP, PKB, dan Golkar.

Sementara, nama-nama lainnya seperti Dedy Mizwar, Dedi Mulyadi, dan beberapa nama lainnya masih berkomunikasi secara intens dengan parpol lainnya.

Partai Demokrat, Gerindra, dan PKS masih ditunggu akan menjatuhkan dukungan kepada pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang mana.

Meski komunikasi politik telah berlangsung, finalisasi dukungan resmi diperkirakan akan muncul dari partai-partai tersebut mendekati masa penutupan pendaftaran peserta Pilkada Jabar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER