Pilkada dan Upaya Pencapaian Titik Kesetimbangan Politik

oleh: Panca Hari Prabowo

Emil sendiri menjadi Bupati Trenggalek setelah diusung oleh PDIP dan mengatakan telah berkomunikasi dengan partai pengusungnya saat maju ke kancah pilkada Jawa Timur tahun depan.

Emil mengaku telah berkomunikasi dengan PDI Perjuangan terkait dengan langkahnya maju pada Pilkada Jawa Timur 2018.

“Saya sudah berbicara dengan baik-baik ke Sekjen PDIP dan direspons dengan sangat baik,” kata Emil di Jakarta, Rabu pekan lalu, seusai menerima surat rekomendasi dukungan DPP Golkar terhadap Khofifah dan dirinya yang akan maju pada Pilkada Jatim 2018.

Dalam setiap langkahnya mengabdi untuk negeri, Emil selalu berserah diri kepada Allah SWT.

Dia meyakini keputusannya maju mendampingi Khofifah pada Pilkada Jawa Timur merupakan yang terbaik pula bagi masyarakat Trenggalek.

“Saya memilih melihat ke depan. Tentu pilihan menjadi tanggung jawab masing-masing. Niat saya bersedia mendampingi Ibu Khofifah karena saya sudah melihat visi-misi beliau dan insya Allah dengan niat pengabdian maka yang diuntungkan masyarakat, bangsa, dan negara,” tutur Emil.

Sebelumnya keputusan Emil maju mendampingi Khofifah pada Pilkada Jatim sempat dipersoalkan internal PDI Perjuangan. PDI Perjuangan selaku salah satu partai pendukung Emil di Trenggalek dan menganggap Emil selaku kader, telah memiliki calon sendiri pada Pilkada Jawa Timur.

Konsolidasi politik pun masih berlangsung dalam perjalanan menuju Pilkada Jabar yang juga akan berlangsung tahun depan.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang memastikan diri akan maju dalam pencalonan Gubernur Jabar, sejauh ini mendapat komitmen dukungan dari sejumlah partai, yakni Nasdem, PPP, PKB, dan Golkar.

Sementara, nama-nama lainnya seperti Dedy Mizwar, Dedi Mulyadi, dan beberapa nama lainnya masih berkomunikasi secara intens dengan parpol lainnya.

Partai Demokrat, Gerindra, dan PKS masih ditunggu akan menjatuhkan dukungan kepada pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang mana.

Meski komunikasi politik telah berlangsung, finalisasi dukungan resmi diperkirakan akan muncul dari partai-partai tersebut mendekati masa penutupan pendaftaran peserta Pilkada Jabar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Umat Islam Harus Menangkan Pilpres dan Pileg

Mengingat betapa pentingnya momentum Pemilu 17 April 2019, maka umat Islam harus benar-benar berjuang dan mempunyai komitmen untuk dapat memenangkan pertarungan politik baik untuk Pilpres maupun Pileg yaitu memilih calon Paslon Presiden/Wapres serta Caleg yang didukung oleh Partai Politik yang memang punya komitmen berjuang dan keberpihakan untuk kepentingan Umat Islam dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dari Plot Pembunuhan Menuju Monarkhi Konstitusional di Arab Saudia

Aneka media luar dan dalam negeri dengan telanjang menggambarkannya. Tim 15 orang memutilasi, memotong korban ketika korban masih hidup. Suara melengking korban kesakitan yang luar biasa terdengar dan terekam.

Skyline Message

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.