Novanto dan Ketololan Bangsa Kita

2
4975

Pertanyaan ini penting untuk melihat tanggung jawab kita sebagai sebuah bangsa yang “civilized”. Yang hari ini simbol rakyatnya dijadikan buronan dan disaksikan seluruh dunia.

Jika rakyat menginginkan perubahan tentu delegitimasi atas sistem sosial yang ada harus diwujudkan dan gerakan rakyat harus menunjukkan kemarahan besar. Kemarahan besar harus merujuk pada keinginan menyingkirkan sistem sosial politik busuk yang mengkooptasi bangsa ini. Lalu juga menyingkirkan elit elit politik busuk, semuanya. Serta membangun sistem sosial dan elit politik yang ideal, seperti yang dilakukan bangsa bangsa besar.

Sebaliknya, jika yng terjadi hanya puas pada sirkulasi elit dari Novanto yang asli ke Novanto novanto lainnya, maka sesungguhnya rakyat pun sudah masuk dalam jebakan sistem sosial politik busuk yang berkepanjangan.

Saat ini adalah saat bangsa kita mengukur diri kita. Yakni mengukur Ketololan Bangsa Kita.

 

*) Penulis adalah Direktur Sabang Merauke Circle

(ARif R)

2 KOMENTAR

  1. Potret sebuah bangsa yg tidak mau sungguh-sungguh lepas dari krisis multidimensi yang memelihara zona kenyamanan buat sebagian orang. Doa saja tentu tidak cukup kalau tidak diikuti dengan Azzam yang KUAT untuk berlepas dari krisis.

  2. Ulasan yang mencerahkan seputar SN dan bobroknya sistem ala “SN” di negeri ini. “SN” adalah bagian dari SN. Berbuatlah sesukamu, SN; lalu tanggung sendiri akibatnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama