Novanto dan Ketololan Bangsa Kita

2
4975

Novanto adalah tangan kanan Jokowi saat ini. Dia bekerja dalam simbiosis mutualisma dengan Jokowi, baik dalam mendukung Jokowi untuk kembali jadi presiden 2019, maupun dalam mengamankan DPR RI untuk memuluskan agenda rezim Jokowi di parlemen.

Novanto adalah tangan kanan Prabowo Subianto pada pilpres 2014 lalu. Dia bekerja siang malam untuk memenangkan Prabowo jadi presiden.

Novanto adalah tangan kanan Jusuf Kalla ketika JK menjadi ketua umum Golkar beberapa tahun lalu. Novanto merupakan bendahara yang berfungsi mencari sumber sumber pembiayaan Partai dan politik JK.

Novanto adalah pendukung utama Ahok dalam pilkada DKI. Bersama Yorys Raweyai, Novanto menggalang konglomerat konglomerat berpawai “kebhinnekaan” untuk mendukung Ahok.

Dalam arus rakyat, Novanto adalah pemilik gelar GUS. Dia mendapatkan kartu anggota NU diberikan langsung oleh ketua Dewan Syuro dan ketua Tanfidziah NU, beberapa saat lalu. Bahkan dia melalukan safari politik ke pesantren pesantren.

Jadi, jejak Novanto selama 20 tahun belakangan ini, menunjukkan bahwa bangsa kita memang memproduksi elit elit nasional dengan karakter Novanto. Manusia dengan karakter minus intelektualitas, gemar korupsi, dan mempersepsikan kekuasaan sebagai alat pencari kekayaan.

2 KOMENTAR

  1. Potret sebuah bangsa yg tidak mau sungguh-sungguh lepas dari krisis multidimensi yang memelihara zona kenyamanan buat sebagian orang. Doa saja tentu tidak cukup kalau tidak diikuti dengan Azzam yang KUAT untuk berlepas dari krisis.

  2. Ulasan yang mencerahkan seputar SN dan bobroknya sistem ala “SN” di negeri ini. “SN” adalah bagian dari SN. Berbuatlah sesukamu, SN; lalu tanggung sendiri akibatnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama