SCROLL KE ATAS UNTUK BACA BERITA

MENU

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Catatan Perjalanan Denny JA

Legacy Peter The Great yang gandrung pada peradaban barat sempat dipatahkan oleh Lenin dan rezim komunisme. Lenin sempat membawa Rusia, yang meluas menjadi Uni Sovyet, ke arah yang berbeda. Tapi kini komunisme sudah tumbang.

Kini Putin datang. Ia menjadi penguasa terkuat Rusia pasca tumbangnya Komunisme.

Putin merasa dirimya menjadi reinkarnase Peter The Great untuk dunia digital. Dalam satu kesempatan, Putin menyatakan pandangannya soal siapakah pahlawan Rusia. Ia tidak menyebut Lenin, pendiri komunisme Rusia. Ia menyebut Peter the Great.

Di kantornya, lukisan besar Peter The Great terpampang. Putin menyatakan pula bahwa ia mengidolakan presiden Amerika Franklin D Roosevelt yang berhasil membangun kembali negara di era Great Depression tahun tiga puluhan. Roosevelt adalah ikon peradaban barat untuk pemerintahan.

Sebagimana Peter The Great, Putin kembali ingin membawa Rusia sebagai bagian paling maju dari peradaban barat. Namun sejauh ini, baru sebagain dari peradaban barat yang ia serap: soal industri, ilmu pengetahuan, perdagagan bebas dan birokrasi modern. Namun sisi lain peradaban barat belum ia terapkan penuh: demokrasi dan prinsip hak asasi manusia.

Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Namun kini di dunia barat, bahkan banyak tokoh dan pemikir berpengaruh juga berjenggot. Dan tak ada pajak khusus untuk pria yang berjenggot.*

Agustus 2019

Ingin mengabarkan peristiwa atau menulis opini? Silahkan tulis di kanal WARGA SERUJI dengan klik link ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BERITA TERBARU

spot_img

TERPOPULER

close