Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Oleh: Nico Andrianto, Alumnus program Master of Policy and Governance, Crawford School of Public Policy, The Australian National University, Canberra, Australia.

Helmy yang mulai banyak diundang paparan di depan organisasi pertelevisian internasional, memperoleh beberapa tayangan kartun anak-anak bermutu secara gratis, sebuah bentuk kolaborasi untuk menghemat biaya produksi di tengah anggaran yang “cekak”. Cara menekan biaya produksi lainnya, TVRI sering berburu acara di instansi lain untuk ditayangkan, termasuk pagelaran wayang di BPK. Tidak ingin terdisrupsi, TVRI membangun aplikasi teknologi baru dengan membangun portal video yang mudah diakses pemirsa melalui berbagai gawai.

Prioritasi anggaran menghasilkan beberapa sarana dan prasarana yang bahkan terbaru saat ini, seperti yang dikerahkan dalam acara Debat Pilpres 2019. Bagaimanapun TVRI tetap menjaga netralitas saat persaingan politik Pilpres 2019 tersebut. Beberapa penonton yang bosan dengan kecenderungan keberpihakan media pada salah satu Paslon mulai beralih pada tayangan TVRI. Acara “Kupas Partai” atau “Rumah Demokrasi” menjadi program bertema politik dengan kemasan kekinian.

Meski tak selalu berhasil, Helmy terus mencoba meyakinkan pemerintah, parlemen, lembaga keuangan, BUMN, industri, universitas, dan media agar memberikan dukungan. Orang-orang kreatif akan menyulap tembok bangunan TVRI yang muram dengan lukisan-lukisan mural yang unik. Helmy berupaya menanamkan budaya pembelajar dan perbaikan terus-menerus bagi karyawannya. Hasilnya, TVRI baru memperoleh penghargaan Asia Vision Monthly Award 2018, Panasonic Gobel Award 2018, dan Adam Malik Award 2018. Komentar netizen sangat melegakan Helmy, “Kirain stasiun tv baru, ternyata @TVRINasional. Keren gokil. Keep it up”.

BACA JUGA:  Mengapa Islamophobia?

Sebuah kepuasan batin bagi Helmy Yahya bisa memberikan sumbangsih pada lembaga yang dahulu turut membesarkannya. Kinerja TVRI kini seperti melompat, dengan rating yang terus naik secara meyakinkan. Di DKI Jakarta, TVRI memperoleh peringkat 10 mengalahkan beberapa TV swasta terkenal berbiaya mahal. Saat lowongan tenaga kontrak dibuka baru-baru ini, sebanyak 21.300 orang ingin bergabung dengan TVRI. Helmy berharap kelak TVRI bisa menyamai BBC, VOA atau ABC. Setidaknya Helmy telah membuktikan perbaikan TVRI adalah sebuah possible mission.


BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Disabilitas Mental dan Pemilu

Ketika Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa KPU mendata pemilih penyandang disabilitas mental atau sakit jiwa, muncul pertanyaan penderita penyakit jiwa mana yang diberikan hak untuk memilih?

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Terpilih Sebagai Ketua Kadin Surabaya, Ali Affandi: Tantangan ke Depan Sangat Komplek

Menurut putra pertama Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattaliti ini, tantangan Surabaya kedepan sangat komplek. Terlebih JP Morgan mengatakan bahwa pada tahun 2020 akan terjadi krisis global. Untuk itu, katanya, Surabaya harus menguatkan diri dan membentengi para pengusaha agar tetap berdaya dan berjaya.

Tegaskan NasDem Tidak Minta-Minta Jatah Menteri, Paloh: Jika Diperlukan Boleh

"Kami tidak pernah minta-minta menteri, tergantung presiden saja; diperlukan NasBem boleh, tidak diperlukan juga tidak apa-apa," kata Paloh

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Kongres V PDIP: Dihadapan Pimpinan Parpol, Mega Isyaratkan Puan Harus Jadi Ketua DPR RI

Mega mengisyaratkan kursi Ketua DPR RI akan diduduki oleh putrinya yang kini menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Soal Impor Rektor, KSP: Yang Dimaksud Adalah Berkualifikasi Internasional Bukan Harus Asing

Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Yanuar Nugroho menjelaskan, wacana pemerintah tersebut sebenarnya berkaitan dengan kualifikasinya berskala internasional, bukan soal kewarganegaraannya.

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Dewan Pers Ingatkan Media untuk Terus Kawal Janji Politik Yang Dilontarkan Pada Pemilu 2019

Menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Nilai Tidak Etis Parpol Pengusung Prabowo Gabung Pemerintah, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Saat Pilpres 2019 saling rebut kekuasaan, lantas saat kalah bergabung ke yang menang. Tidak Etis. Kata pakar HKTN ini.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi