SCROLL KE ATAS UNTUK BACA BERITA

MENU

Kegalauan Insan Pers di Konkernas 2017

Oleh: Iskandar Z Datu

Keniscayaan

Maraknya meme tentang Ketua DPR RI Setya Novanto juga mendapat perhatian Gun Gun Siswadi, Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, yakni lahir dari perkembangan teknologi media.

Pesatnya perkembangan teknologi butuh diimbangi dengan regulasi agar masyarakat terlindungi dari penyalahgunaan teknologi itu. Kemajuan teknologi ibarat pisau bermata dua tergantung dari yang memanfaatkannya.

Alasan tersebut, katanya, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan agar kartu telepon di-daftar sesuai dengan kartu penduduk.

Minat warga menggunakan sarana komunikasi cukup tinggi terbukti jumlah sim card yang beredar di Indonesia tercatat sekitar 337 juta padahal penduduk 256,2 juta jiwa.

Data lain yang diungkapkan bahwa pengguna internet sekitar 132 juta atau sekitar 48,2 persen dari jumlah penduduk dan 65 persen tinggal di Jawa. Sedangkan dilihat profesinya 62 persen atau sekitar 82,2 juta jiwa pekerja swasta, diikuti ibu rumah tangga 16,6 persen atau 22 juta jiwa.

Data itu, kata dia, menjadi tantangan dan peluang bagi media massa dalam melakukan berbagai terobosan atau perubahan dalam menghadapi tantangan zaman.

Sementara itu, Henry C Bangun saat menutup sesinya dengan optimistis mengatakan bahwa “Kompetisi menuntut kualitas dan inovasi serta konten bermutu dan pengelolaan yang profesional menciptakan peluang”.

Sedangkan Prof Lizar Alfansi PhD dari Universitas Bengkulu menyatakan bahwa kata kunci menghadapi tantangan tersebut adalah harus mampu bermetamorfosa atau menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman. “Kita tidak tahu kapan media (mainstream) benar-benar habis namun itu sebuah keniscayaan,” ujarnya.

Mau tidak mau, suka tidak suka maka perubahan adalah keniscayaan bagi insan media untuk bisa bertahan, seperti kata Albert Einstein bahwa sesuatu yang pasti adalah perubahan.

Ingin mengabarkan peristiwa atau menulis opini? Silahkan tulis di kanal WARGA SERUJI dengan klik link ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BERITA TERBARU

spot_img

TERPOPULER

close