Kegalauan Insan Pers di Konkernas 2017

Oleh: Iskandar Z Datu

Keniscayaan

Maraknya meme tentang Ketua DPR RI Setya Novanto juga mendapat perhatian Gun Gun Siswadi, Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, yakni lahir dari perkembangan teknologi media.

Pesatnya perkembangan teknologi butuh diimbangi dengan regulasi agar masyarakat terlindungi dari penyalahgunaan teknologi itu. Kemajuan teknologi ibarat pisau bermata dua tergantung dari yang memanfaatkannya.

Alasan tersebut, katanya, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan agar kartu telepon di-daftar sesuai dengan kartu penduduk.

Minat warga menggunakan sarana komunikasi cukup tinggi terbukti jumlah sim card yang beredar di Indonesia tercatat sekitar 337 juta padahal penduduk 256,2 juta jiwa.

Data lain yang diungkapkan bahwa pengguna internet sekitar 132 juta atau sekitar 48,2 persen dari jumlah penduduk dan 65 persen tinggal di Jawa. Sedangkan dilihat profesinya 62 persen atau sekitar 82,2 juta jiwa pekerja swasta, diikuti ibu rumah tangga 16,6 persen atau 22 juta jiwa.

Data itu, kata dia, menjadi tantangan dan peluang bagi media massa dalam melakukan berbagai terobosan atau perubahan dalam menghadapi tantangan zaman.

Sementara itu, Henry C Bangun saat menutup sesinya dengan optimistis mengatakan bahwa “Kompetisi menuntut kualitas dan inovasi serta konten bermutu dan pengelolaan yang profesional menciptakan peluang”.

Sedangkan Prof Lizar Alfansi PhD dari Universitas Bengkulu menyatakan bahwa kata kunci menghadapi tantangan tersebut adalah harus mampu bermetamorfosa atau menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman. “Kita tidak tahu kapan media (mainstream) benar-benar habis namun itu sebuah keniscayaan,” ujarnya.

Mau tidak mau, suka tidak suka maka perubahan adalah keniscayaan bagi insan media untuk bisa bertahan, seperti kata Albert Einstein bahwa sesuatu yang pasti adalah perubahan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.
close