The Day After: Mungkinkah Anies-Sandi Meredakan Ketegangan Itu?

Asyari Usman.

Menurut kabar online, suasana “perang panas” (bukan “perang dingin”) yang terkait dengan Pilakda DKI tampaknya masih berlanjut hingga detik ini. Entah kapan akan berakhir. Ejekan kontra ejekan tetap marak, terutama di media sosial. Mulai dari yang setengah kasar sampai ke yang sangat kasar. Ada yang sifatnya bercanda, tetapi banyak yang sengaja untuk melecehkan.

Dalam suasana seperti ini, mungkinkah dilakukan gencatan senjata? Kalau pun mungkin, siapa kira-kira yang layak mengumumkannya? Atau, katakanlah yang mensponsorinya.

Sangat sulit mencarikan figur yang bisa sukses merundingkan gencatan senjata itu. Sebab, banyak sekali orang, termasuk para tokoh dan pemimpin, yang ikut terjebak ke salah satu pihak. Bahkan, mungkin tanpa disadari (atau bisa jadi juga secara sadar), Presiden Joko Widodo (Pak Jokowi) sendiri melakukan manuver keliru ketika mengundang para aktivis medsos yang berada di salah satu pihak “perang panas” berkumpul di Istana.

Langkah Pak Jokowi ini membuat para aktivis medsos yang berada di pihak satunya lagi, yang tak diundang ke Istana, merasa kehilangan figur pemersatu. Manuver ini, untuk sementara, menyirnakan peluang untuk melahirkan gencatan senjata.

Barangkali saja Pak Anies dan Pak Sandi pantas juga melakukan diplomasi senyap yang bertujuan untuk meredakan secara bertahap “perang panas” antara kedua pihak. Siapa tahu, “perang panas” bisa dijinakkan menjadi “perang dingin”. Dalam arti, caci-maki, penistaan agama, meme-meme yang melecehkan tidak lagi menjadi amunisi yang ditembakkan kedua pihak.

Sehingga, The Day After untuk pelantikan Pak Anies dan Pak Sandi tidak sekadar menatap puing-puing pertempuran medsos, tetapi dimulai juga dengan upaya mulia untuk menurunkan temperatur, meredakan ketegangan.

*) Penulis adalah wartawan senior

 

(Arif R/Hrn)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Israel Kembali Serang Gaza, 10 Tewas

SERUJI.CO.ID - Tentara pendudukan Israel telah melakukan beberapa serangan...

Inilah 4 Jenis Nazhir: Anda Masuk Kategori Manakah?

Oleh: Imam Nur Azis Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI) 2017-2020 SERUJI.CO.ID...

Janganlah Menyebut Nama Rasulullah Muhammad SAW Tanpa Gelar

SERUJI.CO.ID - Memanggil Rasulullah Muhammad sholallahu 'alaihi wassallam (SAW)...

Menua: Agar Otak Tak Ikut Beruban

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. Dalam perjalanan...

Ngotot Pertahankan Mardani Maming sebagai Bendum, Kantor PBNU Bisa Diperiksa KPK

Dengan tidak menonaktifkan, mau tak mau PBNU terkait dengan Mardani yg saat ini buron. Maka jangan salahkan KPK jika nanti dalam proses pencarian Mardani akan memeriksa kantor PBNU.

Turunkan Berat Badan Sedikit, Manfaatnya Banyak.

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. Menurunkan berat...

TERPOPULER