Bersama Saudara Muda, Indonesia Menangkal Kampanye Hitam Sawit

Ia pun dengan tegas mengajak Najib untuk terus bersatu melawan kampanye hitam terhadap kelapa sawit sebab di belakang komoditas tersebut bergantung kehidupan begitu banyak petani sawit.

Bak gayung bersambut, PM Najib pun menerima uluran tangan Jokowi untuk menangkal fitnah-fitnah tak berdasar terhadap kelapa sawit. Bersama Indonesia, Malaysia menjadi produsen kelapa sawit terbesar dunia dengan melibatkan jutaan petani kecil di dalam prosesnya.

Menyadari hal itulah, PM Najib sepakat untuk melawan kampanye hitam atas produk sawit bersama Indonesia, yang selama ini dianggapnya sebagai Sang Saudara Tua.

Ia sepakat bahwa negara-negara khususnya Uni Eropa telah menciptakan iklim perdagangan yang tidak adil dan tidak kondusif bagi komoditas kelapa sawit. Oleh karena itu, ia setuju untuk membawa isu tersebut dalam berbagai kesempatan dan forum-forum internasional yang diikutinya agar memperoleh dukungan lebih banyak pihak.

Najib memandang upaya tersebut penting mengingat betapa banyak petani yang masa depannya tergantung pada keberlangsungan perdagangan kelapa sawit.

Bersama Jokowi, Najib pun satu suara ketika Presiden RI menyampaikan isu soal kampanye hitam sawit dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 40 Tahun Kerja Sama Kemitraan ASEAN-UNI EROPA yang digelar pada Selasa, 14 November 2017, di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER