Meningkatkan Keuntungan Saat Ekonomi Lesu dan Penjualan Stagnan

Oleh: Ferry Koto, pemerhati dan praktisi Koperasi dan UMKM

Bantuan Dana Bergulir

Mungkin ada yang bertanya, dari mana pak Udin mendapatkan modal belanja bahan baku untuk 10 hari? Padahal keuntungan sebelumnya selalu habis untuk kehidupan sehari-hari.

Disinilah peran kami (Koperasi), memberikan bantuan dana bergulir kepada pak Udin. Dana yang tidak berbunga, yang tidak perlu dicicil, cukup mengembalikan sesuai yang dipakai. Pak Udin diberikan bantuan dana bergulir sebesar Rp1.200.000 untuk digunakan membeli bahan-bahan yang dibutuhkan, ditambah modalnya sendiri Rp170.000.

Saat ini dengan hanya memberikan bantuan dana bergulir Rp1.200.000 pak Udin bisa meningkat pendapatanya, dan bisa menabung Rp30.000 setiap hari. Diharapkan akhir bulan ini pak Udin sudah bisa memiliki tabungan 900.000 dan bisa mengembalikan sebagian dana bergulir untuk dapat dimanfaatkam oleh pak Udin-pak Udin lainnya.

Dengan cara ini, sesungguhnya ekonomi akan bergerak walau dalam kondisi krisis. Toko-toko bahan kue akan mendapatkan peningkatan pemasukan dari penjualan, apalagi jika banyak pak Udin lain yang melakukan bersama-sama. Tentu akhirnya para produsen bahan kue akan bergembira, produknya diserap pasar dan penjualannya tumbuh tanpa perlu mem PHK karyawan yang butuh uang untuk belanja puding pak Udin setiap hari.

Cara ini sangat mungkin diterapkan disemua industri dan usaha. Belanjalah, jangan ber-irit yang justru membuat makin sulit.

Pertanyaan terakhir untuk kita semua ….

Siapakah orang kaya yang mau ambil peran memberikan bantuan pada Pak Udin-Pak Udin lain, tanpa berharap bunga, tanpa berharap kelebihan, yang hanya berharap, pak Udin bisa hidup lebih baik dan tersenyum lebih lebar dan ekonomi kita bergerak lebih baik, tumbuh lebih baik.

Anda ??

 


Diambil dari tulisan Oktober 2015 di ferrykoto.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.