Viral Video Lantunan Adzan di Istana Alhambra Spanyol Yang Menyentuh Ini


GRANADA – Lantunan adzan kembali terdengar di Istana Alhambra di Granada, Spanyol, mungkin untuk kali pertama setelah ratusan tahun. Pelantun adzan itu adalah, Mouaz Al-Nass, sorang penyanyi nasyid dan penabuh drum asal Syria.

Aksi spontan ini sontak mengundang perhatian dan diabadikan oleh kamera oleh rombongan turis yang ada disana.

“Saya merasa, dinding bangunan ini merindukan panggilan untuk menghadap Allah,” terangnya dalam laman Facebook yang dikutip oleh berbagai media mancanegara.

Video ini dipost oleh Mouaz dalam laman Facebook nya pada tanggal 7 September 2017. Hingga kini lantunan adzannya telah dilihat oleh 1,2 juta orang dan viral dibagikan oleh lebih dari 25,000 akun Facebook.

Alhambra adalah istana legendaris abad ke-14 di Granada yang dibangun kaum Muslimin pada abad ke 13 pada masa kekhalifahan Bani Umayyah.

Dipimpin oleh Tariq bin Ziyad, Muslim tiba di Spanyol pada tahun 711 dan lanjut memerintah wilayah tersebut selama 781 tahun. Setelah kekalahan umat Islam di Granada pada bulan Januari 1492 dalam “Reconquista”, populasi Muslim di Granada dipaksa untuk memeluk agama Kristen.

Istana Alhambra (www.alhambra.org)

Pada 1501 pemerintah Spanyol mengeluarkan sebuah dekrit yang melarang agama Islam dan bahasa Arab di Spanyol. Antara tahun 1609 dan 1614, Raja Philip III memerintahkan pengusiran seluruh kaum Muslim, yang dikenal sebagai Moriscos, dari bumi Spanyol.

Pada abad 19, praktik Islam di semenanjung Iberia telah hilang sama sekali. Namun belakangan Islam kembali tumbuh di Eropa. Tidak ketinggalan juga Spanyol. Menurut data tahun 2016, warga yang beragama Islam di Spanyol berjumlah sekitar 2 juta orang yang mencakup 4,13% dari total keseluruhan populasi. Presentase ini meningkat dari 5 tahun lalu yang hanya 3,57%. (Gzl/Hrn)

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

Inilah Tulisan AR Baswedan Bantah Tudingan Gerakan Islam Bertentangan dengan Pancasila

AR Baswedan menyebut, pihak-pihak yang sering mempertentangan gerakan Islam dengan Pancasila justru adalah pihak-pihak yang pada hakikatnya tidak paham Pancasila. Justru sebaliknya, pemuka-pemuka ahli pikir Islam memberi pengertian-pengertian yang baik tentang Pancasila yang keluar dari keyakinan yang kuat.

Antisipasi Pelambatan Ekonomi, Ketua DPD Kumpulkan Kadin Provinsi se Indonesia

“Saya sengaja mengumpulkan para ketua umum Kadin provinsi, karena hari ini kita menghadapi masalah serius di sektor dunia usaha dan dunia industri," kata La Nyalla

Kontroversi Omnibus Law, Fahira: Wujud Frustasi Pemerintah atas Kemendegkan Ekonomi

Omnibus Law RUU Cipta Kerja (sebelumnya Cipta Lapangan Kerja atau Cilaka) dinilai sebagai bentuk rasa frustasi pemerintah atas kemandegkan ekonomi yang terjadi lima tahun belakangan ini.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close